Jualan Online
Jualan Online

Begini Cara Sukses Jualan Online Di Marketplace

Posted on

Begini Cara Sukses Jualan Online di Marketplace – Saat ini, berjualan secara online adalah keputusan yang cukup bijak. Selain mengurangi aktivitas di luar rumah dan bertemu dengan banyak orang, dengan cara ini toko Anda akan bergerak tanpa henti ke mana dan di mana tanpa henti.

Jualan online sendiri sebetulnya.bisa dilakukan secara mandiri dengan memaksimalkan penggunaan media sosial atau lingkungan kekerabatan. Namun, jika ingin pasar lebih luas lagi, maka Anda bisa menggunakan marketplace yang banyak bertebaran saat ini.

Bahkan Anda bisa bergabung dan memulai jualan online dengan Marketplace ternama di negeri ini, tanpa dikenai biaya apapun alias gratis. Jadi tidak alasan lagi untuk mencoba karena Anda tidak akan dirugikan dalam hal apapun.

Namun untuk memulai berjualan, tentunya Anda juga harus memperhatikan banyak hal. Tidak serta merta Anda bisa meraup banyak keuntungan kemudian suskes tanpa usaha yang cukup. Ikuti tips berikut ini agar Anda bisa sukses jualan di Marketplace.

3 Faktor Yang Sangat Penting Dalam Jualan Online

Membuka Toko

Tips sukses yang pertama untuk jualan online adalah membuat nama dan logo toko. Buat nama dan logo yang unik serta kreatif sehingga sehingga orang lain bisa dengan mudah  mengenali toko Anda dan mudah diingat. Selain, jika kedua dipikirkan secara serius, bisa membuat Anda terlihat lebih profesional sehingga menambah kepercayaan para pelanggan.

Selanjutnya daftarkan toko online Anda di Marketplace, dengan melengkapi identitas toko, seperti deskripsi toko, link website, media sosial, jam operasional, dan lain sebagainya. Setelah toko terdaftar, itu artinya Anda sudah bisa memulai berjualan.

Pastikan juga setiap produk yang ditampilkan di toko Anda, sudah dengan keterangan deskripsinya. Mulai dari pilihan warna, stok, ukuran, material, dan yang lainnya. Tujuannya agar calon pelanggan bisa lebih mudah memahami produk yang ditawarkan tanpa harus bertanya kepada Anda terlebih dahulu.

Promosi

Tips berikutnya agar Anda bisa segera meraup keuntungan dengan jualan online adalah melakukan promosi. Promosi sangat penting dilakukan oleh siapapun. Dan banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengenalkan produk Anda ini.

Mulailah dengan promosi secara gratisan. Ini bisa dilakukan di status-status media sosial yang Anda miliki, juga di website yang telah Anda bangun. Lakukan secara rutin setiap hari agar orang lain mudah mengenali Anda sebagai online shopper.

Selanjutnya maksimalkan juga semua fitur yang ada di Marketplace tempat Anda membuka toko. Biasanya adaa banyak fitur yang dibuat Marketplace untuk para penjualnya, mulai dari yang gratisan hingga yang berbayar. Pelajari semua fitur tersebut untuk meningkatkan performa toko Anda.

Pelanggan

Berikutnya agar Anda tidak kehilangan pelanggan adalah dengan memberikan pelayanan yang terbaik. Balas setiap pertanyaan dengan cepat dengan sopan dan tamah. Pastikan Anda membalas setiap pertanyaan yang dikirim calon pelanggan dengan cepat atau fast respon.

Selain calon pelanggan senang mendapatkan jawaban yang cepat, persentase tokomu jugakan dinilai baik oleh Marketplace itu sendiri. Ini juga yang akhirnya membuat rating toko onlinemu semakin dilirik.

Pastikan juga untuk meminta review dari pelanggan yang telah berbelanja di toko Anda. Semakin banyak testimoni yang Anda miliki, semakin banyak pula pelanggan baru yang tertarik membeli produk di toko Anda.

Masih ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan agar jualan online semakin lancar, seperti jasa pengiriman, harga produk yang bersaing, hingga proses pengemasan produk itu sendiri. Biasanya pembeli sangat senang bila produk yang dibeli dikemas dengan sangat baik. Ada banyak trik pengemasan, seperti penggunaan bubble wrap dan yang lainnya.

Kemudian, setelah memerhatikan detail-detail tersebut di atas. Tips berikutnya agar jualan online semakin lancar adalah mengelola arus kas keuangan Anda. Jangan sampai jualan Anda laris manis namun pengelolaan keuangannya buruk, sehingga Anda tidak bisa menikmati kesuksesan dalam jangka waktu yang panjang.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda praktikkan untuk memulai jualan online di Marketplace. Saran lainnya, Anda juga bisa menentukan terlebih dahulu, Marketplace mana yang paling tepat dan sesuai dengan produk yang akan Anda pasarkan. Selebihnya, jangan berhenti berpromosi dan terus bersabar dengan berbagai proses yang harus Anda lalui.