10 Kelebihan & Kekurangan Advan G5, HP Stylish & Terjangkau

Posted on

Harga menjadi salah satu acuan saat seseorang memilih HP. Biasanya, seorang pembeli akan menimbang harga berdasarkan dari spesifikasi yang dimiliki untuk melihat kelayakkannya. Advan G5 sendiri merupakan HP yang hanya dibanderol dengan harga Rp1.399.000,-. Lantas apa ya yang menjadi kelebihan dan kekurangan Advan G5?

Harga Rp1.399.000,- ini sungguh angka yang sangat terjangkau untuk mendapatkan HP Android dengan spesifikasi yang tidak jelek-jelek amat. Bahkan tanpa perlu melihat spesifikasinya, harga yang terjangkau selalu mampu menjadi daya tarik sebagian orang, cocok dibelikan untuk anak ataupun lansia.

Advan selaku merk HP buatan Indonesia sungguh layak diapresiasi dengan menghadirkan produk yang ramah di kantong tapi juga menawarkan value yang cukup tinggi sesuai harganya. Penasaran dengan Advan G5? Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Advan G5 supaya Anda berhenti penasaran.

Spesifikasi Advan G5

  • Layar: IPS LCD 6.2 inches
  • Chipset: Unisoc SC9863A (28 nm)
  • CPU: Octa-core (4×1.6 GHz Cortex-A55 & 4×1.2 GHz Cortex-A55)
  • GPU: IMG8322
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD, up to 32 GB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 0,3 MP + 0,3 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh battery

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Advan G5

Kira-kira selain desainnya yang kece, apa saja yang membuat Advan G5 menarik? Untuk menjawabnya, simak berbagai poin kelebihan Advan G5 berikut ini ya!

1. Hadir dengan Triple Camera

advan g5 triple camera

Advan G5 adalah HP yang ditujukan untuk segmen entry-level, tapi bukan berarti merk lokal ini tidak memerhatikan sektor kamera. Walau lensa yang dihadirkannya cenderung minim, Advan G5 sudah hadir dengan konfigurasi tiga kamera. Ini tentunya sebuah peningkatan dari Advan G3 Pro yang hanya menghadirkan dual camera.

Resolusi dari lensa-lensa tersebut adalah 13 MP, 0,3 MP, dan 0,3 MP. Apakah lensa-lensa ini mampu menghasilkan bidikan dan rekaman yang layak? Sebuah video yang diunggah oleh GontaGantiHP HD mengatakan bahwa ketiga kamera ini masih cukup bagus untuk menghasilkan foto dengan detil yang terjaga, asalkan berada di kondisi pencahayaan yang baik.

Pada saat gelap, hasilnya terlihat berbeda. HP ini tidak berhasil memberikan exposure yang cukup pada objek foto, namun keberadaan flash setidaknya cukup membantu untuk membuat hasil foto lebih presentable.

Satu hal lagi yang menjadi kekurangan dari kameranya adalah rentang dinamis yang tidak begitu baik. Jika Anda berfoto ria sambil membelakangi sumber cahaya, hasil foto akan mengalami back light. Tidak tersedia pula foto bokeh pada mode portraitnya, baik pada kamera belakang ataupun kamera depan yang memiliki resoulsi 5 MP.

advan g5 kamera indoor minim cahaya

Advan G5, indoor, low light. * sumber: www.youtube.com

advan g5 outdoor

Advan G5, outdoor. * sumber: www.youtube.com

advan g5 kamera

Advan G5, indoor. * sumber: www.youtube.com

advan g5 kamera flashlight

Advan G5, dalam ruangan dengan flash. * sumber: www.youtube.com

Tapi, untuk HP seharga satu jutaan, beberapa hasil foto di atas ini sungguh bagus. Foto terlihat tajam dan objeknya pun cukup menampilkan detil dengan baik walau mode malamnya agak kurang bagus.

