Akankah Liverpool Mendapat Guard Of Honour Saat Laga Kontra Manchester City?

Posted on

Berita Liga Inggris: Liverpool saat ini telah resmi menyandang status sebagai juara Premier League musim 2019/2020 usai Manchester City gagal meraih poin dalam laga melawan Chelsea yang digelar pada hari Kamis (25/6) waktu setempat.

Keberlangsungan Premier League musim ini sempat mengalami ketidakpastian setelah ditunda sejak bulan Maret akibat pandemi covid-19. Tetapi, semua klub pada akhirnya sepakat untuk melanjutkan kembali Premier League musim 2019/2020 dengan tajuk ‘Restart Project’ yang dimulai pada tanggal 17 Juni 2020. 

Terhitung sejak kembali bergulirnya Premier League musim ini, skuad asuhan Jurgen Klopp telah melakoni dua laga. Laga pertama ialah saat Liverpool harus puas bermain imbang tanpa gol dalam laga Derby Merseyside di Goodison Park.

Selanjutnya, Liverpool melakoni laga kandang pertamanya pasca Premier League kembali bergulir dengan menjamu Crystal Palace. Dalam laga yang dihelat di Anfield tersebut, The Reds berhasil meraih 3 poin usai menang telak dengan skor 4-0 atas Palace.

Sementara, kompetitor terdekat Liverpool saat ini, Manchester City, tercatat telah melakoni tiga laga pasca kembali bergulirnya Premier League musim ini. City mengawali kembali perjalanannya di Premier League dengan baik.

Skuad asuhan Pep Guardiola tersebut sukses membawa poin penuh di laga kontra Arsenal setelah menang telak dengan skor 3-0. Kemudian, The Citizens kembali mendapat poin penuh pasca mencukur Burnley dengan skor lima gol tanpa balas.

Teranyar, pada hari Kamis (25/6) waktu setempat, Manchester City harus mengakui keunggulan Chelsea dengan skor 2-1. Hasil laga kontra Chelsea tersebut menjadi laga penentu yang membuat Liverpool berhasil mengamankan gelar juara Premier League musim ini.

Pada hari Kamis (2/7), kedua tim penghuni klasemen teratas di Premier League tersebut akan bersua. Manchester City akan menjamu Liverpool dalam laga yang digelar di Etihad Stadium.

Dengan kondisi saat ini maka Liverpool dipastikan bertamu ke Etihad Stadium sebagai juara Premier League musim 2019/2020. Jelang dihelatnya laga tersebut, maka muncul pertanyaan apakah The Citizens akan memberi Guard of Honour kepada Liverpool di laga nanti.

Di Premier League, tradisi guard of honour diberikan oleh sebuah tim kepada tim yang telah dipastikan menjadi juara Premier League dalam musim tersebut.  Sebelum laga dimulai, lebih tepatnya pada saat kedua tim memasuki lapangan, tim yang memberi penghormatan akan membentuk dua barisan berhadap-hadapan.

Lalu, mereka akan memberi tepuk tangan pada saat tim yang menjadi juara masuk ke dalam lapangan sebagai bentuk penghargaan atas pencapaian yang diraih.

Pada dasarnya pemberian guard of honourtidak wajib untuk dilakukan. Diadakannya guard of honourmurni didasarkan pada kesepakatan kedua klub sebelum laga berlangsung tanpa ada campur tangan pihak lain.

Di Inggris, pemberian guard of honour merupakan salah satu tradisi yang paling dijunjung tinggi dan sudah dilaksanakan selama setengah abad.

Berdasarkan peraturan baru yang diterapkan dalam ‘Restart Project’ Premier League, untuk memastikan kepatuhan terhadap protokol pembatasan sosial,  kedua tim yang akan bertanding akan memasuki lapangan secara terpisah sebelum laga dimulai. Dalam aturan tersebut, tim yang akan masuk terlebih dahulu adalah tim tamu kemudian disusul oleh tim tuan rumah. 

Itu artinya dengan adanya peraturan tersebut, ada kemungkinan bahwa guard of honour untuk musim ini ditiadakan untuk menjamin keselamatan dan kepatuhan terhadap protokol pencegahan penularan covid-19 dan Liverpool pun saat ini masih menunggu kelanjutan perihal ketentuan mengenai guard of honour.

Mungkin, bisa jadi di laga nanti akan dilakukan semacam langkah alternatif untuk memberi penghargaan kepada Liverpool sebagai juara Premier League musim ini tetapi tidak melanggar ketentuan pembatasan sosial.

Artikel Tag: Liverpool, Manchester City, Premier League, Guard of Honour