Hp Vivo Lemot: Penyebab dan Cara Mengatasainya

Posted on

genericmedmart com – Jika kalian adalah pengguna smartphone merk Vivo, setelah beberapa lama penggunaan pasti akan mengalami kejadian Hp Vivo lemot dan terasa berat saat dioperasikan.

Meski sebenarnya hal seperti ini adalah hal yang lumrah, namun tetap harus segera dilakukan penanganan agar pengalaman menggunakan smartphone ini tetap nyaman.

Secara umum, penyebab mengapa Hp Vivo lemot dikarenakan kapasitas RAM perangkat yang sudah mulai sesak oleh file sampah dari berbagai aplikasi yang terinstall di perangkat yang kalian gunakan.

Ditambah lagi, jika perangkat kalian merupakan perangkat dengan kapasitas RAM yang kecil, mislanya hanya berkapasitas 2/3GB saja dipastikan perangkat kalian akan ngos-ngosan ketika menjalankan aplikasi yang lumayan berat.

Beberapa Penyebebab Hp Vivo Lemot

Sebelum kita beranjak pada bagaimana acara mengatasi smartphone Vivo yang terasa lambat saat dioperasikan, sebaiknya kita ketahui lebih dahulu apa yang jadi penyebabnya.

Berikut ini adalah beberapa penyebeb mengapa Hp merk Vivo kalian terasa lambat:

  1. Penyebab pertama yang umum terjadi dikarenakan media penyimpanan sudah full atau habis karena terlalu banyaknya aplikasi, game, foto, video maupun file lainnya yang tersimpan di dalam memori internal perangkat.
  2. Terlalu banyak file cache, junk file atau file sampah pada perangkat
  3. Ada beberapa aplikasi yang berjalan di background atau belakang sistem.
  4. Kemungkinan adanya bug pada sistem operasi atau software yang digunakan pada hp Vivo yang kalian gunkan
  5. Software atau OS yang kain gunakan belum diupdate ke versi yang terbaru
  6. Penggunaan perangkat dalam jangka waktu lama, sehingga menyebabkan panas berlebih yang   mengakibatkan frame drop.

Nah, setelah kalian mengetahui biang kerok mengapa Hp Vivo milik kalian menjadi lemot saat do gunakan sekarang kita beralih ke tips bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut.

Silahkan disimak baik-baik.

Cara Mengatasi Hp Vivo yang Lemot Dengan IMANAGER

Untuk cara mengatasi masalah yang kalian hadapi, berikut adalah beberapa  langkah yang sebaiknya kalian lakukan agar performa smartphone kesayangan kalian tersebut kembali normal.

Banyak pengguna smartphone Vivo yang tidak sadar jika sebenarnya perangkat yang mereka gunakan sedah dilengkapi dengan fitur untuk mengatasi permasalahan seperti ini.

Fitur yang dimaksud adalah fitur bawaan pabrikan Vivo yang bernama IMANAGER. Dimana kegunaan fitur pada aplikasi tersebut yakni untuk mengoptimalkan kembali performa smartphone hanya dengan satu kali klik saja.

Untuk menjalankan aplikasi IMANAGER ini dan mengoptimalkan performa smasrtphone Vivo yang sudah mulai lemot juga cukup mudah.

Cukup dengan membuka aplikasnya, lal nantinya aplikasi akan secara otomatis melakukan scaning atau pemindaian pada perangkat.

Jika angka pada aplikasi sudha menunjukan 100, silahkan klik pada tombol “Lanjutkan Pengoptimalan”. Nantinya sistem pada Hp Vivo akan bekerja secara otomatis membuang semua file sampah yang tidak digunakan.

Dengan cara sederhana seperti ini, dijamin performa smartphone Vivo kalian akan membaik seperti semula.

Kendati demikian, untuk lebih mengoptimalkan lagi kinerja perangkat selain menggunakan aplikasi IMANAGER bawaan pabrikan, lakukan pula langkah-langkah berikut untuk memperoleh hasil yang makasimal:

  • Silahkan hapus, file (foto,video,dokumen) yang tidak penting.
  • Hapus juga aplikasi-aplikais yang tidak pernah digunakan.
  • Pastikan, kalian menonaktifkan aplikasi yang berjalan di background.
  • Hanya gunakan notifikasi yang penting saja, misal chat, sms. Selebihnya matikan notifikasi dari aplikasi yang jarang digunakan.
  • Lakukan update pada aplikasi jika sudag tersedia versi terbaru. Begitu juga dengan OS yang digunakan. Jika sudag muncul pemberitahuan untuk update segera lakukan.
  • Nonaktifkan fitur Auto Sync.
  • Istirahatkan smartphone. Layaknya manusia smartphone juga butuh istirahat. Ini berfungsi untuk enjaga agar smartphoen yang klain gunakan tidak bekerja terlalu ekstra.
  • Jangan gunakan smartphone sambil di charge.

Demikian informas mengenai penyebab dan cara mengatasi Hp Vivo lemot. Cara diatas sebenarnya sudah cukup efektif untuk mengatsi permasalahan tersebut.

Namun, jika masalah tak tereselaisaikan dengan cara diatas maka langkah terakhir yang bisa kalian lakukan alah dengan melakukan pengaturan ulang pabrik atau dikenal dengan istilah Factory Reset.

Namun sebelumnya, pastikan bahwa kalian telah mencadangkan atau membackup terlebih dahulu semua data penting kalian. Selamat mencoba dan semoga berhasil.