Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A21s

Posted on

Pada bulan Juni 2020, Samsung telah merilis salah satu HP dari seri Galaxy A, yakni Samsung Galaxy A21s. HP ini adalah salah satu dari deretan Galaxy A lainnya yang juga rilis di waktu berdekatan, seperti Samsung Galaxy A11 dan juga Samsung Galaxy A21.

Samsung Galaxy A21s sendiri hadir dengan peningkatan di sektor baterai dan kamera ketimbang Galaxy A21. Apa sajakah kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A21s?

Seri Galaxy A memang dikenal dengan harganya yang terjangkau namun masih menawarkan fitur yang menarik. Harga resmi yang dibanderol Samsung Galaxy A21s dimulai dari Rp2.799.000,- untuk varian 32/3 GB. Cukup murah, bukan? Lalu apakah Samsung Galaxy A12s cukup layak dengan harga yang ditawarkan? Simak daftar kelebihan dan kekurangan berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A21s

  • Rilis: Juni, 2020
  • Layar: PLS TFT, 6,5 inci
  • Chipset: Exynos 850 (8 nm)
  • GPU: Mali-G52
  • RAM: 3 GB, 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 13 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Samsung Galaxy A21s

Samsung memang sudah terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas, termasuk produk Galaxy A21s yang sebentar lagi akan Anda baca kelebihan-kelebihannya. Yuk simak beberapa poin di bawah ini!

1.  Baterai Tahan Lama

samsung galaxy a21s baterai

Samsung Galaxy A21s dapat diandalkan untuk Anda yang aktif berkegiatan di luar rumah. Tidak perlu khawatir mencari stop kontak, karena baterai Li-Po yang dihadirkan HP ini memiliki kapasitas 5000 mAh dan mendukung fast charging 15 W.

Pada sebuah video pengetesan baterai, terlihat bahwa baterai ini sungguh dapat mentenagai HP dengan durasi yang sangat panjang. Untuk pemutaran video selama 1 jam, baterai hanya berkurang 5% dan saat penggunaan HP dilanjutkan untuk browsing Instagram selama 1 jam, baterai masih menyisakan daya yang besar yakni 88%.

Dari angka 88%, HP kemudian dipakai untuk bermain PUBG Mobile selama 3 jam dan masih menyisakan baterai pada angka 52%. Ini membuktikan kalau baterai pada Samsung Galaxy A21s memang awet, dan hal ini pun didukung oleh chipset Exynos 850 yang memiliki efisiensi daya yang bagus.

2. Kualitas Kamera Cukup Oke

samsung galaxy a21s kamera

Pada sektor fotografi, Samsung Galaxy A21s dibekali dengan empat kamera yang mampu memberikan hasil gambar yang tajam dan berkualitas. HP ini memiliki lensa utama dengan resolusi 48 MP dengan bukaan f/2.0 dan memiliki fitur phase detection auto focus.

Lensa utama ini disertai dengan lensa ultra wide-angle berkekuatan 8 MP yang memiliki field of view seluas 123 derajat. Ada pula dua lensa lainnya yang masing-masingnya dihadirkan dengan resolusi 2 MP sebagai lensa makro dan lensa kedalaman.

Keempat lensa ini disusun dengan modul persegi pada susunan 2 x 3, serta menghadirkan pula flash light. Untuk fitur perekaman video, Samsung Galaxy A21s mampu merekam pada resolusi 1080p dengan frame rate 30 FPS. Berikut adalah beberapa hasil foto dari Samsung Galaxy A21s.

samsung galaxy a21s comparison photo

Perbandingan kamera Samsung Galaxy A21s dan A21. * sumber: www.youtube.com

hasil kamera samsung galaxy a21s minim pencahayaan

Samsung Galaxy A21s pada kondisi minim pencahayaan. * sumber: www.youtube.com

hasil kamera samsung galaxy a21s (2)

Samsung Galaxy A21s luar ruangan. * sumber: www.youtube.com

hasil kamera samsung galaxy a21s

Samsung Galaxy A21s luar ruangan. * sumber: www.youtube.com

Beberapa contoh hasil di atas cukup terlihat bagus, terutama jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A21. Seri A21s lebih mampu menghasilkan foto dengan kontras warna dan rentang dinamis yang baik. Meskipun begitu, Galaxy A21s ini memang mengalami penurunan cukup banyak pada kondisi pencahayaan malam hari.

3. Hadir dengan Triple Slot

samsung galaxy a21s triple slot

Di bagian penyimpanan memori, Samsung Galaxy A21s menyediakan triple slot yang bisa Anda gunakan untuk menyematkan dual SIM Card dan kartu memori eksternal sekaligus.

Keberadaan slot khusus microSD ini sungguh layak diapresiasi karena dapat memudahkan penggunanya dalam menyimpan file bergiga-giga tanpa menyita ruang pada memori internal. Batas maksimal yang diizinkan untuk kapasitas ini adalah 512 GB. Sungguh besar, bukan?

4. Layar Lega dengan PLS TFT

galaxy a21s layar lega

Samsung Galaxy A21s mengikuti tren HP-HP lain yang sudah menawarkan layar dengan ukuran yang besar. Layar HP ini berukuran 6,5 inci HD+ dengan mengusung panel PLS TFT. Resolusi yang dimiliki Galaxy A21s adalah 720 x 1600 piksel dengan rasio 20:9. HP ini mengusung desain Infinity-O Display sehingga memiliki rasio bodi ke layar yang cukup bagus.

TFT sendiri sebenarnya merupakan panel layar yang di bawah IPS LCD dan biasanya hanya terdapat pada HP dengan harga murah saja. Tapi, Samsung telah mengadopsi teknologi panel TFT ini dan mengembangkan panel PLS TFT. Kepanjangan dari PLS adalah Plane Line Switching dan PLS TFT ini merupakan respon dari Samsung untuk menyaingi panel IPS LCD.

Samsung mengaku bahwa layar berjenis PLS TFT ini lebih baik dari IPS LCD dari segi viewing angle serta tingkat kecerahannya yang 10% lebih tinggi. Selain itu, panel PLS TFT yang pertama kali diaplikasikan pada Galaxy M20 ini juga lebih hemat baterai ketimbang IPS LCD.

5. Hadir dengan Face Unlock dan Fingerprint Scanner

samsung galaxy a21s face id

Jangan biarkan HP Anda disusupi orang yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, Samsung Galaxy A21s sudah menawarkan paket lengkap dari metode pembukaan kunci layar.

Ya, tak hanya menghadirkan fitur PIN, kata sandi, dan pola, Galaxy A21s sudah menghadirkan fitur Face Unlock yang memungkinkan Anda membuka kunci secara instan. Sementara itu, fitur sensor sidik jarinya juga turut hadir di belakang bodi.

Kedua fitur yang dihadirkan ini juga terbilang cukup cepat dan akurat dalam mendeteksi wajah maupun sidik jari, sehingga Anda sudah tidak perlu lagi khawatir soal keamanan data pribadi Anda.

Kekurangan Samsung Galaxy A21s

Samsung Galaxy A21s memang cukup menggiurkan, terutama pada ketahanan baterainya. Tapi jangan buru-buru langsung beli. Sebaiknya Anda baca juga beberapa kekurangan Samsung Galaxy A21s berikut ini.

1. Performa Chipset Kalah Saing

samsung galaxy a21s performa

Samsung Galaxy A21s mengandalkan chipset Exynos 850 yang dirilis pada Mei 2020. Chipset ini menghadirkan 8 inti yang terdiri dari 8 buah ARM Cortex A55 dengan clock speed sebesar 2.0 GHz. Sebagai pengolah grafisnya, chipset ini menggunakan Mali G52.

Seperti yang bisa diharapkan pada HP 2 jutaan, chipset ini cukup layak untuk memainkan game terbaru. Tapi apakah Exynos 850 adalah yang terbaik di kelasnya?

Nyatanya, Exynos 850 ini masih belum cukup mampu mengalahkan HP-HP lain yang menghadirkan chipset lebih gahar. Contohnya seperti Realme 5 Pro yang sudah mengandalkan Snapdragon 712. Sebagai informasi, Realme 5 Pro berada di harga Rp2,8juta, sama seperti Samsung Galaxy A21s.

Tapi perbedaan performa chipset antara keduanya sangat jauh. Sementara Snapdragon 712 mendapatkan skor 218436 pada pengujian benchmark AnTuTu 8, Exynos 850 diekspektasikan hanya mendapat skor antara 140.000 hingga 170.000 poin.

Ini artinya, dengan harga yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A21s, seharusnya Anda bisa mendapatkan HP dengan performa gaming yang lebih kencang lagi.

2. Tidak Menghadirkan NFC

samsung galaxy a21s no nfc

Samsung Galaxy A21s juga memiliki satu kekurangan lainnya, yakni tidak adanya fitur NFC. Dengan tidak adanya fitur NFC ini berarti Anda tidak bisa mentransfer data antar dua HP dengan mudah, dan harus melalui fitur Bluetooth yang harus melalui proses pairing terlebih dahulu.

