Begini 4 Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi

Posted on

Dari tahun ke tahun, semakin banyak orang yang menggunakan Instagram. Selain untuk berkoneksi dengan teman, Instagram juga banyak memiliki konten-konten yang menghibur dan bermanfaat. Jenis konten yang bisa dinikmati tidak hanya gambar melainkan video juga.

Nah, kerap kali kita menemukan sebuah video di Instagram yang begitu menginspirasi, kita ingin mengunduhnya sebagai koleksi. Untuk itu, Carisinyal akan menyajikan tutorial cara download video Instagram tanpa aplikasi. Pasalnya, menggunakan aplikasi terkadang menyulitkan dan lebih memakan waktu. Yuk simak cara-caranya pada artikel ini!

Melalui Situs Downloadgram.com

Sebuah kemudahan yang ditawarkan situs pengunduh video Instagram adalah cara ini bisa digunakan di mana saja, baik PC maupun HP. Yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet dan juga browser.

Salah satu situs yang memungkinkan penggunanya mengunduh video Instagram adalah Downloadgram.com. Situs ini memiliki tampilan antarmuka yang sangat bersih dan sederhana, sehingga siapapun bisa menggunakannya dengan mudah.

Selain menawarkan pengunduhan video dari feed, situs ini juga bisa dipakai untuk download gambar dan IGTV. Berikut adalah langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menggunakan Downloadgram.com.

  1. Pilihlah konten video dari feed yang ingin diunduh.
  2. Tekan pada simbol tiga titik vertikal seperti di bawah, lalu pilih menu Copy Link, lalu tunggu sampai tulisan Link Copied muncul.gambar 2
  3. Kunjungi situs “https://downloadgram.com” atau klik link ini.
  4. Paste-kan link video Instagram yang sudah di-copy tadi pada kolom yang tersedia, lalu tap tombol Download.
    gambar 3 (2)
  5. Tunggu beberapa saat, lalu tap pada tombol Download Video.gambar 4 (2)
  6. Hati-hati dengan iklan yang mengganggu. Biasanya akan terbuka tab-tab baru yang mengandung iklan. Jika hal ini terjadi, tekan tombol Back pada ponsel untuk kembali ke laman selanjutnya, lalu coba klik lagi pada Download Video.
  7. Jika berhasil, akan ada notifikasi “Downloading file…” dan video pun akan tersimpan pada penyimpanan kartu memori. Tekan tombol Open untuk membuka file.gambar 5 (2)

Situs ini memang menawarkan user interface yang mudah dipahami sehingga Anda bisa mendownload video dengan cepat dan praktis. Tapi situs ini memiliki pop-up iklan yang mengganggu. Jika Anda tidak puas menggunakan situs ini, kami pun akan menyediakan tutorial mendownload video Instagram pada situs lain.

Melalui Savefrom.net

Tidak hanya mendukung platform Instagram, situs Savefrom.net juga bisa dipakai untuk mengunduh video dari YouTube. Masih banyak puluhan platform lainnya yang didukung situs ini, di antaranya ada TikTok, Facebook, Twitter, Dailymotion, dan SoundCloud. Ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Sama seperti tadi, salinlah URL video Instagram dari feed maupun IGTV.
  2. Kunjungi situs “https://savefrom.net” pada browser pilihan Anda atau klik link ini untuk langsung membukanya.
  3. Paste-kan link URL video Instagram pada kolom, dan situs ini akan otomatis mendeteksi link tersebut untuk menampilkan pranala video.gambar 6 (2)
  4. Tap dan tahan tombol Download MP4 sampai muncul pilihan menu, lalu pilih Download link dan proses download pun akan langsung berjalan.gambar 7 (2)

Situs ini memang terbilang sebuah powerhouse untuk sarana mendownload yang ideal. Selain dari dukungan platform yang beragam, Anda pun tidak akan terganggu oleh iklan sama sekali. Tapi sayangnya baik DownloadGram maupun Savefrom.net memang belum menghadirkan fitur download Story atau Highlight.

