Alibaba Cloud Janji Bangun Data Center Ketiga di Indonesia

Posted on

Jakarta, genericmedmart.com – Alibaba Cloud berjanji akan meluncurkan data center ketiganya di Indonesia awal tahun depan. Langkah ini diambil untuk menjawab permintaan yang terus bertambah dari pelanggan di Indonesia.

Ekspansi ini dilakukan setelah Alibaba Cloud Indonesia membangun data center pertamanya di tahun 2018, dan data center kedua di tahun 2019. Setelah data center ketiga didirikan, Alibaba Cloud akan memiliki 64 zona ketersediaan di 21 wilayah di seluruh dunia.

Selain itu, Alibaba Cloud mengungkapkan rencananya untuk membangun pusat scrubbing data pertama di Indonesia, guna membantu pelanggan Indonesia (terutama pelanggan di sektor keuangan dan game) untuk melindungi dari serangan siber.

“Dengan dimulainya pembangunan Availibility Zone dan Data Scrubbing Center di Indonesia, kami berharap proses pengelolaan data nantinya dapat dilakukan selaras dengan prinsip-prinsip pengelolaan data Pemerintah Indonesia yang transparan,” ucap Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate.

“Tiga data center Alibaba Cloud memungkinkan pelanggan untuk mendistribusikan beban kerja yang sangat penting ke berbagai zona ketersediaan. Hal ini sangat penting karena semakin banyak bisnis yang memindahkan infrastruktur TI mereka ke cloud setelah masa pandemi,” kata Leon Chen, Country Manager Alibaba Cloud Indonesia.

Data center baru juga akan memperkaya penawaran Alibaba Cloud untuk pelanggan lokal, menyediakan rangkaian produk dan layanan cloud yang komprehensif dari database, keamanan, jaringan ke pembelajaran mesin dan analisis data.

“Kami berupaya untuk terus memperluas produk-produk unggulan kami dan layanan inovatif untuk memenuhi beragam permintaan dari pelanggan kami di berbagai sektor, seperto e-commerce, keuangan, media online, pendidikan dan game,” tutup Leon Chen.