10 Pilihan Aplikasi Edit Foto Polaroid untuk Android dan iOS

Posted on

Berkembangnya kamera digital, tidak membuat polaroid atau kamera instan kehilangan eksistensinya. Efek foto kamera instan ini masih digandrungi oleh banyak orang. Sayangnya untuk mendapatkan satu kamera instan kalian perlu mengeluarkan budget yang tidak sedikit.

Namun kalian tak perlu khawatir, karena teknologi sekarang sudah maju, sehingga kalian tak perlu membeli kamera instan ini untuk bisa mendapatkan foto-foto ala polaroid. Sekarang sudah cukup banyak aplikasi edit foto polaroid yang bisa dipasang di gadget dan digunakan untuk mengambil ataupun mengedit foto dengan efek polaroid.

Bagi kalian yang ingin mengetahui aplikasi edit foto polaroid apa yang bisa membuat kalian mendapatkan foto estetis ala polaroid, ikuti terus artikel di bawah ini ya!

1. InstaLab

Dengan aplikasi InstaLab, kalian bisa mengambil foto ataupun mengimpor foto yang ada di dalam galeri untuk diubah menjadi foto seperti diambil oleh kamera polaroid. Hasilnya pun bisa langsung kalian cetak sendiri untuk digantung sebagai dekorasi ruangan, ditaruh di dalam foto album, dan tentunya bisa juga untuk dibagikan di media sosial.

InstaLab juga menawarkan beberapa fitur untuk mempercantik foto polaroid seperti mengedit tone, menambah filter atau tekstur hingga font seperti tulisan tangan. Aplikasi edit foto polaroid dari InstaLab bisa dinikmati dengan mengunduhnya melalui Google Play ataupun App Store.

2. Polycam

Rekomendasi aplikasi edit foto polaroid selanjutnya hadir dari pengembang Wonder App Team, yakni Polycam. Aplikasi ini menawarkan banyak sekali fitur edit yang dapat membuat foto polaroid kalian terlihat semakin artistik. Di sini tersedia lebih dari 25 filter yang bisa dipilih untuk membuat foto terlihat lebih vintage.

Aplikasi ini juga menawarkan banyak efek seperti light leak, film burn, dan grain texture. Selain itu, kalian juga dapat mengatur ukuran, rasio, keringanan, atau detail lainnya dengan mudah. Bukan hanya fitur pengeditan, dengan menggunakan aplikasi ini kalian juga dapat mengambil foto dengan efek lensa kamera retro.

Seluruh fitur yang ada di aplikasi ini akan memudahkan kalian mendapatkan foto yang menyerupai hasil polaroid yang otentik. Akan tetapi, aplikasi dengan fitur lengkap ini hanya tersedia untuk Android. Jika tertarik, kalian bisa segera mengunjungi Google Play Store untuk mengunduh dan memasangnya.

3. Polaroid Originals

Polaroid Originals menawarkan fitur untuk mengubah hasil foto yang diambil dari kamera digital ponsel kalian menjadi foto dengan seperti polaroid. Menariknya lagi aplikasi ini menawarkan fitur untuk membuat foto collage bahkan sampai dengan 9 frame. Selain mengedit, dengan aplikasi ini kalian juga dapat mengambil foto dengan gaya kamera instan yang juga sudah dilengkapi dengan fungsi fokus otomatis.

Aplikasi ini memang dibuat khusus untuk dihubungkan dengan Polaroid Lab dan OneStep + kamera guna memudahkan scan, share, dan edit. Akan tetapi ia masih bisa berfungsi dengan baik untuk mengambil dan mengedit foto dengan frame ala polaroid. Jika tertarik, Polaroid Originals dapat diunduh di App Store ataupun Google Play.

4. InstaMini

Aplikasi InstaMini ini akan menawarkan pengalaman menggunakan berbagai jenis kamera instan dalam gadget kalian. Selain menawarkan efek filter kamera yang cukup luas, di sini juga terdapat berbagai macam pilihan frame yang menarik. Lalu, tersedia juga fitur up close viewfinder yang akan memudahkan mengatur objek mana yang akan ditangkap oleh kamera.

Sayangnya terdapat beberapa batasan pada aplikasi ini, di mana efek yang dapat digunakan secara gratis hanya InstaMini. Namun efek lain masih menawarkan versi percobaan, jadi kalian masih bisa menggunakannya meskipun terbatas.

Keterbatasannya lainnya adalah dalam sehari jumlah film yang bisa dinikmati hanya 10. Untuk dapat menikmati secara penuh kalian diharuskan berlangganan versi premium. Bagi kalian yang menyukai hasil tangkapan kamera-kamera instan tersebut, kalian hanya tinggal memasang aplikasi ini melalui Google Play.