Melalui InstaDownloader

Ada satu lagi situs yang menawarkan layanan pengunduhan video dari Instagram, yakni InstaDownloader. Tak hanya bisa mengunduh video, Anda pun bisa menyimpan postingan Instagram berupa gambar dan IGTV.

Menariknya lagi, situs ini bisa digunakan secara gratis dan iklan yang ada pun tidak begitu mengganggu. Selain itu, situs ini sangat ringan dan hadir dalam bahasa Indonesia. InstaDownloader juga menawarkan fitur pengunduhan video dari postingan yang disetel sebagai private.

  1. Salinlah URL video Instagram yang ingin diunduh, masuk ke dalam postingannya, klik simbol titik tiga dan klik Copy link.
  2. Setelah selesai menyalin URL video, kunjungi https://instadownloader.co melalui browser pada ponsel.
  3. Paste-kan URL yang tadi telah disalin ke kolom yang tersedia dan tap pada tombol unduhan.instadownloader 1
  4. Scroll ke bawah dan pastikan pranala yang muncul sudah sesuai dengan video yang ingin diunduh. Lalu, klik tombol Download file yang latar belakangnya berwarna hijau.instadownloader 2
  5. Proses download akan langsung berjalan. Tunggu sampai unduhan selesai dan Anda bisa memutar video tersebut ataupun membagikannya ke beragam platform lain.

Kalau Anda ingin mengunduh video yang disetel ke private, caranya pun tidak jauh berbeda. Anda hanya perlu membuka akun Instagram dan situs InstaDownloader pada browser yang sama, salin URL video, dan paste-kan pada situs InstaDownloader.

Situs ini terbilang salah satu yang terbaik karena tidak butuh internet kencang untuk membukanya, dan jumlah iklan yang muncul pun tidak sebanyak pada situs-situs gratisan lainnya.

Melalui StorySaver.net

Kalau sebelumnya Anda hanya bisa mengunduh video dari feed atau IGTV, Anda pun bisa mengunduh Story dan Highlight melalui situs StorySaver.net.

Jangan khawatir kalau salah satu pengguna Instagram punya lebih dari satu Story atau Highlight dalam sekali waktu, karena StorySaver.net menyajikan antarmuka yang fleksibel. Berikut langkah-langkah mengunduh Story dan Highlight melalui StorySaver.net.

  1. Kunjungi situs StorySaver.net melalui Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, atau browser lainnya.
  2. Masukkan nama username teman Anda yang ingin Story atau Highlight-nya diunduh pada kolom yang tersedia.gambar 8 (4)
  3. Situs ini akan memunculkan semua Story yang tersedia. Anda tinggal tap Save as Video untuk video yang ingin diunduh. Sedangkan untuk mengunduh Highlight, tap pada tombol Show #Highlights seperti di bawah ini.gambar 9 (2)
  4. Situs StorySaver.net ini akan memunculkan berbagai album Highlight yang dimiliki akun tersebut. Tekan tombol Show Highlights pada album yang dipilih.gambar 10 (2)
  5. Pilih salah satu video yang ingin diunduh kemudian tap pada tombol Save as Video.gambar 11 (2)

Proses unduhan akan berjalan dan video pun akan tersimpan pada memori penyimpanan. Sangat mudah dan praktis, kan? Situs ini bahkan tidak memiliki iklan yang bisa mengganggu proses pengunduhan, namun Anda tetap dapat menikmati layanannya secara gratis.

Nah, itulah berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mendownload video dari Instagram tanpa aplikasi. Dengan begini, Anda yang memori internalnya sudah pas-pasan tidak perlu lagi kerepotan menginstal aplikasi hanya untuk mengunduh video dari Instagram.

Baik itu video dari feed maupun Story dan Highlight, semua dapat diunduh dengan mudah dan cepat. Tinggal copas URL postingan, salin ke salah satu situs di atas, dan voila! Video akan tersedia untuk diunduh. Selamat mencoba!