Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Apple iPad Pro (2020)

Posted on

Tablet memang memiliki daya tarik tersendiri ketimbang ponsel yang layarnya lebih kecil. Nah, salah satu produsen tablet terbaik di dunia adalah Apple dengan lini produknya yang dinamakan iPad. Pastinya ini bukan pertama kali Anda mendengar kata iPad, bukan?

Ada beberapa segmen tablet yang diluncurkan Apple, seperti iPad, iPad Mini, iPad Air, dan juga iPad Pro. Nah kali ini Carisinyal akan membahas produk iPad Pro 2020 yang merupakan generasi keempatnya. Sebelumnya, iPad Pro generasi ketiga telah duluan hadir di kuartal keempat tahun 2018, atau dua tahun sebelum perilisan iPad Pro 2020.

iPad Pro 2020 telah resmi hadir di Indonesia pada Juli 2020 dan dibanderol dengan harga mulai dari Rp 15.499.000,-. Apakah Anda mulai penasaran dengan tablet ini? Untuk itu, Carisinyal telah menyajikan kelebihan dan kekurangan Apple iPad Pro 2020 berikut ini.

Spesifikasi Apple iPad Pro (2020)

  • Layar: IPS LCD, 11 inches or 12.9 inches
  • Chipset: Apple A12Z Bionic
  • CPU: Octa-core (4×2.5 GHz Vortex + 4×1.6 GHz Tempest)
  • GPU: Apple GPU (8-core graphics)
  • RAM: 6 GB RAM
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
  • Memori Eksternal:
  • Kamera Belakang: 12 MP + 10 MP + TOF 3D LiDAR scanner
  • Kamera Depan: 7 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 9720 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Apple iPad Pro (2020)

Produk Apple memang selalu berhasil menjadi trendsetter dan menghadirkan teknologi yang tiada duanya. Untuk mengetahui lebih lanjut masing-masing fitur dan keunggulannya, simak kelebihan Apple iPad Pro (2020) berikut.

1. Layar Retina Display yang Menawan

layar apple ipad pro 2929

Salah satu keunggulan utama Apple pada kebanyakan produknya adalah kualitas tampilan layar yang tajam. Bagaimana tidak? Apple sendiri merupakan sebuah pioneer dalam urusan teknologi Retina Display, dan teknologi ini kian dikembangkan pada Apple iPad Pro 2020 ini.

Layar iPad Pro 2020 ini mengusung teknologi Liquid Retina Display dengan tingkat kecerahan 600 nits serta akurasi warna terbaik di industri. Apple bahkan berani menjamin Anda tidak akan menemukan tampilan layar yang lebih bagus dari tablet ini. Selain itu juga, iPad Pro generasi keempat ini memiliki ketahanan cukup kuat terhadap goresan ataupun bekas sidik jari.

Tablet ini juga mendukung rentang luas P3 pada ukuran layarnya yang hadir dengan dua varian, yakni 11 inci dan 12,9 inci. Tidak lupa, untuk memaksimalkan pengalaman menonton ataupun beraktivitas, Apple juga turut memberi dukungan laju penyegaran sebesar 120 Hz.

2. Kemampuan AR yang Sangat Akurat

ar apple ipad pro 2020

Augmented Reality memang salah satu fitur interaktif yang memiliki banyak kegunaan, contohnya seperti bermain game ala-ala Pokemon Go ataupun untuk tujuan edukasi. Apple iPad Pro 2020 disertai lensa ToF 3D berupa LiDar Scanner sebagai pemindai cahaya dan juga jarak.

Teknologi yang turut digunakan oleh NASA ini mampu mengukur jarak berdasarkan seberapa cepat cahaya yang ditujukan pada objek dapat kembali lagi ke sensor. Hal ini sungguh membuat pengalaman AR di game ataupun yang lainnya terasa lebih akurat dan immersive.

3. Performa Chipset Mengalahkan PC

performa chipset apple ipad pro 2020

Tidak perlu lagi mengkhawatirkan performa saat bermain game, karena Apple iPad Pro 2020 ini diklaim memiliki chipset yang lebih gahar ketimbang kebanyakan laptop di pasaran. Tablet ini mengandalkan chipset Apple A12Z Bionic serta prosesor grafis bertenagakan 8 inti.

benchmark antutu 8 ipad pro 2020

* sumber: www.antutu.com

Dilansir dari laman resmi AnTuTu, iPad Pro 2020 atau yang bisa juga disebut iPad Pro 4 (iPad Pro 4th Generation 12,9 inci) berhasil meraih skor benchmark AnTuTu 8 dengan besaran angka yang sangat menakjubkan, yakni 719.786 poin! Sementara itu, versi yang 11 inci-nya hanya sedikit lebih kecil, sebesar 706.438.

