Belum Dilirik Shin Tae-yong, Sandi Sute Akan Terus Berjuang Tembus Skuat Timnas

Posted on

Berita Liga 1 Indonesia: Menjadi salah satu pilar penting di lini tengah Persija Jakarta dalam tiga musim terakhir ternyata belum cukup untuk mengantarkan seorang Sandi Darma Sute menembus skuat timnas Indonesia. Terbaru, ia tak masuk dalam daftar 29 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta.

Sebanyak, 29 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong tersebut dipersiapkan untuk melakoni tiga pertandingan lanjutan pada babak Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 dan persiapan menuju Piala AFF 2020.

Sepanjang karir profesionalnya, Sandi Sute memang belum pernah mencatatkan penampilan bersama skuat Garuda. Hal itu tentu berbanding terbalik dengan apa yang berhasil ia raih bersama Persija Jakarta, tempatnya menjadi bagian penting atas keberhasilan Macan Kemayoran merengkuh trofi juara Liga 1 2018 silam.

“Saya pernah di timnas U-23 2014 bersama coach Aji Santoso. Kalau senior memang belum. Mungkin sekali lagi itu belum rezeki saya. Tidak mungkin saya memaksa kehendak, semuanya sudah ada yang mengatur termasuk masuk timnas,” ujar Sandi, seperti dilansir laman resmi Persija Jakarta.

Meskipun lini tengah Persija Jakarta musim ini dihuni beberapa nama-nama besar, seperti Marc Klok dan Evan Dimas, Sandi Sute tetap jadi bagian penting skuat Macan Kemayoran.

Tugasnya sebagai orang pertama yang menghentikan serangan lawan cukup vital untuk tim. Selain itu, permainan kerasnya tidak melulu merugikan Persija Jakarta. Beberapa kali pemain tim lawan terlihat kelabakan ketika dijaga ketat oleh Sandi.

Berangkat dari modal itu, ia mengaku terus berlatih keras untuk suatu saat nanti bisa menembus skuat timnas Indonesia. Namun demikian, ia menyerahkan keputusan akhir pada PSSI dan Shin Tae-yong. Ia sendiri tidak akan menyerah hingga ia bisa merasakan caps bersama Merah Putih di ajang internasional.

“Mungkin saat ini masih banyak yang lebih baik dari saya, dan itu pecutan buat saya juga untuk bisa lebih baik. Sekali lagi saya selalu berdoa dan berusaha keras di setiap latihan. Mudah-mudahan coach Shin bisa melirik saya ke depannya, rezeki untuk masuk ke timnas sekali lagi sudah ada yang mengatur,” tutupnya.

Artikel Tag: timnas Indonesia, persija jakarta, Shin Tae-Yong, Sandi Darma Sute