5 Tips Menciptakan Postingan Sosmed yang Menarik Biar Viral

Posted on

Hampir sebagian besar pengguna smartphone tidak bisa lepas dengan dunia social media (sosmed). Instagram, TikTok, dan Snapchat adalah beberapa platform sosmed yang sedang banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Banyak orang yang berlomba-lomba membuat postingan sosmed yang menarik agar bisa menjadi trending atau setidaknya mendapat banyak impression dari pengguna sosmed lainnya.

Sayangnya, masih ada segelintir orang yang ingin viral di sosmed dengan menggunakan cara-cara yang kurang terpuji, seperti membuat postingan vulgar yang mengundang kontroversial sampai dengan merencanakan prank yang merugikan orang lain. Padahal, masih banyak cara untuk membuat postingan yang menarik secara positif agar bisa viral, lho.

Nah, kalau kamu ingin menciptakan postingan sosmed yang menarik tanpa membuat huru-hara, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Yuk, simak sejumlah tips yang akan Carisinyal bagikan ini.

Pikirkan Objek yang Menarik untuk Membuat Postingan

Sosmed, khususnya Instagram, kini memungkinkan penggunanya mengunggah konten berupa foto dan video. Kalau butuh mengunggah video dengan durasi lebih dari 60 detik, Instagram juga menyediakan IGTV. Dengan banyaknya pilihan jenis konten yang disediakan, kamu bebas mengunggah apapun jenis konten yang kamu inginkan.

Satu hal yang harus kamu pikirkan untuk menciptakan postingan yang bisa menarik impression orang lain, yakni buat sebuah konten (baik foto atau video) dengan objek yang pastinya menarik. Definisi ‘menarik’ ini bisa berupa keindahan, keunikan, atau sesuatu yang langka sehingga membuat orang tertarik untuk memberi like dan membagikan kontenmu ke kerabatnya yang lain.

So, pastikan objek postinganmu ini menarik, ya! Jangan takut untuk menjadi berbeda karena kalau bisa kamu memang harus membuat postingan original yang tidak meniru konten milik orang lain.

Maksimalkan Kemampuan Kamera Smartphone-mu

Maksimalkan Kemampuan Kamera Smartphone-mu

Kalau mau bikin postingan yang menarik, harus punya kamera mahal kah?” Jawabannya adalah tidak. Smartphone yang kamu pakai saat ini juga bisa dipakai untuk membuat postingan yang keren kok. Terlebih kalau kamu memakai Samsung Galaxy A21 atau Galaxy A31, kamera depan dan kamera belakang kedua ponsel ini nggak kalah dengan kamera di ponsel high-end yang harganya 10 juta ke atas.

Kedua ponsel Samsung dengan harga terjangkau ini sama-sama memiliki 4 buah kamera belakang. Berikut adalah spesifikasi kamera yang ditawarkan Samsung Galaxy A21 dan Galaxy A31:

Samsung Galaxy A31

Kamera belakang:

  • 48 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
  • 8 MP, f/2.2, 123˚, (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
  • 5 MP, f/2.4, (macro)
  • 5 MP, f/2.4, (depth)

Kamera depan:

Samsung Galaxy A21

Kamera belakang:

  • 16 MP, f/1.8, (wide), 1/3.06″, 1.0µm, PDAF
  • 8 MP, f/2.2, (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
  • 2 MP, f/2.4, (macro)
  • 2 MP, f/2.4, (depth)

Kamera depan:

Dengan spesifikasi kamera yang ditawarkan, Samsung Galaxy A21 dan Galaxy A31 akan mendukung semua keperluanmu membuat konten untuk sosmed. Jadi, kamu nggak perlu membeli kamera mahal lagi untuk membuat konten yang menarik!

