7 Aplikasi Terbaik untuk Melindungi Ponsel dari Peretas

Posted on

Ada berbagai jenis peretasan yang sering terjadi pada ponsel pintar, mulai dari penyadapan telepon, menduplikasi pesan suara hingga meretas data yang tersimpan. Pelaku peretasan bisa jadi orang terdekat Anda atau peretas profesional yang bertujuan memeras Anda dengan menyegel data.

Masalah keamanan ini terus menjadi sebuah momok meski teknologi terus berkembang. Bahkan, industri pengembang perangkat lunak pun terkadang bisa menjadi ancaman dalam persoalan data pribadi. Anda pasti tidak asing dengan isu mengenai aplikasi dan platform terpercaya yang ternyata menjual data pribadi Anda ke pihak ketiga. Tentu saja hal ini bisa membahayakan karena membuat resiko masuknya Malware semakin mudah.

Bagaimana cara mengamankan ponsel pintar dari peretas?

Diperlukan langkah yang proaktif untuk melindungi ponsel Anda dari peretas. Sebenarnya, langkah proaktif ini terbilang masuk akal untuk dilakukan dan dapat Anda terapkan sebagai sebuah kebiasaan baru. Berikut adalah beberapa kiat untuk melindungi ponsel pintar Anda dari peretas.

  • Jangan pernah meminjamkan ponsel Anda pada orang lain. Ini adalah hal teraman yang dapat Anda lakukan untuk menghindari serangan kejahatan cyber.
  • Ubah kata sandi ponsel Anda. Ponsel Anda biasanya telah dilengkapi oleh kata sandi bawaan yang biasanya sangat sederhana dan dapat diprediksi. Ubah kata sandi tersebut menjadi lebih kompleks ketimbang hanya “1234” atau “0000”.
  • Kelola keamanan sambungan Bluetooth. Hindari ponsel terhubung dengan jaringan Bluetooth yang tidak dilindungi dan matikan saat Anda tidak menggunakannya.
  • Lindungi PIN dan data kartu kredit Anda. Sebaiknya, jangan simpan data PIN dan kartu kredit Anda di dalam ponsel pintar.

Aplikasi untuk melindungi ponsel dari peretas

Selain membiasakan diri untuk tetap waspada, terdapat pula deretan aplikasi yang dapat melindungi ponsel pintar Anda dari Malware dan serangan penjahat siber lainnya. Apa saja aplikasi tersebut? Berikut daftarnya.

1. NowSecure Mobile

Meski memasang penyadap jarak jauh pada ponsel pintar bukan hal yang mudah, tetapi tetap mungkin untuk dilakukan. Aksi peretasan ini memungkinkan penjahat untuk mengambil berkas dari ponsel Anda, mendengarkan panggilan telepon, atau melihat data-data lainnya.

Untuk melindungi diri Anda dari Spyware ini, instal aplikasi NowSecure Mobile. Aplikasi ini menilai kerentanan terjadinya Spyware pada ponsel dan memberikan Anda skor keamanan. NowSecure akan memberi gambaran mengenai informasi yang mengalir keluar dan masuk dari ponsel pintar Anda.

2. Password Manager

Pengguna ponsel pintar rata-rata memiliki lebih dari satu akun jejaring sosial. Memang, melindungi akun-akun tersebut dengan kata sandi yang unik dan rumit adalah keharusan. Namun terkadang, sedikit sulit untuk mengingat semua kata sandi yang berbeda-beda tersebut.

Sebuah aplikasi seperti Password Manager akan membantu Anda membuat kata sandi yang aman untuk setiap akun. Kemudian, aplikasi ini akan menyimpan kata sandi tersebut, jadi Anda tak perlu repot mengingatnya setiap kali masuk ke akun jejaring sosial.

3. Authy 2-Factor Authentication

authentication

Setelah memiliki kata sandi yang unik dan rumit, selanjutnya lindungi akun Anda dengan lapisan otentikasi, salah satunya autentikasi dua faktor. Autentikasi dua faktor merupakan suatu keharusan jika Anda memiliki akun sosial.

