Apple Bakal Jual iPhone 12 Secara Terbatas?

Posted on

Jakarta, genericmedmart.com – iPhone 12 digadang-gadang sebagai produk 5G pertama bagi Apple yang kemungkinan akan hadir pada pertengahan tahun 2020 ini. Raksasa teknologi itu diprediksi bakal mengirim 30-40 juta unit. Namun, laporan terbaru mematahkan hal itu.

Menurut laporan dari Digitimes, estimasi pengiriman akan dikurangi setengahnya, menjadi 15-20 juta unit untuk tahun 2020. Dengan kata lain, iPhone 12 kemungkinan bakal dijual secara terbatas.

Lebih lanjut, laporan juga mengungkapkan bahwa mitra rantai pemasok Apple kurang optimis dengan penjualan iPhone 12. Terutama, karena penerus iPhone 11 itu telah mengaktifkan mmWave yang segera diluncurkan tahun ini, seperti dikutip dari Gizmochina, Kamis (2/7).

Baca juga: iPhone 12 Ditopang Rekam Video 4K 240fps

Di samping itu, persaingan antar pemasok menjadi lebih ketat, jika Apple memutuskan jumlah unit yang lebih rendah. Sebelumnya, Apple sudah lama mengandalkan pabrik asal Taiwan untuk memproduksi perangkatnya. Namun saat ini, produsen asal china sedang meningkat karena perusahaan sedang melakukan diversifikasi rantai pasokannya.

Menurut laporan itu, Apple akhirnya menjalin keterlibatan dengan pabrik asal China agar merakit perangkatnya, seperti iPad, Apple Watch atau AirPods. Ini menjadi ancaman bagi pabrik asal Taiwan tadi yang sudah berhasil memonopoli produksi Apple.

Apple berdalih langkah ini untuk memangkas biaya, mendiversifikasi resiko produksi serta memanfaatkan pasar China dengan lebih baik. Sehingga, tak heran jika nantinya Apple akan mengurangi jumlah pengiriman unit iPhone 12.