Detail Transfer Mkhitaryan Ke AS Roma

Posted on

Berita Transfer: Henrikh Mkhitaryan dikabarkan akan meninggalkan Arsenal dan bergabung dengan AS Roma dalam transfer permanen di musim panas, namun transfernya ternyata bukan transfer biasa melainkan pembatalan kontrak.

Pada Selasa (30/6), Roma mengumumkan bahwa mereka telah memperpanjang masa peminjaman Mkhitaryan sampai akhir musim ini. Mereka juga menambahkan bahwa mereka juga telah mencapai ‘kesepakatan awal’ untuk transfer Mkhitaryan musim depan.

Pernyataan tersebut kemudian menimbulkan spekulasi tentang apakah transfer tersebut adalah transfer permanen atau kembali memperpanjang masa pinjam Mkhitaryan.

Jurnalis olahraga Italia, Fabrizio Romano, melalui Twitter mengungkapkan bahwa transfer tersebut adalah transfer permanen, namun Roma nantinya tak perlu membayar biaya transfer pemain.

Menurut AFC Bell, insentif utama Arsenal dalam mengijinkan kepergian Mkhitaryan adalah karena mereka enggan membayar gajinya yang mahal. Jadi sekarang Roma harus membayar penuh gaji Mkhitaryan yang sebesar 8.5 juta pound, dan Arsenal juga akan menghemat 2.5 juta pound dari bonus loyalti.

Sebagai tambahan, Mkhitaryan dan agennya akan membayar biasa kompensasi pada Arsenal sebesar sekitar 1 juta pound untuk membatalkan kontrak tahun terakhirnya dengan klub. Jadi totalnya Arsenal menghemat sekitar 12-13 juta pound.

Idealnya klub meminta biaya transfer saat mereka menjual pemain, dan bukannya meminta uang dari pembatalan kontrak. Namun nampaknya Arsenal hanya bisa melakukan itu untuk menghindari membayar gaji tinggi Mkhitaryan.

Sedang jurnalis olahraga lainnya, James Benge, mengatakan bahwa negosiasi masih belum selesai, dan kemungkinan kita baru akan mendengar pernyataan resmi dari klub dalam beberapa hari kedepan.

Artikel Tag: Arsenal, Roma, Henrikh Mkhitaryan