7 Rekomendasi Aplikasi Terjemahan PC yang Dapat Diandalkan

Posted on

Perkembangan teknologi mendorong kita untuk dapat berkomunikasi atau memahami informasi dalam bahasa asing. Maka dari itu, keberadaan aplikasi penerjemah semakin lama menjadi bagian penting dalam keseharian kita.

Meskipun sekarang banyak translator berbasis web yang membuat kita tak perlu repot-repot mengunduh aplikasi terjemahan, namun hal itu mengharuskan kita untuk selalu terhubung dengan internet dan agak repot untuk menerjemahkan keseluruhan isi dokumen.

Nah, bagi kalian yang sedang mencari aplikasi penerjemah khusus untuk perangkat PC, kali ini Carisinyal sudah merangkum 7 aplikasi terjemahan PC yang dapat diandalkan. Penasaran apa saja? Yuk, kita simak pembahasannya.

1. Microsoft Translator

Aplikasi terjemahan PC yang dikembangkan oleh Microsoft ini dapat menerjemahkan melalui perantara teks, suara, percakapan, gambar, tulisan tangan (Windows Ink) ke dalam lebih dari 60 bahasa baik secara online maupun offline. Fitur translate melalui suaranya juga dapat membuat kalian mendengarkan hasil terjemahannya dan mempelajari pronunciation atau pelafalannya.

Microsoft Translator juga menyediakan fitur yang dapat men-translate percakapan secara langsung hingga dengan 100 orang melalui perangkat mereka masing-masing baik di PC, iOS, Android ataupun Kindle. Selain itu, terdapat juga fitur phrasebook di mana pengguna dapat mempelajari frasa-frasa penting untuk percakapan dalam bahasa tertentu.

Untuk mempermudah pengguna aplikasi penerjemah ini juga sudah terintegrasi dengan Cortana. Bagi yang tertarik dengan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Microsoft Translator, kalian dapat langsung mengunduhnya secara gratis di desktop melalui Microsoft Store.

2. Lingvanex

Lingvanex

Lingvanex adalah aplikasi terjemahan PC yang mengaplikasikan metode Neural Machine Translation atau NMT yang dapat menerjemahkan lebih dari 100 bahasa secara instan. Aplikasi ini dapat menerjemahkan dokumen dalam berbagai format, audio file, konten-konten website, gambar, pesan dalam email ataupun chat.

Audio files yang dapat diterjemahkan oleh aplikasi ini meliputi lagu, rekaman percakapan telepon, rekaman suara, buku audio dan lain sebagainya. Hasil terjemahan dari audio input tersebut dapat diubah juga menjadi teks ataupun sebaliknya.

Aplikasi terjemahan ini bisa digunakan dengan atau tanpa jaringan internet. Untuk menikmati mode offline pengguna diharuskan mengunduh language package-nya terlebih dahulu.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur dictionary yang tidak hanya dapat menunjukan arti dan pelafalan dari kata tertentu, namun fitur ini juga menyediakan alternatif penerjemah serta contoh frasa atau kalimat dari kata tersebut. Bagi yang tertarik, aplikasi Lingvanex ini bisa dinikmati melalui desktop Windows ataupun Mac OS.

3. Babylon

Babylon

Rekomendasi aplikasi terjemahan PC selanjutnya datang dari Babylon. Aplikasi yang satu ini dapat mendukung sekitar 77 bahasa baik dalam bentuk teks ataupun dokumen dalam beberapa format. Lalu, dalam pengembangannya, Babylon melibatkan ahli di bidang software dan juga bahasa agar kualitas dan akurasi dari hasil terjemahannya baik serta aplikasinya lebih mudah untuk dioperasikan.

Babylon juga menawarkan fitur dimana pengguna hanya perlu menunjuk kata, frasa atau kalimat dan hanya dengan satu klik hasil terjemahannya akan otomatis muncul dalam layar. Sehingga, pengguna tak perlu meng-copy lalu paste hasil salinannya pada aplikasi.

Fitur dictionary pada Babylon juga menyediakan term translation yang membuat pengguna mendapatkan akses informasi tentang terminologi kata tersebut langsung dari Wikipedia. Lalu, mereka juga menggunakan teknologi Text-to-Speech, sehingga pengguna dapat langsung mendengar hasil terjemahanya dalam bentuk audio sekaligus mengetahui bagaimana cara melafalkan.

Aplikasi terjemahan PC dari Babylon ini bisa didapatkan secara gratis melalui website Babylon ataupun Microsoft Store. Namun sayangnya, terdapat beberapa batasan untuk pengguna free-access.

Jadi bagi yang ingin menikmati layanan tanpa batas, kalian diharuskan membeli lisensi premium seharga 89 dolar Amerika atau sekitar Rp 1,2 jutaan. Sedangkan untuk pengguna Mac OS dikenakan tarif sebesar 139 dollar atau sekitar Rp 1,9 jutaan. Namun, tarif tersebut sudah termasuk Oxford Dictionary seharga 49 dolar atau sekitar Rp 700 ribuan.