Di pasar perangkat Android, urutan pertama dikuasai oleh OPPO Find X2 Pro dengan skor 609.045. Apple iPad Pro 2020 memiliki performa yang jauh lebih gahar ketimbang perangkat Android terbaik.

4. Hadir dengan Wi-Fi 6 dan 4G LTE

wifi 6 dan 4g apple ipad pro 2020

Koneksi internet merupakan satu hal yang krusial jika Anda ingin merasakan pengalaman streaming yang lancar. Untuk itulah iPad Pro 2020 menghadirkan teknologi Wi-Fi 6 yang memiliki batas maksimal kecepatan hingga 9,6 Gbps.

Selain menggunakan koneksi Wi-Fi, Anda juga bisa memilih varian model yang mendukung koneksi LTE 4G. Jika budget memungkinkan, sungguh tidak ada salahnya memilih yang ada 4G-nya supaya dapat digunakan di lokasi yang jarang ada WiFi.

5. Triple Camera yang Kaya Fitur

kamera apple ipad pro 2020

Bagi Anda yang juga ingin menggunakan tablet sebagai sarana berfoto ria, kameranya iPad Pro 2020 jauh lebih dari cukup untuk menunjang kebutuhan fotografi. Menggunakan konfigurasi triple camera, masing-masing lensa bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan foto biasa dan juga foto panorama dengan sudut keluasan 125 derajat.

Kameranya ini terdiri dari lensa utama beresolusikan 12 MP, lensa ultra lebar 10 MP, dan terakhir tentunya lensa ToF (Time of Flight) 3D sebagai pengukur jarak dan pengambilan foto bokeh.

Lensa utamanya sudah dibekali pula dengan fitur dual pixel phase detection autofocus dan tentunya sudah terdapat mode HDR. Tidak lupa iPad Pro 2020 juga sudah mendukung perekaman video dengan resolusi 4K serta fitur stabilisasi gyro.

Sementara itu, lensa depannya memiliki resolusi 7 MP dan memiliki kemampuan TrueDepth. Alhasil tablet ini pun turut dibekali fitur Face ID dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi.

Bagi Anda yang ingin melihat sebagus apa hasil foto yang dihasilkan iPad Pro 2020, berikut kamu sajikan hasil tangkapan kameranya dari berbagai sumber.

hasil kamera outdoor ipad pro 2020 (3)

iPad Pro 2020 kamera outdoor. * sumber: www.digitaltrends.com

kamera apple ipad pro measurement

iPad Pro 2020 range measurement. * sumber: www.digitaltrends.com

hasil kamera outdoor ipad pro 2020 (2)

iPad Pro 2020 kamera outdoor. * sumber: www.tomsguide.com

hasil kamera outdoor ipad pro 2020

iPad Pro 2020 kamera outdoor. * sumber: www.tomsguide.com

6. Desain Bodi yang Ramping

ramping apple ipad pro 2020

Keuntungan sebuah tablet adalah ukurannya yang lebih kecil dibandingkan laptop sehingga lebih mudah dibawa ke mana-mana. Masalahnya, tablet umumnya tidak memiliki fitur dan spesifikasi yang bisa menggantikan laptop.

Nah, dengan iPad Pro 2020 ini, Anda bisa merasakan kemudahan menggunakan perangkat dengan performa melebihi laptop namun tetap memerhatikan sisi portabilitas berkat bodinya yang ramping.

Tablet ini memiliki dimensi bodi 280.6 x 214.9 x 5.9 mm serta bobot yang hanya 471 gram. Dengan ukurannya yang tipis dan tidak begitu berat, iPad Pro 2020 sungguh tablet ideal yang bisa menawarkan segala kemudahan tanpa harus menyakiti punggung Anda.

7. Varian Memori Internal Hingga 1 TB

apple ipad pro 2020

*sumber: https://medium.com/macoclock/2020-ipad-pro-12-9-review-this-thing-is-a-monster-fd1cd78f2699

Siapapun yang tertarik dengan ponsel atau tablet tentunya tidak ingin menghapus aplikasi lama agar aplikasi baru bisa muat. