Cari Tahu 10 Kelebihan dan kekurangan Nokia 5.3 Ini!

Posted on

HMD Global lagi-lagi kembali meluncurkan ponsel Nokia. Inilah Nokia 5.3, ponsel yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau serta unggul dari segi sistem operasinya. Hadir dengan harga Rp2.999.000,-, Nokia 5.3 harus bersaing dengan deretan HP 3 jutaan lain untuk menunjukkan bahwa merk Nokia ini terus mampu bertahan. Lantas apakah Nokia 5.3 menawarkan suatu hal yang unggul?

Untuk menjawabnya, Anda tentu harus menimbang baik dan buruknya dari ponsel ini. Anda pun jadi bisa memastikan apakah Nokia 5.3 mampu memberikan value for money yang baik. Nah, tanpa menunggu lebih lama lagi. simak kelebihan dan kekurangan Nokia 5.3 berikut ini ya!

Spesifikasi Nokia 5.3

  • Layar: IPS LCD, 6.55 inches
  • Chipset: Qualcomm SM6125 Snapdragon 665 (11 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 3/4/6 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Nokia 5.3

Nokia kini mencoba peruntungannya kembali dengan menghadirkan ponsel Android berkualitas seperti Nokia 5.3. Apakah HP ini layak menyandingkan nama Nokia yang sempat berjaya pada masanya? Simak kelebihan Nokia 5.3 berikut ini!

1. Memiliki Fitur NFC

nokia

* sumber: root-nation.com

Ada satu kelebihan yang umum menghiasi deretan ponsel Nokia, yakni fitur NFC. Ya, Anda bisa perhatikan kebanyakan HP rilisannya memang sudah dihadirkan dengan fitur berguna ini, termasuk Nokia 5.3.

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication yang bisa membuat ponsel mentransfer data dengan praktis antar perangkat. Kemudahan yang dihadirkan NFC juga cukup luas, yakni bisa dipakai mengecek saldo eToll atau kartu eMoney, serta dapat melakukan transaksi digital dengan mudah. Cukup menarik, mengingat kebanyakan ponsel pada rentang harga yang sama cukup abai terhadap fitur NFC ini.

2. Hadir dengan Android One

nokia 5.3

Variasi dari sistem operasi Android kini sudah bejibun jumlahnya, hal ini tergantung pada merk HP tersebut. Contohnya ada MIUI pada ponsel Xiaomi, ataupun ColorOS pada jajaran produk OPPO. Nah, untuk Nokia 5.3 sendiri, Anda dihadirkan dengan stock Android One yang sungguh otentik.

Soalnya, Android One tidak memiliki bloatware atau aplikasi-aplikasi bawaan yang umumnya hadir pada merk ponsel-ponsel lain. Aplikasi-aplikasi yang pre-installed ini biasanya tidak dapat dihapus, hanya bisa dinonaktifkan. Artinya, jumlah aplikasi yang banyak ini bisa memenuhi ruang pada memori internal. Apalagi kalau aplikasi tersebut jarang kita pakai, jadinya ya mubazir.

Terlebih lagi, Android One ini sungguh menjamin ponsel Anda untuk senantiasa mendapatkan security update terbaru serta dukungan software upgrade selama dua tahun.

3. Dukungan Memori Eksternal Slot Khusus

nokia 5.3 (3)

Apakah Anda memiliki microSD dari ponsel yang lama? Jangan dibiarkan mubazir, sisipkan microSDXC tersebut pada Nokia 5.3 yang sudah hadir dengan dukungan memori eksternal. Dengan begini Anda pun bisa leluasa memperluas kapasitas memori.

Nikmati ponsel yang fleksibel ini berkat kehadiran triple slot – Anda tidak perlu melepas kartu SIM kedua untuk memasangkan kartu microSDXC hingga 512 GB. Untuk apa memilih kalau bisa mendapatkan keduanya?

4. Hasil Kamera Cukup Layak

kamera nokia 5.3

Jika bicara soal resolusi kamera, Nokia 5.3 memang tidak akan memberikan kesan yang “wah”. Ponsel Nokia ini hanya dibekali dengan resolusi yang cukup sederhana, yakni lensa utama 13 MP, sensor ultra lebar 5 MP, serta dua lensa beresolusikan 2 MP. Kedua lensa ini memiliki fungsi sebagai sensor makro dan kedalaman.

