Demba Ba Ternyata Pernah Nyaris Gabung Arsenal dari Chelsea

Posted on

Berita Sepak Bola: Demba Ba mengungkapkan bahwa dia hampir meninggalkan Chelsea dan bergabung dengan Arsenal pada musim panas 2013, tetapi Jose Mourinho memblokir langkah tersebut.

Ba mendarat di Stamford Bridge pada Januari 2013 setelah mengemas 29 gol untuk Newcastle United. Dia mencetak enam gol dalam 22 penampilan di bawah pemerintahan Rafael Benitez, tetapi kembalinya Mourinho sebagai manajer Chelsea musim panas itu tampaknya bukan pertanda baik bagi Ba. Kedatangan Samuel Eto’o dari Anzhi Makhachkala juga diperkirakan akan membatasi peluangnya.

Alhasil, Arsene Wenger mencoba untuk membawa penyerang internasional Senegal itu ke Arsenal sebagai pemain pinjaman, tetapi Mourinho tidak mengizinkan perpindahan tersebut karena dia tidak ingin rivalnya menjadi lebih kuat.

“Saya benar-benar dekat [untuk bergabung dengan Arsenal],” ungkap Ba kepada FourFourTwo. “Saya berada di rumah saya di Paris, sedang libur, ketika saya mendapat telepon dari Arsene Wenger — dia bertanya apakah saya akan kembali ke London untuk pengobatan.

“Saya bangun jam 9 pagi pada hari terakhir jendela transfer, naik kereta, sampai ke London, tetapi kemudian itu tidak pernah terjadi.

“Arsenal mendatangkan beberapa pemain pada hari yang sama [Mesut Ozil dan Emiliano Viviano] dan Mourinho memilih untuk memblokir kesepakatan, karena dia tidak ingin membantu membuat salah satu pesaing Chelsea lebih kuat.”

Ba sekarang memperkuat klub Turki, Istanbul Basaksehir, sejak 2019 lalu. Pemain berusia 35 tahun itu membantu klubnya menjuarai Liga Super Turki musim 2019-20, sekaligus yang pertama kalinya sepanjang sejarah mereka.

Artikel Tag: demba ba, Chelsea, Arsenal, Istanbul Basaksehir, Jose Mourinho