10 Macam Format Kompresi Terbaik yang Umum Digunakan

Posted on

Apa yang Anda akan lakukan jika ingin menggabung data yang berukuran besar dalam satu folder atau arsip? Yap, dengan mengompresi file-file tersebut. Fungsi dari mengompresi file adalah untuk membuat ukuran file menjadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitas dari setiap file-nya dan menggabungkan beberapa file menjadi satu folder.

Dalam mengompresi file kita akan ditawarkan beberapa pilihan format kompresi. Setiap format kompresi memiliki perangkat lunaknya yang berbeda, baik untuk kompresi ataupun dekompresi (membuka folder/memisahkan file). Salah satu yang tidak asing di telinga kita mungkin ZIP atau RAR, format kompresi ini sering banyak digunakan.

Namun, tahukah Anda? Kalau ternyata format kompresi itu tidak hanya ZIP atau RAR saja, tetapi ada format kompresi lainnya yang eksis di dunia perkompresian. Biar tidak tambah penasaran, berikut ini Carisinyal lampirkan beberapa macam format terbaik yang umumnya digunakan. Baca sampai selesai, yah!

1. RAR File Format

*Sumber: https://www.duosia.id/

Format RAR merupakan salah satu kompresi, pengarsipan data, pemulihan kesalahan, dan rentang file yang paling populer. Format kompresi ini dikhususkan untuk Windows, yang menjadi salah satu perangkat lunak paling populer yang diunduh oleh pengguna komputer.

Salah satu alasan mengapa eksistensi RAR sangat dikenal masyarakat luas karena perangkat lunak ini mendukung banyak opsi yang memungkinkan tidak ditawarkan oleh format kompresi lainnya. File RAR mampu dienkripsi dengan kata sandi yang sangat kuat, sehingga membuatnya sangat sukar untuk diterawang.

Format kompresi ini memiliki fitur tambahan seperti pemisahan arsip dalam beberapa volume dalam ukuran file standar sesuai dengan permintaan pengguna, kompresi mode padat, catatan pemulihan, enkripsi AES-256 yang kuat, dan didukung oleh unicode.

2. ZIP File Format

ZIP

*Sumber: https://osxdaily.com

Format ZIP awalnya dikembangkan dan dirilis ke publik pada 1989, tujuannya untuk menggantikan format sebelumnya yang disebut ARC. Format kompresi ini adalah yang paling populer di antara pengguna komputer karena didukung secara luas di luar kotak oleh kebanyakan sistem operasi modern (Windows dan OS X).

ZIP merupakan arsip dan format kompresi yang menampilkan algoritma lossless. Format ini telah menjadi standar oleh grup ISO dan versinya ditentukan dengan beberapa batasan di antaranya seperti, file dalam arsip ZIP hanya dapat disimpan tanpa kompresi atau menggunakan kompresi “deflate”, tanda tangan digital, dan enksripsi dilarang.

3. Tar.GZ File Format

Tar

*Sumber: https://www.wikihow.com/

Bagi orang awam yang pertama kali melihat format Tar, mungkin sering merasa bingung atau takut jikalau ini mengandung virus. File ini memiliki tanggung jawab untuk mengumpulkan beberapa file dan dikompres menjadi sebuah file baru dengan ekstensi .tar.gz. atau sering dikenal sebagai tarball.

Disebutkan dari Sensors Tech Forum, format ini merupakan perangkat lunak kompresi dengan teknik yang sangat populer di dunia sistem operasi UNIX. Pada dasarnya, file jenis ini mempunyai standar kompresi file dalam sistem operasi Gnu atau Linux. Cara penggunanya sama seperti format kompresi .zip. Adapun keunggulan dari format ini, pengguna dapat menggunakan perangkat lunak ini dengan bebas dan gratis.

4. JAR File Format

JAR

*Sumber: https://www.softwaretestinghelp.com/

File berformat JAR merupakan singkatan dari Java Archive, format ini memuat file kelas Java dan data yang terkait. Java sendiri yaitu salah satu bahasa pemrograman paling populer, sehingga banyak file-file dikompresi pada format JAR.

Untuk isi file JAR mampu diekstraksi menggunakan fitur dekompresi standar yang menjadikan format ini memiliki banyak peminatnya. Selain itu, format kompresi JAR dapat ditandatangani secara digital dan jika dikaburkan tanda tangan tersebut sulit direkayasa.

5. APK File Format

APK

*Sumber: https://www.wikihow.com/

File berformat kompresi APK, biasanya sering ditemukan sebagai format standar pada aplikasi Android yang digunakan untuk mendistribusikan dan menginstal paket (perangkat lunak) untuk sistem operasi seluler. Format ini umumnya adalah suatu arsip yang didasarkan pada format file ZIP.

