Hore, Telkom Group Akan Buka Blokir Netflix Bulan Ini

Posted on

genericmedmart.com – Kabar gembira untuk Anda yang hobi nonton streaming video di platform Netfilix. Kabar terbaru menyebut jika Telkom Group akan segera membuka blokir Netflix pada bulan ini.

Mengutip dari laman Liputan6,  pengguna jaringan Telkom Group termasuk untuk pengguna provider Telkomsel sudah bisa mengakses Netflix pada Juli 2020 di jaringan mereka tanpa menggunakan VPN lagi.

“Kalau tidak ada aral melintang, blokir Netflix akan dibuka pada Juli ini,” jelas sumber dari internal Telkom Group seperti di kutip Liputan6.com, Rabu (1/7/2020).

Selain itu, dalam pernyataan sumber  internal tersebut juga mengatakan bahwa beredarnya laporan yang menyebutkan pemblokiran akan dibuka pada pekan ini sebetulnya ini belum bisa dipastikan.

“Info yang beredar agak kurang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ungkap sumber internal Telkom tersebut.

Kendati demikian, angin segar mengenai rencana pembukaan blokir oleh pihak Telkom Group ini juga sudah dilontarkan oleh Direktur Utama Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah.

Dalam pernytaannya, Ririek mengatakan bahwa pembukaan akses streaming Netflix pada jaringan milik Telkom Group tetap mempertimbangkan apakah Netflix mau memenuhi regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah.

Mengutip pernyataanya dalam laman Liputan6, Ririek mengatakan “Kalau mereka mau mengubah agar lebih comply dengan regulasi, terutama mengenai content dan take down policy”,

“dan juga mau lebih memberdayakan produsen konten lokal, maka kami siap untuk membuka Netflix di Indihome maupun Telkomsel,” jelas Ririek.

Lebih lanjut Ririek menjelaskan, bahwa terkait dengan keinginan Telkom Group agar Netflix mau mematuhi regulasi take down dan pemberdayaan produsen konten lokal, Ririek mengatakan, sudah ada kemajuan ke arah itu.

“Sudah ada progress ke arah situ. Kami hanya perlu mencari titik temunya,” ujar Ririek.

Sebelumnya juga sudah beredar informasi bahwa pihak Telkom akan segera membuka akses untuk streaming di layanan Netflix.

Melansir dari laman Kompas, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro sempat mengungkapkan rencana pembukaan blokir layanan Netflix oleh Telkom Group

Ada beberapa alasan yang akhirnya membuat Telkom Group melunak untuk membuka blokir Netflix. Salah satunya adalah adanya fitur parental control atau kontrol orangtua di layanan Netflix.

Dengan fitur ini, orangtua atau pengguna lain bisa menggunakan PIN untuk mengunci profil dan filter konten. Fasilitas kunci PIN bisa dipakai untuk mengamankan profil agar tidak bisa diakses oleh orang lain pengguna akun yang sama, misalnya supaya profil orangtua tidak bisa dibuka oleh anak.

“Kami lihat Netflix sudah berubah, ada parental control, banyak bekerja sama dengan produsen konten lokal, ada takedown policy yang lebih baik dari dulu, sehingga kami sedang dalam proses bicara serius dengan Netflix menuju ke sana (pembukaan blokir),” jelas Dirut Telkomsel seperti dikutip dari laman Kompas.

Oleh karena itu, kita tunggu saja kabar pasti mengenai pembukaan blokir akses Netflix ini, apakah hanya sekedar wacana atau benar-benar akan jadi kenyataan.

(azzahra)