Cukup terlihat generik, bukan? Tapi jangan biarkan hal ini mengecoh Anda. Sebab, walau tidak mampu menghadirkan hasil foto yang sangat memukau, performa dari kamera ini masih terbilang wajar pada kelas harganya. Berikut adalah beberapa contoh sampel dari kamera Nokia 5.3 sebagai bahan pertimbangan Anda.

hasil kamera nokia 5.3 (3)

Hasil kamera Nokia 5.3 pada malam hari. * sumber: www.techradar.com

hasil kamera nokia 5.3 (2)

Hasil kamera Nokia 5.3 (outdoor). * sumber: www.techradar.com

hasil kamera nokia 5.3

Hasil kamera Nokia 5.3 (outdoor). * sumber: root-nation.com

Hasil foto di atas menunjukkan bahwa kamera Nokia 5.3 masih dapat memberikan kualitas gambar yang bagus pada pencahayaan terang. Meski begitu, lensa makronya memang tidak mudah untuk diaktifkan karena butuh effort lebih jika ingin mendapatkan detil bagus pada foto close-up.

Kamera pada Nokia 5.3 juga memiliki fitur AI yang bisa mengenali skenario pemotretan serta menghadirkan fitur mode malam yang bisa menghasilkan exposure lebih banyak ketimbang mode biasa. Meski begitu, ponsel ini tidak begitu reliable saat pemotretan dalam gelap.

Kalau Anda menginginkan hasil foto yang cukup berkualitas pada pencahayaan terang, Nokia 5.3 ini sudah sangat layak untuk banderol harga yang dimilikinya.

5. Baterai Lumayan Awet

baterai nokia 5.3

Kini giliran aspek ketahanan baterai yang dibahas. Apakah Nokia 5.3 mampu bertahan dengan durasi yang panjang? Ponsel Nokia yang satu ini mengandalkan baterai tipe LiPo dengan kapasitas 4000 mAh.

Walau beberapa ponsel sudah dibekali dengan kapasitas 5.000 mAh, Nokia 5.3 tetap mampu menjaga HP agar tahan seharian. Bahkan situs resmi Nokia mengklaim kalau baterainya ini bisa awet hingga 2 hari pemakaian. Hal ini berkat dukungan fitur baterai adaptif yang mengandalkan AI untuk memfokuskan daya pada aplikasi yang paling sering digunakan saja.

Kendati demikian, ulasan dari TechRadar mengatakan bahwa Nokia 5.3 tidak akan bisa bertahan hingga hari kedua. Dengan catatan, ponsel telah dipakai untuk sesi permainan game berat ataupun aktivitas yang membutuhkan GPS. Ponsel Nokia 5.3 cukup unggul dipakai streaming film atau TV Series, tercatat bahwa ia dapat bertahan selama 7 hingga 8 jam untuk kegiatan streaming.

Ulasan lain dari Root-nation menyatakan bahwa jika dalam pemakaian normal, Nokia 5.3 masih mampu bertahan hingga 2 hari, dengan durasi screen-on time selama 7,5 jam.

6. Tampilan Desain Bodi Unik

desain bodi nokia 5.3

Apakah Anda bosan dengan tampilan desain belakang yang itu-itu saja? Kebanyakan ponsel menyusun kamera belakangnya secara vertikal. Kalau Anda ingin suatu hal yang berbeda, desain belakang Nokia 5.3 bisa jadi pertimbangan. Pasalnya, ponsel yang hadir dengan empat kamera ini menyusun lensa-lensanya dengan tata letak yang unik.

Terdapat modul lingkaran yang berada di tengah, dengan keempat lensanya yang disusun mengelilingi lampu flash. Tampilan yang simetris ini membuat Nokia 5.3 terlihat fresh dan aesthetic. Sementara itu, ponsel ini juga memiliki tiga varian warna yang cukup keren, yakni Cyan (biru), Sand (kuning pasir), dan Charcoal (hitam).

Kekurangan Nokia 5.3

Ponsel manapun harus mampu memenuhi ekspektasi pengguna dari harga yang ditawarkan, termasuk Nokia 5.3. Sayangnya terdapat beberapa kekurangan yang membuatnya terlihat tidak worth it. Berikut adalah beberapa poin kekurangan Nokia 5.3.

1. Performa Chipset Terasa Kurang

nokia 5.3 chipset

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen masa kini, sebuah ponsel sejatinya memerlukan performa chipset yang mumpuni. Untuk Nokia 5.3 sendiri, sayangnya Anda tidak dapat mengandalkannya untuk bermain game secara kompetitif. Terdapat chipset Snapdragon 665 yang mentenagai ponsel Nokia ini.

Chipset ini sebenarnya tidak termasuk jelek, namun untuk rentang harga di angka 3 jutaan, masih ada beberapa ponsel yang performanya lebih tangguh.

Dilansir dari PhoneArena, Nokia 5.3 meraih skor 312 pada pengujian benchmark single core menggunakan Geekbench 5. Sementara itu, pengujian multi-core-nya mampu meraih 1392.