Data APK yang yang terkandung di dalam folder sebagian besar berguna untuk sistem operasi seluler. Format ini berisi manifes, sertifikat dan intisari SHA1, serta manifes yang digunakan untuk memverifikasi isinya.

6. 7Z File Format

7ZIP

*Sumber: https://www.deviantart.com/

Dikutip dari Akm.web.id, format satu ini memiliki kehandalan dalam mengompresi file dan saat melakukan kompresi filenya sangat rapat. Jika dibandingkan dengan RAR, ukuran file yang dihasilkan akan jauh lebih kecil. Format kompresi ini juga cukup terkenal untuk kalangan pengguna Windows.

Format 7z merupakan format arsip baru yang dirancang untuk memberikan rasio kompresi yang tinggi. Format kompresi tersebut ternyata diselipkan fitur enkripsi AES-256 yang canggih, sehingga file yang dihasilkan dapat menggunakan kombinasi kompresi, enkripsi atau konversi.

Format kompresi ini mendukung ukuran file yang sangat besar dan memiliki versi terbaru dengan beberapa keunggulan dalam membantu beberapa metode kompresi, seperti LZMA – Versi algoritma LZ77 yang ditingkatkan dan dioptimalkan, PPMD – PPMdH Dmitry Shkarin dengan sedikit perubahan, dan BZip2 – Algoritma BWT standar.

7. DMG File Format

DMG

*Sumber: https://fanever147.weebly.com/

File format DMK menjadi format image disk spesial yang digarap oleh Apple dan dikhususkan bagi pengguna Mac OS. Format ini digunakan sebagai format arsip, secara opsional juga dapat dikonfigurasi untuk mengompresi data.

Jika dibandingkan dengan format kompresi pada umumnya, saat dibuka arsip DMK terpasang sebagai volume dan muncul seperti real disk. Kerennya lagi, data yang dibuat  menggunakan format DMK dapat dilindungi dengan kata sandi. Perangkat lunak format kompresi ini tersedia dalam program berbayar maupun gratis.

8. KGB File Format

KGB

*Sumber: https://obio-akporfedrep.com/

File dengan format KGB adalah format file yang digunakan untuk tujuan pengarsipan dan kompresi. Perangkat lunak kompresi ini didukung oleh program yang disebut KGB Archiver dari Microsoft Windows. Format ini memiliki keunggulan salah satunya rasio kompresi yang tinggi.

Akan tetapi saat proses kompresi, beban kinerja komputer (CPU) dan memori akan lebih tinggi daripada menggunakan aplikasi kompresi lainnya. Terlepas dari sana, KGB dapat digunakan oleh banyak program atau sistem operasi lain. Sebagai keamanan tambahan, file yang dikompres dapat terenkripsi dengan chiper AES-256.

9. TIB File Format

TIB

*Sumber: https://forum.acronis.com/

File berformat TIB diproduksi dengan memakai aplikasi bernama Acronis True Image. Berkas yang dihasilkan oleh format TIB biasanya dipasang di rumah atau jaringan kerja, bahkan untuk server perusahaan.

Format kompresi TIB memiliki corak yang mencolok seperti salinan presisinya dari piringan keras atau hard disk. Jelas, hal ini memberikan kesempatan dalam membangkitkan kembali hard disk saat terjadi kecelakan pada sistem. Format ini bisa digunakan sebagai sebuah cadangan tunggal dan pembuatan cadangan berkala juga bisa dilakukan.

10. CAB File Format

CAB

*Sumber: https://docs.vmware.com/

Format kompresi CAB tidak ada hubungannya dengan “taksi” jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Akan tetapi format ini adalah singkatan dari Cabinet, yang merupakan kompresi data lossless dan memiliki sertifikat bawaan yang menjamin integritas arsip.

Format kompresi CAB memiliki opsi untuk menyediakan ruang kosong pada arsip atau folder untuk file perorangan yang dapat digunakan dalam beberapa tujuan khusus, misalnya menulis tanda tangan dan data sementara. Beberapa teknologi pengunduhan yang digunakan pada ekosistem Microsoft Windows mengandalkan format CAB.

Sebenarnya masih banyak lagi macam-macam file kompresi selain disebutkan di atas. Namun, beberapa yang sudah disebutkan tadi adalah yang umumnya digunakan. Nah, jika Anda mengetahui macam-macam file kompresi yang lainnya, boleh di-share di kolom komentar!

Oh, jangan lupa mampir ke artikel bertajuk 10 Aplikasi Kompres File untuk Mempermudah Pengiriman File, tentunya bermanfaat dan akan menambah wawasan Anda.