Cara Mengatasi Hp Oppo Lemot Untuk Semua Tipe

Posted on

genericmedmart.com – Pada kesempatan kali ini, redaksi akan membahas mengenai cara mengatasi Hp Oppo lemot dan terasa lamban saat dioperasikan.

Mengapa kita secara spesifik membahas tips ini hanya untuk perangkat Oppo, hal ini dikarenakan banyaknya pengguna yang mengeluhkan jika Hp Oppo yang mereka gunakan semakin terasa lemot seiring dengan waktu pemakaian.

Karena seperti kita tahu, brand yang satu ini untuk pengguna di tanah air memiliki basis pengguna yang cukup banyak.

Spesifikasi yang lumayan terutama untuk sektor kamera membuat Oppo menjadi incaran para konsumen yang hobby foto.

Kembali ke pokok pembahasan, terkait masalah ponsel Oppo yang menjadi lamban, tidak berjalan lancar, atau memiliki respon yang lambat berikut akan dibahas bagaimana mengatasi masalah tersebut. Silahkan disimak.

Cara Mengatasi Hp Oppo Lemot

Untuk solusi yang kami sajikan pada pembahasan kali ini, mengutip langsung dari situs resmi Oppo dan merupakan solusi yang disarankan oleh pabrikan.

Untuk memperbaiki masalah yang sudah disebutkan di atas, ikuti beberapa metode berikut ini:

1. Hapus dan Reinstall Aplikasi

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menghapus dan memasang ulang aplikasi. Ini umumnya terjadi ketika aplikasi yang kalian pasang menyebabkan lag / lamban atau tidak berjalan lancar, dan lihat apakah masih bermasalah.

2. Tutup Aplikasi Latar Belakang yang Tidak Terpakai

Selanjutnya, adalah dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan untuk menghindari beberapa aplikasi berjalan di latar belakang.

Caranya, tekan Menu dan tutup semua aplikasi dengan satu kali tekan, atau menutup secara manual satu per satu.

3. Hapus Cache dan Lakukan Pemindaian Keamanan

Cache atau file sampah sementara merupakan salah satu faktor utama mengapa smartphone menjadi lambat, tak hanya di ponsel Oppo saja.

Sebaiknya, secara teratur kalian rutin membersihkan atau menghapus cache serta melakukan pemindaian atau scan virus untuk berjaga-jaga dana mengamankan ponsel Anda dan mengosongkan lebih banyak ruang penyimpanan.

Berikut rekomendasi untuk melapangkan ruang memori:

  • Silahkan hapus Foto, Musik, Pesan, Video atau file lain yang sudah tidak diperlukan lagi.
  • Masuk ke [Manajer Telepon] > [Ke Pengoptimalan] untuk optimasi. Anda juga bisa memilih [Optimal Sekali Sentuh] [Optimalkan] untuk membersihkan Data Memori dan cache untuk lebih banyak mengosongkan ruang penyimpanan ponsel Anda.
  • Untuk ColorOS 3.0: [Pusat Keamanan] > [Pindai Cepat] > [Pengoptimalan Satu Sentuhan]
  • Masuk ke [Manajer Telepon] > [Bersihkan Memori] > [Semua Data Cache Aplikasi] / [Semua Data Aplikasi] dan pilih data yang tidak dibutuhkan lagi, lalu pilih Hapus untuk membersihkan Data Memori dan cache untuk lebih banyak mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel Anda.
  • Untuk ColorOS 3.1 dan 3.2: [Manajer Telepon] > [Bersihkan & Percepat] > [Bersihkan]
  • Untuk ColorOS 3.0: [Pusat Keamanan] > [Bersihkan & Percepat] > [Bersihkan]

Di bagian bawah [Pusat Keamanan] atau [Manajer Ponsel], pilih [Pemindaian Virus] / [Pindai Virus] untuk memeriksa apakah ponsel Anda tidak terserang virus, plug-in atau program berbahaya.

4. Unduh dan Gunakan Aplikasi Resmi

Ingat, jangan sembarang menginstall aplikasi dari sumber yang tidak jelas. Pastikan kalian mengunduh aplikasi melalui aplikasi Google Play Store atau OPPO Store untuk menghindari kemungkinan terinfeksi malware.

5. Kurangi Penggunaan Widget

Kurangi penggunaan wallpaper gerak atau plug-in kecil dengan kemampuan penyegaran secara langsung. JANGAN menginstal aplikasi yang tidak asli atau mungkin berisi plug-in berbahaya.

6. Deteksi dan Perbarui ColorOS

Masuk ke [Pengaturan] > [Pembaruan Perangkat Lunak] untuk mendeteksi dan memperbarui ponsel anda ke perangkat lunak versi terbaru saat diminta. Hal ini akan menguntungkan ponsel Anda dari:

  • Meningkatkan stabilitas sistem
  • Mengoptimalkan kinerja sistem
  • Memperbaiki bug yang diketahui
  • Memperpanjang masa pakai baterai
  • Mengembangkan kompatibilitas dengan aplikasi pihak ketiga lainnya
  • Untuk ColorOS 3.0: [Setelan] > [Pembaruan Sistem]

7. Restart Ponsel Anda Secara Berkala

Restart ponsel OPPO Anda secara rutin, untuk dapat membersihkan cache dan mencegah bug pada aplikasi. Semuanya ditujukan untuk pengalaman penggunaan ponsel yang lebih nyaman.

Anda disarankan untuk me-restart ponsel Anda seminggu sekali untuk memastikan kinerjanya.

8. Metode Lain

Jika ponsel Anda lag ketika melihat video:

  • Ketika sedang sedang melihat video secara online: Periksa apakah jaringan Anda dalam kondisi yang baik.
  • Ketika memutar video offline: Gunakan pemutar video OPPO. Masuk ke [File] > [Video], pilih video yang ingin Anda putar.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi Hp Oppo lemot untuk semua tipe perangkat. Selamat mencoba.

(ikhsan)