Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Apple iPhone 12 Pro Max

Posted on

Kalau ingin mengetahui seberapa jauh teknologi kita berkembang, lihat saja dari varian tertinggi seri iPhone. Nah, pada bulan November, Apple meluncurkan iPhone 12 Pro Max yang merupakan varian paling mutakhir di serangkaian seri iPhone 12. Ponsel ini benar-benar memberikan beberapa inovasi yang membuatnya selangkah lebih maju dari ponsel-ponsel tercanggih lainnya.

Jika ingin melakukan pengamatan lebih dalam pada iPhone 12 Pro Max, kami pun telah menyajikan beberapa poin kelebihan dan kekurangannya. Seperti apa ya kira-kira keunggulan unik yang ditawarkannya? Cari tahu berikut ini.

Spesifikasi Apple iPhone 12 Pro Max

  • Rilis: November 2020
  • Layar: Super Retina XDR OLED, 6,7 inci
  • Chipset: Apple A14 Bionic (5 nm)
  • CPU: Hexa-core
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB, 512 GB
  • Memori Eksternal: 
  • Kamera Belakang: 12 MP + 12 MP + 12 MP + ToF 3D LiDAR Scanner
  • Kamera Depan: 12 MP + SL 3D
  • Baterai: Li-Ion 3.687 mAh

Kelebihan Apple iPhone 12 Pro Max

Di versi iPhone 12 tercanggih ini, ada beberapa keunggulan yang sungguh dinantikan oleh para fans. Apa saja? Ketahui poin-poin berikut ini.

1. Layar OLED Paling Lebar

iphone 12 pro desain premium

Seperti yang mungkin bisa ditebak, layar pada iPhone 12 Pro Max tentu menghadirkan ukuran paling besar di antara para saudaranya. Hal ini dikarenakan memang Pro Max merupakan varian yang tertinggi, mengusung panel layar Super Retina XDR OLED dengan ukuran 6,7 inci sehingga hampir menyerupai tablet.

Sebagai perbandingan, iPhone 12 Pro Max ini layarnya lebih lebar dari iPhone 12 Pro dengan ukuran 6,1 inci, selisihnya mencapai 0,6 inci di antara keduanya. Sebuah lompatan yang cukup signifikan, bukan?

Tidak hanya ukurannya yang lebih besar, resolusinya pun lebih tinggi di ukuran 1284 x 2778 piksel dengan kerapatan piksel 458 ppi. Seperti varian Pro, layar perangkat canggih ini juga bisa mencapai tingkat kecerahan maksimal hingga 1200 nits dan sudah mendukung tampilan layar Dolby Vision.

Ini adalah kualitas layar yang sangat terang dan tajam, ditambah lagi ukurannya yang paling besar semakin membuatnya layak dipakai main game sekalipun berada di bawah terik matahari.

2. Ketahanan Baterai Paling Awet

iphone 12 pro max baterai

* sumber: www.cnet.com

Karena merupakan versi tertinggi, iPhone 12 Pro Max rasanya keterlaluan kalau tidak memberikan durasi pemakaian yang lebih unggul dibandingkan versi lainnya.

Tenang saja, keinginan Anda terkabul. Menurut informasi yang dilansir dari GSM Arena, iPhone 12 Pro Max ini mengantongi kapasitas baterai tipe Li-Ion sebesar 3687 mAh sedangkan iPhone 12 Pro hanya di angka 2815 mAh.

Alhasil, durasi pemakaiannya tentu saja meningkat. Apple mengklaim kalau iPhone 12 Pro Max punya daya tahan saat dipakai multimedia selama 20 jam dan pemutaran musik 80 jam. Lebih lama kalau dibandingkan dengan iPhone 12 Pro yang hanya 17 dan 25 jam, respectively.

3. Performa Chipset Terbaik di Industri Smartphone

iphone 12 chipset

Ada setidaknya satu kesamaan yang dimiliki oleh seluruh seri iPhone 12, yakni jenis chipset yang digunakannya. Termasuk pada iPhone 12 Pro Max, perangkat ini juga menghadirkan sebuah peningkatan dari chipset yang digunakan pada generasi pendahulunya.