Pada saat Samsung Galaxy A21s dirilis, fitur NFC ini sudah banyak hadir pada kalangan HP murah ataupun menengah. Malahan, banyak HP Samsung terdahulu yang sudah menghadirkan NFC ini seperti Samsung Galaxy A7, Samsung Galaxy J6+. dan Samsung Galaxy J7. HP-HP ini memiliki harga di bawah 3 juta. Jadi, cukup disayangkan Samsung Galaxy A21s tidak memiliki NFC dengan harga yang ditawarkan.

3. Memori Internal Kecil

Samsung-Galaxy-A21s memori internal

Di era digital seperti sekarang, semua sudah dapat dilakukan melalui aplikasi HP. Baik untuk memesan makanan, belajar, meeting, bahkan mengedit foto dan video. Itulah mengapa, HP keluaran terbaru dari tahun 2019 hingga 2020 sudah berlomba-lomba menghadirkan memori internal yang besar.

Bahkan HP 2 jutaan pun sudah banyak yang menghadirkan memori internal hingga 128 GB – seperti Infinix Hot 9 ataupun OPPO A5 2020. Sayangnya, lagi-lagi ini yang menjadi kekurangan Samsung Galaxy A21s. Untuk harga Rp2.799.000,- yang ditawarkannya, Galaxy A21s hanya menawarkan kombinasi memori internal dan RAM sebesar 32 GB dan 3 GB.

Sementara untuk varian 64 GB dan RAM 6 GB, harganya adalah Rp3,2 juta. Tentu kehadiran memori internal yang cukup minim ini tidak sesuai dengan harga yang ditawarkan. Alhasil, Anda mungkin tidak akan bisa menginstal beragam aplikasi yang diinginkan dengan leluasa.

4. Tanpa Corning Gorilla Glass

samsung galaxy a21s tanpa corning gorilla glass

Meskipun layar pada Samsung Galaxy A21s cukup lega, Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya supaya tidak mudah baret apalagi sampai terjatuh. Soalnya, layar HP ini tidak diberikan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass.

Jika dibandingkan dengan kompetitornya di rentang harga yang sama, Samsung Galaxy A21s ini masih kalah dibandingkan dengan Redmi Note 9 yang sudah menghadirkan Gorilla Glass 5. Generasi kelima ini mampu menjaga layar agar tidak langsung retak meski sudah terjatuh beberapa kali pada ketinggian tertentu.

5. Kamera Tidak Memiliki Stabilizer

samsung galaxy a21s no eis or ois

* sumber: www.youtube.com

Jika Anda mencari HP dengan fitur kamera yang unggul, sebaiknya pilihlah yang ada fitur OIS atau EIS. Keduanya merupakan stabilizer atau penstabilan kamera yang berguna untuk menjaga preview kamera agar tidak terlalu goyang.

Kamera yang tidak stabil akan menyulitkan Anda mengambil foto dengan bagus. Itulah kekurangan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A21s. Pada video pengetesan fitur kamera yang diunggah Infofull, kameranya terlihat sangat shaky saat pengguna hendak mengambil foto.

Akhirnya Anda pun harus benar-benar menjaga agar tangan Anda tidak bergerak saat mengambil foto supaya hasilnya tidak ngeblur. Atau jika ingin, Anda bisa membeli produk gimbal untuk menstabilkan kamera HP.

Simpulan

Itu tadi berbagai poin yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli Samsung Galaxy A21s. Semoga beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A21s tadi dapat membuat Anda lebih mudah dalam mencapai keputusan.

Dengan harga yang ditawarkannya, performa HP ini memang sudah cukup layak untuk bermain game PUBG Mobile sekalipun. Namun sayangnya, chipset yang dihadirkan ini bukanlah yang terbaik di kelasnya. Samsung Galaxy A21s juga hanya menawarkan memori internal yang kecil sehingga jumlah aplikasi yang bisa diinstal lebih terbatas.

Tapi Samsung Galaxy A21s sendiri sudah memiliki kamera dengan hasil cukup memuaskan pada kondisi pencahayaan tertentu. Ditambah lagi, HP ini adalah pilihan yang sungguh bisa diandalkan berkat ketahanan baterainya yang super kuat. Jadi, apakah Anda memutuskan untuk membeli Samsung Galaxy A21s ini? HP yang dirilis pada Juni 2020 ini bisa Anda beli di sini.