Hamilton Kecewa dengan Pernyataan Ecclestone tentang Rasisme

Posted on

Berita F1: Juara bertahan Formula 1 (F1), Lewis Hamilton mengaku sangat kecewa dengan komentar mantan supremo F1, Bernie Ecclestone tentang rasisme.

“Menyedihkan dan mengecewakan membaca komentar (Ecclestone) ini. Bernie sudah keluar dari olahraga (F1) dan (ia berasal dari) generasi berbeda tetapi ini benar-benar salah – komentar-komentar bodoh dan tak berpendidikan yang menunjukkan seberapa jauh kita sebagai masyarakat perlu bergerak sebelum kesetaran yang nyata terjadi,” kata Hamilton sebagaimana dipetik dari The Guardian.

“Jika seseorang yang menjalankan olahraga selama beberapa dekade memiliki semacam kurangnya pemahaman terhadap isu yang mendalam-mengakar yang bagi kami warga kulit hitam hadapi setiap hari, bagaimana kita semua bisa mengharapkan orang yang bekerja di bawahnya bisa mengerti. Itu dimulai dari paling atas.”

Sebelumnya, dalam wawancara dengan CNN, Ecclestone mengatakan bahwa tidak ada orang yang terganggu dengan Rasisme sebelum isu Black Lives Matter mencuat. Pria asal Inggris berusia 89 tahun yang memimpin F1 mulai dari akhir 1970-an hingga 2017 tersebut bahkan mengatakan bahwa warga kulit hitam seringkali lebih rasis dari kulit putih.

“Seseorang yang tidak sama seperti orang kulit putih dan kulit hitam harus berpikir hal yang sama tentang kulit putih. Dalam banyak kasus, orang-orang kulit hitam lebih rasi ketimbang orang kulit putih,” kata Ecclestone.

Sementara itu, institusi F1 yang kini dipimpin oleh Chase Carey, mengambil jarak dengan pendapat Ecclestone. Mereka justru bersepakat dengan sikap yang ditunjukkan Hamilton.

“Di masa ketika persatuan dibutuhkan untuk menekel Rasisme dan ketidaksetaraan, kami tak setuju sepenuhnya dengan komentar-komentar Bernie Ecclestone yang tidak mendapat tempat di Formula One dan masyarakat,” kata F1 dalam pernyataannya

Artikel Tag: Lewis Hamilton, Bernie Ecclestone, Rasisme