5. StoryLab

Bagi yang mencari aplikasi edit foto polaroid untuk menambah estetika Feed ataupun Story Instagram, StoryLab merupakan aplikasi yang wajib ada di gadget kalian. Aplikasi ini menawarkan lebih dari 700 templat untuk Instastory dan sekitar 500 Feed Instagram yang siap digunakan termasuk frame gaya polaroid.

Selain itu, melalui aplikasi ini juga kalian bisa menyesuaikan foto dengan berbagai pilihan filter dan efek-efek termasuk retro untuk menambah kesan vintage. Lalu, kalian juga dapat menghiasnya dengan tambahan stiker, teks, dan brush. Aplikasi edit polaroid yang dapat mempercantik Instagram kalian bisa didapatkan dengan mengunduhnya melalui Google Play.

6. Lomo Cam

Dengan memasang aplikasi Lomo Cam ini kalian dapat mengedit foto yang ada di ponsel kalian menjadi seperti foto polaroid. Untuk dapat mendukung agar hasil yang diberikan menyerupai kamera Instax Fuji, mereka menawarkan lebih dari lebih dari 25 pilihan filter kamera retro. Selain itu, terdapat juga bermacam pilihan efek seperti light leak, film burn, dan dusty texture.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan lensa kamera retro yang dapat digunakan untuk mengambil gambar polaroid dengan gaya vintage. Aplikasi edit foto polaroid dari Lomo Cam bisa dinikmati di Android kalian dengan mengunduhnya melalui Google Play.

7. MolyCam

MolyCam merupakan aplikasi edit foto polaroid yang sudah didesain serupa dengan gaya dari kamera Fuji klasik. Untuk dapat memberikan kualitas foto seperti kamera analog, aplikasi ini dilengkapi dengan lebih dari 50 jenis retro film filters dan lebih dari 60 varian efek light leaks khas kamera analog dengan refined textures dan color shift.

Selain itu, mereka juga menyediakan beberapa variasi frame foto Instax dengan berbagai macam pola menarik. MolyCam juga dapat digunakan untuk menangkap foto melalui viewfinder dengan hasil yang menyerupai kamera Fuji. Sayangnya aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna iOS. Bagi yang tertarik kalian dapat mengunduhnya melalui App Store.

8. Nichi

Nichi merupakan aplikasi yang serupa dengan StoryLab di mana mereka menyertakan layout siap pakai untuk Story. Salah satu layout yang tersedia juga termasuk frame foto polaroid. Untuk menambah kesan old-fashioned pada foto, aplikasi ini juga menyediakan filter dengan gaya polaroid dan filter retro lainnya.

Menariknya lagi, mereka berbagai macam toolkit untuk menyesuaikan teks, stiker, dan latar belakang. Latar belakang yang dapat dipilih tidak hanya terbatas dalam memilih warna saja, kalian juga dapat mengubah teksturnya.

Lalu, teks yang tersedia juga hadir dalam beragam jenis handwriting font yang dapat mendukung tulisan Korea, China, dan Jepang. Bagi yang tertarik dengan Nichi, aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis dengan mengunduhnya melalui Google Play dan App Store.

9. mySquare

Untuk yang membutuhkan aplikasi edit foto polaroid yang simpel, mySquare layak untuk ada di gadget kalian. Dengan aplikasi ini kalian hanya tinggal memilih foto dari galeri ponsel, lalu memilih warna atau texture dari frame, dan memilih filter yang sesuai.

Kalian juga dapat menghiasnya dengan teks yang hadir dalam beragam fonts dan warna. Jika kalian tertarik, aplikasi ini bisa diunduh melalui Google Play.

10. Polaroid SnapTouch

Aplikasi edit foto polaroid lainnya datang dari Polaroid SnapTouch. Aplikasi ini akan dengan mudah mengubah foto kalian menjadi seperti foto polaroid. Lalu, kalian juga dapat edit foto tersebut dengan menambah filter dan menyesuaikan frame foto. Selain itu aplikasi ini juga menawarkan alat-alat untuk edit foto sederhana seperti mengatur kecerahan, temperatur, dan blurring.

Lalu, tersedia alat untuk menambah teks dengan beragam font serta warna, stiker, dan beberapa variasi brush agar foto terlihat lebih cantik. Selain pengeditan, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengambil foto dengan gaya polaroid. Dan Polaroid SnapTouch bisa berada di gadget kalian dengan mengunduhnya di Google Play dan App Store.

Nah, itu dia beberapa pilihan aplikasi yang dapat digunakan untuk mendapatkan foto ala-ala polaroid yang estetik. Dari sekian banyak aplikasi edit foto polaroid di atas, mana saja yang paling membuat kalian tertarik?