Apple A14 Bionic dinilai menjadi chipset yang layak disebut peningkatan dari Apple A13 Bionic, terdiri dari 11,8 miliar transistor yang menghasilkan performa paling gahar di industri. Apple sendiri mengklaim kalau chipset ini menghadirkan CPU dan GPU 50% lebih kencang dibandingkan ponsel lainnya. Juga, ini adalah chipset pertama yang dibuat menggunakan manufaktur 5 nm di dunia.

Chipset Apple A14 Bionic ini pun tidak hanya dinilai unggul dari segi kecepatan performanya saja, tapi juga menawarkan kemampuan efisiensi daya yang meningkat sehingga baterai pun bisa bertahan lebih lama.

4. Punya Varian Warna Lebih Mewah

iphone 12 pro minim pennigkatan dari reguler

Apple tentunya ingin mengapresiasi konsumen yang rela mengeluarkan biaya lebih untuk membeli varian Pro Max. Mengingat fans Apple senang dengan status sosial yang lebih tinggi, Apple pun memberikan varian warna yang lebih mewah yang sekaligus bisa jadi pembeda antara pemilik ponsel ini dengan pemilik varian reguler dan Mini.

Terdapat setidaknya empat warna yang bisa Anda pilih, antara lain Silver (perak), Graphite (abu-abu), Pacific Blue (biru tua) dan juga Gold (emas). Masing-masing warnanya dibuat dengan sangat premium dan berkelas, berbeda dengan tampilan iPhone 12 dan Mini yang pemilihan warna bodinya terlihat lebih kasual.

Selain penampilan, ketahanan bodi juga aspek yang tidak kalah pentingnya yang harus difokuskan. iPhone 12 Pro Max dibangun dengan bahan stainless steel yang setara dengan alat-alat medis di rumah sakit, alias surgical grade. Ini merupakan jenis stainless steel paling mahal, dan mempunyai ketahanan terhadap korosi paling kuat.

Di sisi lain, terdapat juga sertifikasi IP68 yang bisa menahan ponsel dari serangan air dan debu, setidaknya bisa bertahan pada genangan sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

5. LiDAR Scanner

iphone 12 pro lidar

Apakah Anda penggemar game Augmented Reality? Pasti akan menyukai kelebihan iPhone 12 Pro Max yang satu ini. Pasalnya, ada lensa LiDAR alias Light Detection and Ranging sensor yang bisa meningkatkan kemampuan AR agar lebih interaktif lagi, mengikuti medan di dunia nyata.

Misalnya, kalau sebelumnya objek hanya ditampilkan secara “kaku” pada dunia nyata, kini sang objek bisa berinteraksi dengan barang-barang di dalam ruangan seperti sofa, naik ke atas meja, menaiki tangga, dan sebagainya.

Selain itu, penggunaan LiDAR ini juga berfungsi untuk kepentingan desain interior di mana Anda bisa mengukur dimensi furnitur supaya bisa melakukan mix and match lebih mudah saat beli barang di IKEA.

6. Perekaman Video Profesional berkat Dolby Vision

iphone 12 pro kamera

Dulu, untuk bisa membuat film secara profesional, seorang kreator konten harus berada di studio syuting, lengkap dengan kru film dan alat-alat canggih yang tidak semua orang bisa punya. Kini, dengan mengandalkan iPhone 12 Pro Max, mimpi menjadi pembuat film pun bisa jadi kenyataan.

Bahkan dibandingkan dengan studio pembuatan film, smartphone ini lebih canggih karena bisa merekam, mengedit, dan mengomputasi video dengan standar kualitas Dolby Vision 10-bit, menampilkan rentang dinamis warna lebih luas secara realtime.

Apple mengklaim kalau fitur ini adalah pertama kalinya pada sebuah smartphone, dan bahkan lebih unggul dari kamera profesional lain yang harus menambahkan Dolby Vision pada post-processing alih-alih real time.

