Google Hangouts Bakal Ditutup, Pindah ke Google Chat

Posted on

genericmedmart com – Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Google mengkonfirmasi jika salah satu produk layanan mereka Google Hangouts bakal berhenti beroperasi, baik website maupuan aplikasinya.

Kendati demikian, pihak Google  menyarankan untuk para pengguna Hangouts untuk migrasi kelayanan lain, dimana sudah disiapkan layanan Google Chat sebagai penggantinya.

Pihak Google sendiri akan memberikan bantuan dan menyiapkan para pengguna Hangout untuk memindahkan semua percakapan, kontak, dan riwayat tersimpan sebelumnya ke layanan baru Google Chat.

Penutupan layanan Google Hangouts ini sesuai dengan rencana pihak perusahaan yang menjadwalkan akan menutup layanan ini pada 2019 lalu, ketika menghentikan dukungan Hangout untuk pelanggan G Suite dan mengisyaratkan bahwa dukungan untuk pengguna individu akan mengikuti pada 2020.

Melansir dari laman CNET, pihak Google memberikan pengumuman resmi terkait penutupan layanan ini “Mulai paruh pertama 2021, semua orang dapat mulai meningkatkan dari Hangout ke Chat. Untuk memastikan kelancaran transisi, kami akan membantu memigrasi percakapan Hangout pengguna secara otomatis, bersama kontak dan riwayat yang disimpan,” tulis pihak Google.

Google Chat memang memberikan beberapa keuntungan dibanding Hangout. Chat memungkinkan pengguna mengirim pesan ke kotak masuk serta menggunakan reaksi emoji dan balasan yang disarankan.

Selain itu, pihak Google juga dikabarkan akan berencana untuk mengakhiri dukungan Fi di Google Hangouts awal tahun depan.

Perusahaan merekomendasikan pengguna Fi untuk beralih ke aplikasi Message untuk SMS dan panggilan suara ke depannya.

“Pengguna Fi akan dapat melakukan panggilan suara dan memeriksa pesan suara dari Message untuk web, mengelola percakapan dari Message di seluruh perangkat, dan dan memigrasikan percakapan Hangouts mereka yang ada. Mulai bulan ini, kami akan memberikan panduan tentang perubahan tadi, dan mengarahkan pengguna Hangouts Fi ke Message atau aplikasi SMS default di ponsel mereka,” tambah Google.

Sekedar informasi bagi yang belum tahu, Google Hangouts sendiri adalah sebuah layanan dari Google untuk komunikasi yang mencakup instant messaging, video chat, SMS, dan fitur VOIP.

Hangouts sendiri memungkinkan percakapan antara dua atau lebih pengguna. Layanan ini dapat diakses online melalui situs web Gmail atau Google+ atau melalui aplikasi seluler yang tersedia untuk Android dan iOS.

Editor   : Andra
Penulis : Firdhia Azzahra