Apple Hadirkan Sejumlah Fitur Baru di iOS 14, Apa Saja?

Posted on

recode.iD – Apple baru saja mengumumkan kehadiran sistem operasi terbaru mereka yang kini sudah memasuki generasi ke-14. Dalam perhelatan Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020 pihak Apple mengenalkan  sejumlah fitur baru di iOS 14 tersebut.

Dalam pembaharuan sistem operasi mereka kali ini, pihak Apple membawa sejumlah fitur baru yang cukup banyak. Salah satu yang cukup menyita perhatian pengguna adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menterjemahkan percakapan secara offline di perangkat Apple.

Lantas, fitur baru apa saja yang hadir di iOS 14 kali ini. Berikut ulasannya yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

Sejumlah Fitur Baru di iOS 14

Sebenarnya ada cukup banyak update yang dilakukan oleh pihak Apple, namun secara garis beras berikut ini beberapa fitur baru yang hadir di iOS 14.

Fitur baru di iOS 14 yang pertama adalah fitur yang bernama Apple Library. Dimana fitur ini akan secara otomatis mengatur aplikasi ke dalam grup dan daftar.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk bisa mudah mengakses tanpa harus banyak menampilkannya di Home Screen pada perangkat yang mereka gunakan.

Fitur selanjutnya adalah fitur pada widget. Dimana perusahaan telah mendesain ulang widget jadi lebih menarik dan mudah diakses.

Nantinya, pengguna bisa menempatkannya di home screen dengan berbagai pilihan ukuran sehingga terlihat lebih menarik dan atraktif.

Dengan fitur baru yang satu ini memungkinkan pengguna iPhone tetap bisa memutar video sembari membuka aplikasi yang lain.

Dengan melakukan swipe atau geser ke kanan pengguna bisa menyembunyikan video namun tetap terdengar audionya.

Apple juga menghadirkan tampilan baru lebih compact dan fresh untuk fitur yang satu ini. Pihak Apple menjanjikan kecepatan 20x lebih cepat dari versi sebelumnya.

Selain itu, Apple juga melakukan penambahan sejumlah fitur baru, salah satunya mengirim pesan audio.

Ini merupakan yang paling baru, dimana dengan fitur  yang dihadirkan Apple ini dapat membantu menterjemahkan percakapan dan dapat digunakan secara offline.

Dihadirkan fitur pin yang membuat pengguna dapat menempatkan percakapan penting di atas sehingga tidak tertimbun dengan chat lain.

Apple pun memberikan Memoji berdasarkan umur. Selain itu diperkenalkan Group yang makin memudahkan berkomunikasi

Apple memperkenalkan Guides yang memberikan panduan berbagai tempat dengan informasi terbaru. Selain itu ada fitur Cycling yang memberikan panduan jalur bersepeda dan EV Routing yang baru mobil listrik tempat pengisian daya.

Dihadirkan wallpaper sehingga lebih mempercantik penampilan. Dan kini bisa memfungsikan iPhone menjadi kunci mobil.

Kini dihadirkan App Clips yang memungkinkan aplikasi yang digunakan saat digunakan. Diklaim ringan dan dan cepat.

App Clips bisa ditemukan dari web, pesan, peta, ketuk pada tag NFC atau pindai kode QR.

Jadwal Rilis iOS 14

Sementara itu, meski pihak Apple sendiri sudah mulai meluncurkan sistem operasi  iOS 14 dalam versi developer beta, dan akan berlanjut bulan depan iOS 14 Public Beta, namun untuk versi finalnya sendiri baru akan dirilis pada September mendatang.

Oleh karena itu, pengguna iPhone dan iPad diminta bersabar hingga OS baru ini benar-benar rilis setidaknya pada akhir tahun ini.

(azzahra)