Bos Mercedes Ungkap Penyebab Valtteri Bottas Gagal Kejar Verstappen

Posted on

Berita F1: Bos Mercedes, Toto Wolff, menjelaskan bahwa penyebab Valtteri Bottas tak mampu mengejar Verstappen saat balapan di Portimao hampir berakhir karena terdapat masalah sensor mobil.

Valtteri Bottas memimpin balapan GP Portugal selepas start dari pole position. Namun sebelum balapan mencapai separuh dari total 66 lap, posisinya diambil alih oleh rekan setimnya di Mercedes, Lewis Hamilton.

Mobil yang dikemudikannya lalu tergelincir di belakang Max Verstappen. Jelang lap-lap akhir, Bottas mampu mengejar ketertinggalannya. Sayangnya, ia lalu kehilangan waktu lima detik dalam dua putaran dan gagal merebut posisi kedua dari Verstappen. Ia pun harus puas finis di urutan ketiga.

Bottas sempat melaporkan bahwa mobil W12 yang dikendarainya kehilangan tenaga ditengah balapan berlangsung. Bos Mercedes, Toto Wolff, mengungkapkan bahwa sensor yang rusak telah menjadi penyebab mobil Valtteri Bottas tak bertenaga dan memasuki safety mode.

“Itu sangat disayangkan, karena dia benar-benar mengejar Max, dan kemudian stabil pada 1,5 dan 1,6 detik, tapi dia kehilangan lebih banyak di akhir balapan,” kata Wolff seperti yang dikutip dari laman Motorsport.com.

“Kami melakukan perubahan sakelar, untuk mengganti sensor yang bekerja terlalu panas pada suhu knalpot, dan kami tidak dapat mengatasinya. Akibatnya, mesinnya masuk mode proteksi dan menghabiskan waktu lima detik,” tambahnya.

Walau disalip oleh Hamilton dan Verstappen, Wolff memuji penampilan Valtteri Bottas di GP Portugal.

“Jelas ketika Anda berada di depan, dan mobil di belakang Anda memiliki DRS, itu sangat sulit. Pada saat itu, Lewis membuka sedikit celah, dan menjauh. Tapi dia mengendalikan Max dengan baik,” ucap Wolff.

“Mesin (mobil Bottas) kemudian kehilangan tenaga, yang beralih ke safety mode,” imbuhnya.

“Jadi, secara keseluruhan, saya pikir itu bisa berhasil untuk Valtteri. Kami berusaha keras dan terus mendukungnya. Kami akan melihat apa yang mampu dia lakukan di Barcelona,” ungkap Wolff.

Meski gagal keluar sebagai pemenang balapan yang digelar di Sirkuit Algarve tersebut, Bottas memperoleh bonus poin usai mencatatkan lap tercepat saat balapan tersisa tiga lap.

Tambahan poin juga hampir didapatkan oleh Verstappen usai mencatatkan lap tercepat di Portimao. Namun sayangnya ia dianggap telah melaju melebihi batas lintasan dan catatan waktunya dihapus.

Artikel Tag: Valtteri Bottas, Mercedes, F1 2021, GP Portugal