Authy memiliki fitur-fitur canggih seperti otentikasi sidik jari untuk tiap aplikasi yang terpasang, dan mengirimkan kode unik sebagai lapisan keamanan saat masuk ke akun. Authy bahkan terkenal lebih unggul ketimbang Authenticator milik Google.

4. Aplikasi VPN

NordVPN

Download Nord VPN

VPN adalah salah satu aplikasi yang wajib Anda instal dan gunakan setiap kali Anda terhubung ke internet. VPN online terbukti mengamankan jaringan Anda meski ponsel pintar terhubung dengan jaringan publik seperti Wi-Fi kantor, kafe, bandara, dan lainnya.

VPN mengenkripsi alamat IP jaringan yang Anda gunakan sehingga tidak terlacak. Sehingga mengamankan akses Anda ke situs yang dikunjungi. Bisa dibilang, aplikasi ini adalah syarat wajib apabila Anda melakukan perbelanjaan daring. Bahkan, beberapa aplikasi VPN memungkinkan Anda untuk mengakses jaringan melalui server dari negara tertentu.

5. Antivirus dan Antimalware

antivirus

* sumber: pixabay.com

Menginstal aplikasi antivirus adalah cara terbaik untuk melindungi ponsel dari Malware. Terdapat banyak vendor antivirus menawarkan keamanan yang Anda butuhkan untuk mempertahankan diri dari Malware.

Bahkan, beberapa Antimalware terkemuka memberikan kenyaman dengan melindungi Anda dari serangan Phising dan membantu menghentikan unduhan aplikasi yang cenderung berbahaya. Terdapat pula fitur Adcleaner yang akan mencegat aplikasi mengganggu untuk membajak peramban Anda. Anda hanya perlu memilih mana yang sesuai dengan perangkat pintar.

6. AppLock

Smart AppLock (App Protect)

Ini adalah perangkat lunak pengunci aplikasi yang paling populer dengan lebih dari 100 juta unduhan. AppLock menawarkan fungsi penguncian aplikasi serta berbagai aksesoris seperti Wi-Fi, Bluetooth, data seluler dan pengaturan lainnya. Bahkan, Anda dapat mengunci atau membatasi panggilan yang masuk.

Terdapat pula pilihan profil yang dapat Anda terapkan pada perangkat. Selain itu, Anda juga dapat menyembunyikan aplikasi, mencegah penghapusan aplikasi dan masih banyak lagi. Hadir pula fitur brankas foto dan video untuk menyimpan semua berkas sensitif Anda dengan aman.

7. Brave Browser

Brave Browser

Brave Browser adalah salah satu peramban yang memiliki keamanan ekstra. Aplikasi ini berfungsi sangat mirip dengan Chrome Android. Antarmukanya sangat mirip dengan Chrome sehingga Anda tidak perlu meluangkan waktu untuk beradaptasi saat menggunakannya.

Di samping itu, Brave menyertakan berbagai peralatan bawaan untuk memblokir iklan, pop-ups, skrip dan berbagai jenis sistem pelacakan yang biasanya menyertai situs web. Anda juga akan senantiasa menjelajah internet dengan mode penyamaran permanen untuk menghindari tersimpannya riwayat, cookie, data situs, dan cache. Meski begitu, Anda tetap dapat mengatur tingkat privasi sesuai dengan preferensi Anda.

Meski ada banyak cara bagi Malware dan serangan lainnya untuk menyusup ke ponsel Anda, namun Anda tak perlu khawatir. Ada pelbagai aplikasi keamanan yang terus dimutakhirkan sepanjang waktu untuk melindungi ponsel Anda dari serangan penjahat siber. Meski begitu, bersikap bijak menggunakan ponsel pintar adalah langkah dasar untuk menjaga keamanan Anda sendiri.