Kalau dibandingkan dengan Redmi Note 9 Pro di kelas harga yang sama, performa Nokia 5.3 masih kalah saing. Redmi Note 9 Pro berhasil meraih skor yang jauh lebih tinggi pada kedua pengujian, yakni 569 untuk single-core dan 1793  untuk multi-core.

geekbench 5 multicore

Perbandingan Geekbench 5 multi-core. * sumber: www.phonearena.com

geekbench 5 single core

Perbandingan Geekbench 5 single core. *  sumber: www.phonearena.com

Walau Snapdragon 665 masih mampu menjalankan game berat dengan lancar, perbandingan benchmark di atas menunjukkan bahwa Anda masih bisa mendapatkan performa lebih tinggi dengan harga yang ditawarkan.

Hasil pengujian game yang dilansir dari Root-nation.com mengatakan Nokia 5.3 mampu mengangkat PUBG Mobile pada pengaturan balance dengan rata-rata frame rate di angka 26 FPS. Padahal, Redmi Note 9 varian regulernya sudah bisa menjalankan PUBG Mobile pada pengaturan HD tanpa kendala. Intinya, Nokia 5.3 memang tidak begitu dikhususkan untuk penggemar game.

2. Ukuran Memori Internal Kecil

Nokia 5.3

Memori internal menjadi pertimbangan yang cukup penting. Tanpa ditunjang memori internal yang besar, Anda pun tak akan mampu menginstal aplikasi dalam jumlah banyak. Nokia 5.3 yang hanya menghadirkan memori internal 64 GB sebenarnya tergolong sedikit untuk HP seharga 3 juta. Penyimpanan internal ini pun masih berjalan pada teknologi eMMC 5.1 yang memiliki kecepatan transfer yang kurang unggul.

Lain halnya jika bicara mengenai kapasitas RAM. Ponsel ini menghadirkan tiga varian kapasitas seperti 3 GB, 4 GB, dan 6 GB. Cukup terbilang memuaskan untuk harga yang ditawarkan. Meski begitu, Nokia 5.3 memang terbilang kalah saing dari sektor penyimpanan internal, mengingat berbagai ponsel 3 jutaan lainnya sudah banyak mengusung kapasitas hingga 128 GB.

3. Tidak Hadir dengan Layar OLED

layar nokia 5.3

Nokia 5.3 hadir dengan layar berukuran 6,55 inci yang mengusung desain poni tetesan air. Ukuran layar ini memang termasuk lega, tapi sayangnya belum memiliki panel AMOLED. Sehingga ketajaman dan kontras warna dari panel IPS LCD-nya ini terbilang kurang bagus.

Layar Nokia 5.3 memiliki resolusi 720 x 1600 piksel dan diklaim mampu meraih tingkatan typical brightness hingga 450 nits. Selain itu, ponsel ini dilindungi dengan lapisan kaca Corning Gorilla Glass 3.

Tidak hadirnya layar OLED pada ponsel ini cukup disayangkan. Padahal pengalaman menonton bisa lebih memuaskan kalau pakai layar OLED. Ditambah lagi, layar IPS LCD lebih banyak memakan daya dan tidak dapat menampilkan warna hitam yang sesungguhnya.

4. Durasi Pengecasan yang Lama

nokia 5.3 (4)

Di era yang serba perlu cepat seperti sekarang, banyak masyarakat yang tidak punya waktu banyak untuk mengecas ponsel di kala habis baterai. Nokia 5.3 tidak memiliki fitur fast charging dan hanya mengandalkan durasi pengecasan standar pada daya 10 W saja.

Root-nation.com pun menunjukkan bahwa dibutuhkan waktu setidaknya 2 jam untuk mengisi daya dari 12% hingga 95%. Kekurangan ini membuat HP Nokia 5.3 kalah bersaing dengan beberapa kompetitor yang sudah didukung fast charging 18 W.

Simpulan

Layak atau tidaknya Nokia 5.3 kini kembali lagi pada prioritas. Apakah Anda membutuhkan semua kelebihan yang mampu ditawarkan ponsel ini? Kalau Anda senang berfotografi pada siang hari atau senantiasa bergantung pada fitur NFC, Nokia 5.3 tentu pilihan yang cocok.

Tapi jangan berharap ponsel ini mampu ditekan untuk menghasilkan frame rate yang bagus saat bermain game berat, terutama pada grafis tinggi. Kesimpulannya, Nokia 5.3 masih terbilang ponsel yang cukup solid di harga 3 jutaan. Bagi Anda yang ingin membawa pulang HP ini, Anda bisa memesannya di sini. Jadi, sudah siap meminang HP Nokia yang hadir pada Maret 2020 ini?