Aplikasi Untuk Membantu Mengerjakan Soal Matematika

Posted on

genericmedmart com – Jika ditanya, pelajaran apa yang paling membuat pusing dan paling tidak disukai oleh kebanyakan siswa sekolah? jawabannya sudah pasti, pelajaran Matematika.

Pasalnya, pelajaran yang satu ini berhubungan dengan angka-angka dan juga rumus-rumus yang bagi sebagian siswa ini cukup sulit dan membosankan.

Tapi itu dulu, kini berkat kemajuan teknologi mempelajari matematika tidak menjadi begitu sulit. Karena dengan hadirnya beberapa aplikasi berikut ini, akan memudahkan para siswa dalam mengerjakan soal-soal matematika.

Beberapa aplikasi yang akan redaksi ulas berikut ini didesain khusus untuk bisa mengerjakan berbagai soal matematika yang diajarkan di bangku sekolah, bahkan hanya cukup dengan memfoto soal tersebut.

Menarik bukan? aplikasi apa saja yang dimaksud, berikut ulasannya untuk kalian.

Aplikasi Untuk Membantu Mengerjakan Soal Matematika

Untuk para pelajar, berikut redaksi ulas beberapa aplikasi yang cukup membantu kalian dalam mengerjakan berbagai soal matematika.

Aplikasi yang pertama yang redaksi sarankan, adalah aplikasi buatan dalam negeri bernama CoLearn. Aplikasi ini masih terbilang baru, namun cukup populer dikalangan para siswa sekolah, baik SD, SMP maupun tingkat SMA.

Dengan aplikasi ini, pengguna cukup memfoto soal matematika yang belum diketahui jawabannya lalu di unggah di aplikasi ini.

Nantinya, aplikasi CoLearn akan memberikan jawaban dan bentuk video sehingga akan lebih mudah dipahami karena akan di jelaskan secara rinci bagaimana proses mencari jawaban tersebut, bukan hanya jawaban akhir saja.

Aplikasi yang kedua yang bisa kalian gunakan untuk membantu mencai jawaban dari soal-soal matematika yang diberikan oleh Bapak/Ibu Guru adalah aplikasi bernama Brainly.

Aplikasi ini tentu sudah tidak asing lagi, karena sudah hadir sejak tahun 2009 lalu. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang mendunia dan tersedia dalam berbagai versi bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Dengan aplikasi ini, para pelajar bisa mencari jawaban atas soal-soal matematika yang di sediakan oleh pengguna lainnya.

Tak hanya soal matematika saja, pelajar juga bisa mencari jawaban dari pelajaran-pelajaran lain seperti, IPA, IPS, PKN dan beberapa pelajaran lainnya sesuai dengan jenjang dan tingkat pendidikan.

Selanjutnya adalah aplikasi bernaman Photomath. Sama halnya dengan aplikasi pertama CoLearn, pelajar yang ingin mencari jawaban dari soal matematika, cukup memfoto soal lalu mengunggahnya di aplikasi Photomath ini.

Beberapa saat kemudian, aplikasi ini akan menampilkan alur yang menjelaskan cara danbagaimana proses pengerjaan dari soal-soal metematikan yang diunggah tersebut.

Namun aplikasi ini punya kekurangan, yakni tidak bisa mengenali soal tulisan tangan. Jadi pastikan kalian mengetik soal atau memfotonya dari buku cetak.

Untuk aplikasi yang satu ini, kalian harus menginput soalnya lebih dahulu di keyboard yang sudah disediakan oleh aplikasi MathWay.

Selanjutnya, nanti aplikasi akan mengerjakan soal yang sudah kalian masukan. Tak hanya soal matematika saja, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memecahkan soal-soal pelajaran kimia.

Berikutnya, aplikasi yang redaksi rekomendasikan untuk membantu kalian mengerjakan tugas-tugas matematika adalah aplikasi yang bernama Math Experts.

Aplikasi ini, selain untuk mencari jawaban soal matematika, juga dilengkapi dengan rumus pelajaran lain seperti, fisika, teknik elektro, dan kimia yang disusun berdasarkan kategori yang memudahkan kamu dalam menyelesaikan berbagai persoalan secara mudah.

Tidak hanya itu, aplikasi Math Experts ini juga menyediakan fitur grafik untuk jenis soal-soal tertentu yang semakin memudahkan kalian untuk menjawab setiap pertanyaa.

Demikian rekomendasi lima aplikasi yang berguna untuk membantu kalian dalam memecahkan soal-soal matematika yang diberikan oleh Bapak/Ibu  Guru disekolah.

Namun perlu diingat, aplikasi ini hanya sebagai sarana belajar untuk kalian supaya lebih paham, bukan sebagai alat untuk kalian menyepelekan setiap tugas dari guru.

Karena bagaimanapun, mengerjakan tugas dengan kemapuan sendiri meski salah itu lebih baik karena kalian paham setiap proses dan alurnya, dari pada jawaban benar tapi dikerjakan oleh aplikasi.

Jadi, bijaklah dalam menggunakan aplikasi ini. Tetap semangat belajar matematika ya.. !

Editor   : Andra
Penulis : Ikhsan Aufa