4. Systran

Systran

Systran merupakan aplikasi software penerjemah untuk PC yang dapat membantu penggunanya untuk mengerti konten bahasa asing yang terdapat dokumen, email, website, teks dan gambar dengan efisien.

Selain dapat digunakan dengan menyalin teks ke dalam aplikasi, mereka juga menyediakan translator shortcut yang membuat aplikasi dapat menerjemahkan secara langsung kata atau kalimat yang dipilih dalam aplikasi apapun. Lalu, fitur omni translation-nya dapat menerjemahkan teks apapun yang terdapat pada layar hanya dengan menggerakan kursor.

Browser extension dan Office plugins yang tersedia dalam software ini membuatnya dapat dengan mudah menerjemahkan konten website maupun isi dokumen Office. Menariknya, ia dapat menerjemahkan dengan cepat isi file ataupun folder dengan hanya satu kali klik.

Sayangnya untuk menikmati seluruh fitur yang ditawarkan oleh aplikasi software penerjemah Systran, kalian harus membeli lisensinya terlebih dahulu dengan harga mulai dari 89 dolar Amerika atau sekitar Rp 1,2 jutaan.

5. Ginger

Ginger

Aplikasi software grammar dan spelling checker dari Ginger ini juga menyediakan fitur menerjemahkan. Fitur Ginger translate ini dapat menerjemahkan teks ke dalam 40 bahasa termasuk bahasa Spanyol, Prancis, Jerman, Jepang hingga Indonesia. Fitur ini juga sudah dilengkapi dengan detect language yang secara otomatis akan mendeteksi bahasa dari teks aslinya.

Selain itu, Ginger juga dilengkapi dengan fitur Define yang dapat mengartikan suatu kata sekaligus memberikan definisi, sinonim serta pelafalan dari kata tersebut.

Tidak hanya itu, Ginger juga menyediakan fitur Personal Trainer dimana ia akan mengidentifikasi kekurangan pengguna dalam menulis Bahasa Inggris.

Jadi, bagi yang sedang mencari aplikasi translate untuk PC yang dapat digunakan untuk mengoreksi grammar dan juga membantu meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris, maka Ginger ini layak untuk kalian coba. Fitur Ginger ini bisa kalian nikmati melalui perangkat Windows ataupun Mac OS.

6. Just Translate

Just Translate

Just Translate adalah aplikasi terjemahan untuk PC yang dikembangkan oleh Jalada. Aplikasi ini dapat menerjemahkan input teks dan suara ke dalam lebih dari 100 bahasa.

Selain itu, Just Translate juga dilengkapi dengan teknologi voice recognition yang membuat aplikasi ini dengan mudah memahami kata, frase atau kalimat yang pengguna dikte dan menerjemahkannya ke dalam bahasa lain.

Lalu, fitur Text to Speech yang ada pada aplikasi ini akan dengan mudah membacakan teks yang ingin diterjemahkan maupun hasil terjemahannya. Fitur-fitur aplikasi Just Translate ini bisa kalian nikmati dengan mendownload aplikasinya secara gratis di Microsoft Store dan juga Mac App Store.

7. Mate Translate

Mate Translate

Aplikasi penerjemah yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi asal Jerman yang dapat menerjemahkan kata, frasa hingga keseluruhan teks dokumen kedalam 103 bahasa. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang dapat menerjemahkan kata yang dipilih dalam aplikasi apapun hanya dengan satu kali klik tanpa harus menyalin teks ke dalam aplikasi.

Menariknya, ia dapat menerjemahkan kata atau frasa yang terdapat pada subtitle video Netflix. Sehingga pengguna dapat dengan mudah mempelajari kosa kata sambil menonton konten Netflix.

Fitur Text to Speech-nya dapat membacakan teks yang ingin diterjemahkan ataupun hasil terjemahannya dengan aksen khas dari masing-masing bahasanya. Sehingga, ia mudah dimengerti dan terdengar lebih natural.

Aplikasi Mate Translate ini bisa dinikmati oleh pengguna Mac OS dengan membeli lisensinya dengan harga 29,99 dolar atau sekitar Rp 400 ribuan. Sayangnya, aplikasi ini belum tersedia untuk perangkat Windows. Namun, pengguna Windows tetap dapat menikmati beberapa fiturnya dengan mendownload extension Mate Translate untuk browser di perangkat kalian secara cuma-cuma.

Itu dia 7 rekomendasi aplikasi terjemahan PC yang dapat diandalkan baik ketika online maupun offline. Jadi, di antara rekomendasi-rekomendasi di atas, aplikasi apa yang menurut kalian paling menarik? Tulis jawaban kalian di kolom komentar ya! Selamat mencoba!