Hamilton Apresiasi Langkah Mercedes Yang Rela Ubah Warna Livery Demi Perangi Isu Rasisme

Posted on

Berita F1 : Mercedes baru-baru ini telah resmi merilis mobil terbaru mereka untuk musim 2020. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang selalu khas dengan warna silver, Mercedes kali mengusung warna hitam pekat.

Usut punya usut, manajemen Mercedes mengganti warna mobil mereka sebagai bentuk dukungan terhadap pergerakan anti-rasisme. Apalagi, Hamilton sebagai pebalap mereka juga pernah terkena dampak dari isu rasisme tersebut. Hamilton kerap diejek hingga dibully dengan kata-kata tidak pantas mengingat warna kulitnya yang hitam padahal berasal dari negara Inggris.

Hamilton sendiri senang karena manajemen tim benar-benar mendengarkan keluh kesahnya selama ini. Mereka turut mendukung pergerakan anti-rasisme walaupun hanya sepele (mengganti warna mobil). Hamilton lantas berharap tindakan-tindakan kecil seperti ini bisa ditiru tim-tim lain supaya menunjukkan dukungan kepada mereka yang selalu didiskriminasi oleh kaum mayoritas.

“Saya ingin berterima kasih sebesar-besarnya kepada Toto Wolff dan Mercedes karena sudah mendengarkan dan memahami pengalaman saya menjadi korban rasisme, juga sudah mewujudkan pernyataan penting ini,” ucap Hamilton saat diwawancara oleh media setempat.

“Kami ingin membangun warisan yang melebihi F1. Jika kami bisa menjadi pemimpin perubahan dan mulai membentuk keragaman di dalam tim, itu akan mengirimkan pesan yang kuat,” tukasnya sekali lagi.

Olahraga memang kerap menjadi sarana untuk menyatukan orang banyak. Tidak hanya kompetisi F1, pada kompetisi Liga Champions (sepak bola) saja, terdapat satu kata-kata yang selalu dikumandangkan yakni ‘say no to racism’.

Artikel Tag: Formula One 2020, Mercedes AMG, Lewis Hamilton