10 Rekomendasi Aplikasi Partisi Hard Disk Paling Bagus

Posted on

Pernahkah Anda mengalami masalah dalam partisi sistem pada Laptop/PC? Hal ini sering terjadi jika kita terlalu banyak memasang banyak perangkat lunak. Biasanya gangguan ditandai dengan kemunculan pesan “warning” yang cukup mengusik aktivitasmu saat menjalankan Laptop/PC.

Ets, jangan khawatir! Untuk menyelesaikan masalah satu ini, kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ketiga ini biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur dan dapat menjadi alternatif lain selain perangkat bawaan di Laptop/PC.

Kini aplikasi partisi hard disk dapat dengan mudah Anda didapatkan dan dipasangkan. Nah, berikut ini adalah 10 rekomendasi aplikasi partisi hard disk terbaik yang bisa Anda pasang untuk mengatasi masalah partisi di Laptop/PC Anda!

1. EaseUS Partition Manager

*Sumber: (http://www.easeus.co.id/)

Buat yang suka gratisan, Anda bisa menggunakan EaseUS Partition Manager untuk partisi hard disk pada PC/Laptop. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur yang powerful, selain mampu mempartisi ternyata dapat melakukan back-up dan recovery­ data. Tidak heran, EaseUS Partition Manager sering digadang sebagai “All in One Partition Manager” karena memiliki tiga tool dalam satu software.

Kemudian ada beberapa fitur utama yang dapat Anda ‘jelajah’ di aplikasi ini, seperti menjalankan tes disk, memindahkan dan menambah hasil partisi NTFS tanpa harus restart, mengonversikan disk dinamis ke disk dasar, dan memberikan ruang disk kosong dengan alat remover-nya secara gratis. Dapatkan aplikasinya di sini!

2. AOMEI Partition Assistant

AOMEI Partition Assitant

*Sumber: (https://www.aomeitech.com/)

Aplikasi pihak ketiga untuk mengatasi masalah partisi sistem (C:) bernama AOMEI Partition Assistant dapat menjadi bahan pertimbangan Anda untuk dipasang pada Laptop/PC. Bukan tanpa sebab, aplikasi ini memiliki interface atau antarmuka yang sederhana. Kendati sederhana tetapi AOMEI mempunyai fitur yang cukup lengkap dalam memberikan kemudakan untuk menjalankan kegiatan partisi, lho!

AOMEI Partition Assistant menawarkan berbagai alternatif mulai dari partisi manajer disk, copy wizard, dan optimasi advance system. Aplikasi ini juga memiliki banyak fitur lain seperti memecah, membuat, menyalin, memformat, menghapus, hingga mengubah ukuran partisi.

Tidak hanya itu, perangkat lunak ini mampu menggabungkan partisi menjadi satu, mengonversi partisi MBR ke GPT, membuat bootable CD, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang penasaran ada fitur apalagi langsung saja pasang aplikasi AOMEI Partition Assistant.

3. Macrorit Disk Partition Expert

Macrorit Disk Partition Expert

*Sumber: (https://macrorit.com/)

Macrorit Disk Partition Expert, salah satu aplikasi partisi yang dapat dibilang masih newbie. Meski demikian aplikasi ini tidak kalah menarik dengan aplikasi sejenis lainnya. Bukan tanpa alasan, perangkat lunak ini memiliki tampilan antarmuka yang lebih modern dan tentunya user friendly.

Berbagai fitur lengkap juga dimiliki oleh Macrorit Disk Partition Expert salah satunya yaitu fitur Data Rollback, yang dapat melindungi data Anda saat listrik mati di tengah melakukan kegiatan partisi.

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah menyediakan versi portable yang bisa diunduh pada situs resminya dan ukuran aplikasinya lebih kecil dibandingkan sehingga tidak memakan banyak ruang. Unduh aplikasinya di Macrorit Disk Partition Expert, yah!

Active@ Partition Manager

*Sumber: (http://www.pcdisk.com/tour.html)

[email protected] Partition Manager, aplikai partisi yang dapat Anda unduh dengan gratis ini memiliki tampilan antarmuka yang sederhana sehingga dapat digunakan dengan mudah. Aplikasi penyimpanan media pada Laptop/PC ini memiliki fitur untuk membuat, menghapus, dan memformat partisi.

Selain itu, aplikasi ini menyuguhkan penawaran keren lainnya yang dapat Anda gunakan, di antaranya yaitu membuat partisi FAT32 dari 32GB hingga 1TB, memformat partisi NTFS, FAT16, FAT32, melakukan partisi pada USB Flash Memory, serta membuat mark partisi secara aktif. Pengin aplikasinya? Klik [email protected] Partition Manager.

5. Paragon Partition Manager

Paragon Partition Manager

*Sumber: (https://www.paragon-software.com)

Paragon Partition Manager merupakan salah satu aplikasi partisi hard disk yang memiliki tampilan antarmuka mirip seperti Start Menu Windows 8. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan menawarkan berbagai fitur. Salah satu fitur unggulannya yaitu Automatic Partition Alignment, fitur ini mampu menentukan partisi yang paling cocok dan tepat digunakan para perangkat Laptop/PC.

