FIM Curigai Quartararo Lakukan Pelanggaran Uji Coba

Posted on

Berita MotoGP: Fabio Quartararo kini jadi salah satu rider yang tengah diselidiki Federasi Motosport Internasional (FIM) soal kemungkinan pelanggaran aturan pengujian motor menjelang balapan MotoGP.

Sebuah pernyataan dari FIM menyebut bahwa dicurigai beberapa pebalap telah menggunakan mesin yang dianggap terlalu mirip dengan mesin motor untuk dipergunakan pada balapan MotoGP.

Sebagaimana dilaporkan Crash.net, dengar pendapat untuk rider yang kemungkinan dicurigai telah melanggar aturan harus dijadwalkan dilakukan di Sirkuit Jerez, Spanyol agar FIM bisa melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Seri balap GP Spanyol pada 17-19 Juli bakal jadi seri balap pembuka MotoGP 2020. Sebelumnya, akan dilakukan uji coba pada 15 Juli.

Kini muncul pertanyaan soal spesifikasi dan status pemberitahuan sebelumnya untuk motor R1 yang baru-baru ini digunakan oleh rider Yamaha, Fabio Quartararo.

Direktur Teknis MotoGP, Danny Aldridge mengungkapkan bahwa siapa pun yang berencana untuk berpartisipasi dalam latihan di sirkuit tarmac harus meminta persetujuan terlebih dahulu.

Persetujuan ini meliputi spesifikas motor yang akan mereka gunakan, terutama perubahan standar motor demi menghindari risiko melanggar peraturan secara tak sengaja.

Hal itu diketahui lewat unggahan tim Tech3 dan Quartararo di Instagram. Pada musim-musim sebelumnya, jika ada rider diketahui melakukan uji coba tidak resmi, biasanya pebalap mendapat hukuman tidak bisa berpartisipasi pada sesi latihan Jumat.

Kesempatan latihan diberikan kepada pebalap yang melakukan pengujian secara ilegal dengan motor grand prix atau menggunakan motor dua minggu sebelum seri balap MotoGP di sirkuit yang bakal digunakan.

Sementara Tim Petronas Yamaha tidak akan mengomentari spekulasi tentang motor R1. Mereka hanya mengatakan bahwa dengan mengunggah semua sesi latihan di sosial media menunjukkan bahwa mereka enggan menyembunyikan apa pun.

Artikel Tag: Fabio Quartararo, motogp 2020