Balap Mobil Terbang Bakal Di Gelar Di Australia

Posted on

Bandung, genericmedmart.com – “Dengan adanya penerbangan listrik, industri drone, dan ledakan industri kendaraan otonomos, semua teknologi yang membuat mobil listrik otonomos dapat diproduksi, sedang menciptakan industri mobil terbang listrik,” tuturnya kepada lembaga penyiaran Australian Broadcasting Corporation.

Balap Mobil Terbang Bakal Digelar di Australia pada Akhir Tahun

Sebuah perusahaan rintisan (start-up) mengumumkan bahwa pihaknya akan menyelenggarakan lomba balap mobil terbang di daerah pedalaman Australia Selatan (South Australian/SA), sebelum akhir tahun ini.

Meski pandemi Covid-19 sedang merebak, salah satu pendiri Airspeeder Matthew Pearson menyebutkan bahwa 2020 merupakan tahun penting bagi industri ini, dengan perusahaannya siap menggelar balap mobil terbang berskala besar di daerah pedalaman SA.

Airspeeder, yang berbasis di SA dan London, mengembangkan mobil terbang yang menggunakan teknologi drone untuk melayang di udara dan melakukan manuver.

“Dengan adanya penerbangan listrik, industri drone, dan ledakan industri kendaraan otonomos, semua teknologi yang membuat mobil listrik otonomos dapat diproduksi, sedang menciptakan industri mobil terbang listrik,” tuturnya kepada lembaga penyiaran Australian Broadcasting Corporation.

Dia mengungkapkan, mobil-mobil Airspeeder, yang memiliki sasis serupa dengan sasis mobil balap Formula 1, dan lebih murah daripada helikopter.

“Sebuah helikopter memiliki ribuan bagian yang bergerak, dan satu titik kegagalan yang membuat biaya pemeliharaannya sangat mahal,” ujar Pearson.

“Sebuah taksi terbang memiliki sekitar 16 bagian yang bergerak dan sekitar separuh dari mereka tidak perlu, sehingga kendaraan ini merupakan platform yang sangat aman, sangat stabil.”

“Taksi menjadi kendaraan yang bagus untuk dikembangkan dengan teknologi ini, tetapi kami juga berpikir bahwa ada peluang yang bagus guna mendorong inovasi di ajang balap,” imbuhnya.

“Ajang balap selalu menjadi penggerak inovasi teknologi lebih dari apa pun.”

Pearson mengatakan bahwa Australia bisa menjadi negara terdepan di dunia di sektor industri mobil terbang setelah pada Februari lalu, Uber mengumumkan Melbourne sebagai salah satu dari tiga kota yang menjadi lokasi uji coba taksi terbang.

Airspeeder telah mengantongi persetujuan dari Otoritas Keamanan Penerbangan Sipil (Civil Aviation Safety Authority/CASA) untuk menerbangkan drone komersial berskala besar, tetapi tidak mendapatkan izin agar drone-drone tersebut boleh dikendarai pengemudi. Ini berarti adu balap di daerah pedalaman ini akan dikendalikan dari darat.

“Australia merupakan tempat yang bagus untuk menguji drone, bahkan Google dan Amazon memilih Australia untuk program uji coba mereka lantaran regulasi yang cukup maju di negara tersebut,” kata Pearson.

“Kini ada peluang bagi Australia untuk menjadi lokasi uji pasar mobilitas udara perkotaan, taksi terbang, dan mobil terbang.”