Fitur lain yang dapat digunakan di antaranya dapat membuat, memindahkan, menghapus, memformat partisi, dan mengubah tipe Disk. Adapun, fitur Boot Management yang memiliki fungsi untuk mengatur booting dengan mudah.

Nah, ternyata aplikasi ini memiliki dua versi yaitu gratis dan premium. Aplikasi ini dapat digunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows XP, Windows Vista, Windows &, dan Windows 8. Dapatkan aplikasinya dengan klik Paragon Partition Manager.

6. MiniTool Partition Wizard

MiniTool Partition Wizard

*Sumber: (www.partitionwizard.com)

Minitool Partition Wizard, aplikasi partisi yang cukup unik dan banyak yang merekomendasikan pada pengguna. Hal ini karena aplikasi tersebut tidak hanya dipakai untuk bagian internal, tetapi juga dapat digunakan pada eksternal disk. Keren bukan?

Aplikasi yang dapat dinikmati secara percuma ini menawarkan paling tidak 20 fitur dengan beragam fungsinya, seperti menambah partisi tanpa harus restart, partisi media penyimpanan, mengubah tipe disk, mengoversi FAT/FAT32 ke NTFS, dan lain sebagainya.

Minitool Partition Wizard dapat kita pasang di sistem operasi windows manapun, seperti Windows XP, Windows Vista, Windows 7, sampai Windows 8. Anda bisa mengunduhnya di Minitool Partition Wizard. Klik Minitool Partition Wizard untuk mendapatkan aplikasinya.

7. Acronis Disk Director

Acronis Disk Director

*Sumber: (https://www.acronis.com)

Acronis Disk Director adalah aplikasi yang memudahkan Anda untuk mengoptimalkan, melindungi, dan mengatur data dan hard drive. Aplikasi ini membantu Anda untuk membuat partisi hard disk tanpa takut akan kehilangan data.

Beberapa unggulan dari aplikasi ini di antaranya memungkinkan Anda untuk mengatur ulang ukuran dan membagi partisi, mengonversi MBR (Master Boot Record) Disk ke GPT (GUID Partition Table), hingga memperbaiki partisi yang terinfeksi dari ancaman virus.

Perangkat lunak partisi ini dapat dinikmati dengan gratis dan mendukung untuk berbagai jenis sistem operasi Windows. Untuk mendapatkan aplikasi ini, klik Acronis Disk Director!

8. NIUBI Partition Editor

NIUBI Partition Editor

*Sumber:(https://www.hdd-tool.com)

NIUBI Partition Editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memisahkan sebuah hard disk dalam beberapa bagian. Aplikasi yang dikhususkan Windows ini dapat dengan mudah dijalankan untuk memindahkan sistem operasi ke sistem operasi lainnya.

Melalui aplikasi ini Anda bisa menambahkan dan menggabungkan disk. Kemudian, NIUBI Partition Editor juga mampu mengubah label partisi, membuat, dan menghapus disc slice dengan mudah.

Tidak hanya itu, aplikasi ini mempunyai fitur “Data Security” sehingga Anda dapat menyembunyikan data, memunculkan data, mengatur opsi read-only, dan lain-lain. Nah, bagi Anda yang ingin mempunyai perangkat lunak ini dapat klik NIUBI Partition Editor!

9. Tenorshare Partition Manager

Tenorshare Partition Manager

*Sumber: (https://www.tenorshare.com)

Tenorshare Partition Manager merupakan salah satu perangkat lunak gratis yang dapat mengubah properti dan kapabilitas partisi. Aplikasi partisi ini memungkinkan Anda untuk mengubah label sehingga mudah dikenali. Lalu, aplikasi tersebut juga mendukung drive USB, hard disk, dan lain-lain.

Kelebihan dari aplikasi ini Anda bisa mengonversi MBR ke GPT dan Vice Versa, membuat, menghapus, memformat, dan membagi ruang disk kosong. Aplikasi ini juga didukung dengan alat yang kompitabel dengan SCSI, IEEE, dan SATA (Serial ATA). Klik Tenorshare Partition Manager untuk mengunduh perangkat.

10. R-Drive Image

R-Drive Image

*Sumber: (https://www.drive-image.com)

Sebagai opsi terakhir, Anda bisa mengunduh R-Drive Image sebagai perangkat lunak partisi pada Laptop/PC. Utilitas aplikasi ini dapat dipasang untuk sistem operasi Linux dan Windows yang memungkinkan melakukan tugas terkait penyimpanan.

Aplikasi pihak ketiga untuk partisi tersebut menyediakan pembuatan file gambar disk untuk duplikasi dan proses back-up data. Aplikasi ini mampu menyalin secara lengkap data dari hard drive, disk logis, dan partisi.

Keunggulan lainnya, R-Drive Image memiliki tampilan antarmuka bagi pengguna multi-bahasa dan dapat memulihkan gambar ke disk baru, disk asli, ruang kosong hard drive atau partisi. Bagi Anda yang ingin memiliki aplikasi ini, langsung saja klik R-Drive Image, yah!

Itulah, tadi beberapa rekomendasi aplikasi partisi hard disk terbaik yang dapat dipasang dan menyelesaikan masalah partisi sistem pada Laptop/PC Anda. Penasaran dengan perangkat lunak lain yang berguna di Laptop/PC? Langsung saja kunjungi di sini, yah!