Cara Aman Belanja HKT Secara Online

Posted on

Jakarta, genericmedmart.com – Pemerintah memberlakukan pengendalian International Mobile Equipment Identity (IMEI) untuk perangkat telekomunikasi jenis handphone, komputer genggam, dan komputer tablet (HKT) sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No 1 Tahun 2020 tentang Pengendalian Alat dan Perangkat Telekomunikasi yang Tersambung ke Jaringan Bergerak Seluler Melalui IMEI.

Akibat pemberlakun pengendalian IMEI itu, ponsel yang tak terdaftar secara otomatis akan dinonaktifkan dari layanan seluler. Karena Hanya perangkat legal alias bukan BM yang dapat sinyal untuk menerima layanan telekomunikasi di Tanah Air.

Ini perlu diperhatikan bagi konsumen yang memang ingin membeli HKT dalam waktu dekat, apalagi lewat online. Berikut tiga saran yang mungkin bisa menjadi bahan acuan Anda sebelum membeli :

Beli di Official Store

Ini sudah menjadi syarat mutlak apabila Anda ingin membeli gadget secara online, kini bayak brand yang memang sudah membuka official store-nya di berbagai platform dagang online. Karena sudah bisa dipastikan produk yang dijual jauh lebih terjamin dan aman tentunya, alias bukan barang illegal.

Pastikan Jauh Lebih Kritis

Apabila membeli produk diluar dari Official store, Anda perlu lebih kritis untuk menanyakan soal legalitas produknya, dan mungkin buat perjanjian dari awal jika produk tidak mendapat sinyal barang bisa ditukar misalnya, untuk menghindari resiko barang BM.

Manfaatkan dengan baik aturan bertransaksi di e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shoppee, Blibli dan lain-lain yang penjualnya adalah pihak ketiga, ada kebijakan kurun waktu tertentu untuk pembeli mengecek barang yang dibeli dan komplain sebelum otomatis transaksi dianggap selesai.

Atau untuk lebih meyakinkan begitu barang yang dipesan datang, Anda bisa mengecek IMEI perangkatnya di imei.kemenperin.go.id. untuk memastikan produk legal dan mendapatkan sinyal dan tentunya layanan dari operator.

Lalu apabila membeli HKT secara daring melalui barang kiriman atau membawa perangkat dari luar negeri melalui bandar udara dan pelabuhan, wajib mendeklarasikan, memenuhi kewajiban perpajakan dan dapat mendaftarkan IMEI perangkat melalui beacukai.go.id/register-imei.html atau melalui Aplikasi Mobile Beacukai yang dapat diunduh melalui Play Store. Aktivasi perangkat dengan sim card Indonesia bisa dilakukan maksimal 2 x 24 jam.

Jangan Mudah Tergiur Harga

Harga memang sangat sensitif, dan bisa membutakan kita selagi ingin membeli suatu barang. Tapi hati-hati istilah ‘Ada Harga Ada Kualitas’ untuk produk HKT sangat berpengaruh. Jadi pastikan Anda untuk survei harga sebelum membeli barang bekas atau baru. Sedikit mahal rasanya tidak masalah asalkan ponsel yang Anda beli jauh dari masalah.

Jika ada kendala Anda juga bisa menyampaikan keluhan layanan telekomunikasi, dengan menghubungi customer service operator telekomunikasi atau mengunjungi gerai layanan operator telekomunikasi.

Untuk hal yang berkaitan dengan kebijakan dan regulasi serta hal lain diluar kewenangan operator telekomunikasi terkait dengan pengendalian IMEI dapat menghubungi Call Center Kominfo 159.