2. Baterai Berkapasitas Besar

advan g5 baterai

Sudah tentu HP yang bagus memiliki salah satu dari ciri-ciri ini. HP dengan kapasitas baterai besar akan menghadirkan durasi pemakaian lebih panjang. Itulah mengapa Advan G5 yang disertai dengan baterai LiPo berkapasitas 4000 mAh ini sungguh layak diapresiasi.

Di segmen harga entry-level, baterai dengan kapasitas 4000 mAh sungguh merupakan value yang tinggi. Bahkan beberapa HP di rentang harga 2 jutaan masih menggunakan baterai lebih kecil. Ini artinya Advan memang peduli dengan kebutuhan konsumen akan HP yang baterainya awet agar aktivitas sehari-hari tidak terhambat.

3. Hadir dengan Android 10

advan g5 android 10

* sumber: www.youtube.com

Advan G5 yang merupakan HP keluaran 2020 tentu tidak mau ketinggalan menghadirkan sistem operasi terbaru pada saat itu. Bagi Anda yang sudah lama tidak mengganti HP dan ingin merasakan fitur-fitur eksklusif Android 10, Advan G5 sungguh menjadi penyelamat di kala budget minim.

Pasalnya, berbagai fitur yang disediakan pada sistem operasi versi ini memang sungguh inovatif. Anda bisa membuat keseluruhan sistem HP menjadi mode gelap agar lebih enak dilihat serta lebih hemat baterai. Ada pula fitur pengaturan notifikasi secara individual supaya Anda benar-benar memegang kontrol atas notifikasi yang ingin dilihat.

Fitur Smart Reply-nya juga tidak kalah menarik, Anda bisa membalas pesan langsung pada notifikasi yang muncul tanpa harus pindah aplikasi. Semua fitur ini (dan masih banyak lagi fitur lainnya) sudah dapat Anda nikmati dengan HP semurah Advan G5.

4. Memiliki Slot Memori Eksternal Khusus

Advan-G5

* sumber: www.arusgadget.com

Betapa menyenangkannya jika Anda bisa menyimpan koleksi video seperti film dan TV Series pada HP. Masalahnya, kalau Anda menggunakan memori internal untuk file, data-data tersebut akan hilang kalau dilakukan factory reset. Lagipula, bukankah lebih baik kalau memori internal khusus digunakan untuk menampung aplikasi? Solusinya adalah menggunakan memori eksternal pada Advan G5.

HP yang juga sudah mendukung dual SIM Card ini menghadirkan triple slot sehingga Anda bisa menyisipkan microSD pada slot terpisah. Walau kapasitas maksimalnya hanya 32 GB, setidaknya microSD ini dapat menampung puluhan season atau film BlueRay kesukaan Anda. Menarik, bukan?

5. Desain Bodi Berkelas

advan g5 desain memukau

Walau Advan G5 dihargai dengan sangat murah, hal ini tidak terlihat pada desain bodinya. Hadir dengan varian dua warna (White Green dan Blue Purple) serta modul tiga kamera ala-ala iPhone 11, Advan G5 sungguh terlihat seperti HP berkelas.

Bagi orang-orang yang melihat Anda menggunakan HP ini akan berpikiran kalau ini adalah HP mahal, sehingga Advan G5 tetap masih layak dipamerkan dengan desainnya yang cukup berestetika.

Sementara di bagian depannya, layar IPS LCD 6,2 inci miliknya mengusung desain berponi atau biasa disebut waterdrop notch. Advan G5 sungguh menghadirkan desain yang tidak ketinggalan zaman.

6. Terdapat 3.5mm Jack Audio

advan g5 (3)

Advan G5 juga sebuah HP pintar yang cocok dipakai untuk mendengarkan lagu pakai headset ataupun speaker eksternal. Soalnya, masih terdapat 3.5mm jack audio di bagian bawah HP.

Mengapa hal ini layak diapresiasi? Karena beberapa produsen HP sudah mulai menghilangkan port ini untuk membuat produk mereka lebih ramping. Jadi Anda pun masih bisa menggunakan headset secara normal tanpa perlu membeli adapter.