Pakai Fitur-Fitur Kekinian (Wide Angle, Bokeh, dan Makro)

Pakai Fitur-Fitur Kekinian (Wide Angle, Bokeh, dan Makro)

Asyiknya memiliki smartphone Samsung Galaxy A21 atau Galaxy A31 adalah di dalamnya terdapat fitur-fitur kekinian yang membuat kontenmu jadi semakin kece. Salah satu fitur yang bisa kamu andalkan adalah wide angle, sebuah fitur yang memungkinkanmu menghasilkan foto dengan sudut gambar yang lebih luas.

Nggak cuma wide angle saja, kamu juga dapat mencoba fitur bokeh yang lagi hits banget di kalangan pengguna sosmed. Buat kamu yang belum tahu, bokeh adalah fitur yang menghasilkan foto yang fokus pada satu objek, sementara area lain (terutama di belakang objek) dibuat blur.

Tak ketinggalan, Samsung Galaxy A21 dan Galaxy A31 turut menawarkan kamera makro yang juga bisa menghasilkan foto menarik. Fungsi dari lensa kamera makro ini adalah memotret dari jarak dekat supaya menghasilkan detail fokus yang lebih tinggi.

Wah, Samsung Galaxy A21 dan Galaxy A31 adalah dua ponsel murah tapi bisa mendukungmu membuat postingan sosmed yang menarik, nih!

Asah Kreativitas dengan Berbagai Mode

Asah Kreativitas dengan Berbagai Mode

Tak semua orang menyadari bahwa ponsel pintarnya bisa dipakai untuk membuat konten atau postingan yang cantik. Mereka tidak begitu yakin dengan kualitas kamera ponselnya dan cenderung memilih untuk membeli kamera profesional dengan harga selangit.

Apabila kamu sudah mengantongi Samsung Galaxy A21 atau Galaxy A31, kamu perlu tahu kalau dengan kamera smartphone tersebut, kamu bisa mengasah kreativitas dengan berbagai mode, lho.

Ya, kamera smartphone ini menyediakan mode kamera Pro Mode, Panorama, bahkan Slow Motion. Mode-mode kamera ini yang akan membuat konten menarik dan tidak membosankan.

Pilih Tema atau Warna Senada

Pilih Tema atau Warna Senada

Yang satu ini adalah tips untukmu yang ingin berkonsentrasi membuat postingan menarik di sosmed Instagram. Agar feed-mu kelihatan cantik di mata orang lain, tentukan tema dan warna senada. Contoh tema yang bisa dipilih adalah travelling, food and culinary, artist, make up, atau fashion. Kalau sudah memilih satu tema, usahakan untuk tetap konsisten dengan tema tersebut.

Selain tema, permainan warna juga berpengaruh, lho. Pilih warna senada agar feed-mu menarik dilihat. Kuncinya, pilih satu warna mutlak yang selalu ada dalam komposisi fotomu. Ingat, warnanya cukup senada saja, bukan warna yang sama persis, ya!

Untuk membuat postingan yang menarik terkadang juga membutuhkan tempat yang Instagrammable. Namun pandemi Covid-19 membuat kita harus waspada dan hati-hati saat hendak mengunjungi suatu tempat. Kamu yang menggunakan Samsung Galaxy A21 atau Galaxy A31 tak perlu khawatir masalah ini. Pasalnya, kedua smartphone tersebut sudah dilengkapi dengan aplikasi C-Safe.

Aplikasi C-Safe akan membantu penggunanya mengetahui perkembangan informasi seputar Covid-19 di area tempat pengguna berada. Aplikasi ini memberikan informasi berupa level risiko tempat yang hendak dikunjungi, rumah sakit rujukan terdekat, dan penyedia tes Covid-19. Kamu jadi bisa lebih waspada jika ingin berkunjung ke suatu tempat di era pandemi seperti ini.

Tak hanya membantumu menemukan tempat yang minim risiko penularan Covid-19, C-Safe juga akan mengingatkanmu untuk mencuci tangan secara teratur.

Demikianlah tips yang bisa kamu pakai untuk menghasilkan postingan sosmed yang menarik agar viral. Pastikan kamu menggunakan kamera yang tepat agar hasil foto atau video yang kamu buat juga berkualitas, ya!