Harga Sama, Ini Perbedaan Realme C11 dan Realme C3

Posted on

Jakarta, genericmedmart.com – Realme baru saja menghadirkan perangkat penerus realme C2 yaitu C11. Dari sisi spesifikasi, C11 merupakan lompatan yang cukup jauh bagi C2. Namun, sebenarnya C11 membawa spesifikasi yang hampir serupa dengan realme C3. Di antara, realme C11 dan C3 memiliki sedikit perbedaan saja.

Sangat menarik jika kedua perangkat tersebut disandingkan. Hal ini karena realme C11 dan C3, sama-sama mengungguli baterai besar senilai 5.000 mAh. Lantas apa perbedaan diantara kedua perangkat itu?

Yuk simak ulasan berikut ini

Perbedaan Realme C11 dan Realme C3

Desain

Sudah seharusnya, setiap ponsel memiliki ciri khasnya masing-masing, termasuk bagi Realme C11 dan C3. Realme mengemas keduanya dengan desain berbeda. Inspirasi desain warna-warna baru Blazing Red dan Frozen Blue realme C3 hadir dari lava panas dan gletser dingin. Tekstur optik yang sangat indah diimplementasikan pada cetakan plastik dilakukan dengan menggabungkan teknologi polishing, ukiran radium dan sandblasting.

Desain realme C11 berbeda dari seri C sebelumnya dan mampu memberikan kesan premium di kelasnya. Realme C11 mengadopsi elemen desain baru dan mengambil inspirasi dari lukisan geometris Piet Cornelies Mondrian, seorang ahli seni lukis abstrak. Sebuah pita membentang di bagian belakang dari atas ke bawah, menyambungkan modul kamera dengan logo realme tebal untuk membuat desain lebih ikonik dan seimbang.

Modul kamera juga dirancang berbentuk kotak yang populer baru-baru ini di produk segmen menengah ke atas. Memiliki dua lensa kamera dan lampu senter yang terletak di bagian tepi menjadikan penutup belakang lebih premium dan trendi.

Kamera Utama

Realme C11 menjadi perangkat entry-level pertama yang mengadopsi Super Night Camera. kekuatan lensa utamanya disokong oleh 13 Megapiksel serta 2 Megapiksel. Algoritma Mode Nightscape akan mengambil beberapa foto dalam eksposur yang berbeda, kemudian menggabungkannya menjadi satu foto tunggal dengan mengambil bagian terbaik di setiap foto.

Sedangkan, Realme C3 hadir dengan jumlah lensa kamera lebih banyak, yakni Triple Camera yang berkekuatan 12 Megapiksel, dan dua lensa berukuran 2 Megapiksel. Konfigurasi kamera tersebut dapat melakukan zoom hingga 4X dan mendukung autofokus PDAF.

Chipset

Realme mengandalkan chipset besutan MediaTek untuk kedua perangkat. Khusus realme C11, bertenaga Helio G35. Helio G35 diproses dengan fabrikasi 12nm yang mampu mencapai clock speed 2.3 GHz, dan mengadopsi struktur Cortex A53, menjadikannya salah satu yang tercepat dan terbaru dalam kategorinya.

Sedangkan, realme C3 mengandalkan prosesor MediaTek Helio G70 yang memiliki MediaTek Gaming Technology untuk mengoptimalkan latensi jaringan. Helio G70 juga dibangun dari fabrikasi 12nm octa-core yang memiliki kecepatan hingga 2.0 GHz.

Baca juga: Dijual Rp1 Jutaan, Ini Spesifikasi Unggul Realme C11

Kapasitas RAM

Walau berbeda tipis, Realme C11 hadir dengan opsi RAM lebih beragam, yakni varian memori 2GB/32GB dan 3GB/32GB. Sedangkan, Realme C3 hanya tersedia dalam satu opsi RAM, yakni 3GB/32GB.

Di samping itu, kedua perangkat Realme tersebut ditunjang oleh RAM LPDDR4X. Dibandingkan dengan LPDDR3, kinerja grafis LPDDR4X ditingkatkan sebesar 20% dan kinerja RAM sebesar 100%. Realme C11 dan C3 juga memiliki slot 3-kartu untuk dua kartu SIM dan satu kartu SD hingga 256GB.

Harga

 

Saat awal peluncuran, harga Realme C3 berbanderol Rp1.699 juta (3GB/32GB), serupa dengan harga Realme C11 yakni Rp1.699 juta untuk kapasitas yang sama. Sementara, opsi RAM terendahnya, berbanderol lebih murah, yaitu Rp1.599.000.

Usai menyimak perbedaan Realme C11 dan C3, sudahkah memutuskan akan membeli yang mana?

Perlu dicatat, kedua perangkat realme diatas bisa menjadi salah satu smartphone Kalian. Semuanya tergantung dengan kebutuhan akan smartphone masing-masing. Misalnya, C3 yang memiliki triple camera, cocok bagi Kalian yang hobi fotografi, meski C11 tidak kalah menarik dengan opsi Super Night Camera. Di sisi lain, C11 juga menampilkan desain terkini, sangat stylish ciri khas anak muda. Soal harga, keduanya menawarkan banderol yang sama, hanya saja C11 memiliki opsi bagi Kalian yang memang punya budget terbatas dengan opsi RAM rendah.