7. Sudah Menggunakan USB Tipe-C

advan g5 (4)

Selain port audio 3.5mm, Advan G5 juga tentunya menghadirkan charging port di bagian bawah bodi. Dan bagian ini sudah menggunakan teknologi USB tipe-C atau USB Type-C. Di kelas harganya, masih jarang ponsel pintar hadir dengan port USB Type-C. Karena itu, kehadiran USB Type-C di ponsel ini patut diapresiasi dan jadi kelebihan tersendiri.

Kekurangan Advan G5

Sebagai HP dengan harga terjangkau, spesifikasi dan fitur Advan G5 mungkin tidak secanggih kebanyakan HP pada zaman sekarang. Apa sajakah kekurangan Advan G5? Berikut daftarnya.

1. Memori Internal Kecil

advan g5 (2)

Untuk dapat menampung banyak aplikasi dibutuhkan memori internal berkapasitas besar. Pada zaman sekarang, Anda setidaknya butuh memori internal 64 GB agar segala aplikasi-aplikasi seperti marketplace, ojek online, dan game bisa diinstal tanpa kendala.

Advan G5 dinilai kurang mampu memenuhi kebutuhan penggunanya pada sektor ini, karena ia hanya dihadirkan dengan memori internal berkapasitas 32 GB saja.

2. Tidak Menghadirkan Sensor Sidik Jari

advan g5

Fitur pembukaan kunci layar kini tidak hanya mengandalkan kata sandi, PIN, ataupun pola. Sudah ada fitur-fitur canggih seperti sensor sidik jari ataupun Face Unlock yang hadir pada HP keluaran terbaru, bahkan pada HP di segmen harga 1 jutaan seperti Lenovo A5 dan Asus Zenfone Max.

Sayangnya, Advan G5 tidak dihadirkan dengan sensor sidik jari. Padahal di beberapa generasi sebelum G5, sudah ada Advan G2 yang menghadirkan sensor sidik dan Face Unlock. Ini tandanya, ketiadaan sensor sidik jari karena harganya yang murah bukanlah sebuah alasan. Untung saja Advan G5 masih menyediakan fitur Face Unlock.

3. Tanpa Fast Charging

advan (2)

* sumber: www.youtube.com

Apakah Anda ingin menunggu HP dicas berjam-jam hingga terisi penuh? Sebaiknya pilih HP yang hadir dengan kemampuan fast charging. Advan G5 yang memiliki baterai 4000 mAh sayangnya tidak dihadirkan dengan fitur fast charging ini. Alhasil, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya akan memakan waktu cukup lama.

Padahal sudah banyak lho HP-HP murah di harga 1 jutaan yang menghadirkan kemampuan fast charging. Contohnya seperti Redmi 8A yang memiliki baterai 5000 mAh dengan fast charging 18 W.

Untuk menyiasati kekurangan ini, Anda bisa mengecas Advan G5 sebelum tidur supaya saat Anda terbangun HP sudah dalam keadaan 100%. Atau jika mau, bisa menggunakan power bank. Bagi sebagian orang kekurangan ini mungkin tidak jadi masalah, mengingat kapasitas baterai pada Advan G5 cukup awet.

Simpulan

Nah itu dia 10 kelebihan dan kekurangan Advan G5, HP dengan harga terjangkau namun memiliki desain bodi layaknya HP flagship sekelas iPhone. Di beberapa sektor HP ini memang terbilang minimalis, tapi siapa sangka triple camera miliknya cukup lumayan untuk menghasilkan foto yang bagus.

Dan jika Anda hanya ingin merasakan fitur Android 10 tapi kurang dana untuk membeli HP mahal, Advan G5 ini sudah sangat cocok. Apalagi kalau Anda memfaktorkan baterai 4000 mAh yang bisa tahan seharian. Sungguh, Advan G5 tergolong salah satu HP terbaik di segmen harga entry-level. Jadi apakah Anda tertarik untuk membelinya? Dapatkan Advan G5 dengan mengklik link ini ya!