7. Ekosistem Fitur MagSafe Cukup Menjanjikan

iphone 12 pro magsafe

Tidak ada di ponsel lain, hanya ada di iPhone. Apakah itu? MagSafe lah jawabannya, sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya menempelkan aksesoris seperti casan nirkabel dan juga kantong untuk menyimpan kartu dengan hanya ditempelkan di bodi belakang smartphone secara magnetis.

Penggunaan wireless charger menggunakan fitur MagSafe dinilai lebih unggul dari pengecasan Qi biasa, karena kini Anda akan mampu memastikan kalau lokasi casan memang menempel di tengah bodi supaya waktu pengisian dayanya tidak berkurang.

Ekosistem MagSafe ini juga merupakan fitur inovatif yang membuka berbagai macam kemungkinan supaya fungsionalitas pada smartphone bisa ditingkatkan lagi.

Kekurangan Apple iPhone 12 Pro Max

Rupanya iPhone 12 Pro Max masih tidak luput dari kekurangan, terlepas menyandang status sebagai iPhone 12 versi tertinggi. Berikut adalah beberapa poin kekurangannya.

1. Bobot Bodinya Terlampau Besar

iphone 12 pro chipset

Siapapun mengerti, kalau peningkatan bobot bodi pada sebuah smartphone adalah konsekuensi dari ukuran layar yang besar. Tapi, rupanya bobot bodinya meningkat cukup drastis sehingga bisa berpengaruh buruk pada kenyamanan pengguna saat digunakan.

Mengusung panjang, lebar, dan ketebalan sebesar 160.8 x 78.1 x 7.4 mm, iPhone 12 Pro Max mencapai bobot hingga 228 gram! Ini sebenarnya angka yang terlampau besar untuk smartphone, dan mungkin saja Anda akan merasa cepat pegal kalau menggunakannya terus-terusan.

2. Tidak Dibekali Kepala Casan dan Earphone

iphone 12 pro tanpa casan dan headset

Yuk, siapkan kantong yang lebih dalam kalau mau beli iPhone 12 Pro Max. Dengan harganya yang paling mahal, kita mungkin menyangka kalau di dalam boks pembelian sudah termasuk kepala charger dan earphone. Nyatanya tidak, lho! Katanya sih, Apple berinisiatif untuk menghilangkannya dari boks pembelian supaya jadi lebih kecil dan mudah didistribusikan.

3. Laju Penyegaran 60 Hz

iphone 12 pro refresh rate 60 hz

Rumornya, iPhone 12 series akan dibekali dengan laju penyegaran yang tinggi seperti ponsel-ponsel flagship Android kebanyakan, seperti Samsung Galaxy Note20 Ultra, S20 series, OPPO Find X2 Pro, dan masih banyak lagi.

Nampaknya memang sudah jadi sebuah tren untuk menghadirkan refresh rate di atas 60 Hz, supaya touch sampling rate-nya meningkat dan bisa memberikan responsivitas lebih unggul saat bermain game. Tapi rumor itu pun kandas, tak ada satupun dari varian iPhone 12 series yang membawa laju penyegaran di atas 60 Hz. Bahkan untuk 90 Hz pun tidak.

Simpulan

Begitulah 10 kelebihan dan kekurangan Apple iPhone 12 Pro Max yang wajib Anda ketahui kalau memang berniat memilih salah satu varian dari seri ini. Yang bisa membuat Anda tenang adalah mengetahui kalau Pro Max merupakan versi yang paling mahal dan tercanggih, sehingga tidak perlu khawatir ketinggalan fitur terkini dari sebuah iPhone.

Kapan lagi bisa merasakan alat sekelas industri perfilman yang bisa menerapkan Dolby Vision secara real time? Ini adalah kesempatan yang sulit dimiliki, bahkan oleh pelaku perfilman sekalipun.

Ingin tahu perbandingannya dengan varian-varian lain? Kunjungi artikel perbedaan iPhone 12, Mini, Pro, dan Pro Max. Oh iya, kalau mau beli iPhone 12 Pro Max, ponsel ini dibanderol dengan harga mulai dari $1.099 atau sekitar Rp15,4 jutaan. Tertarik?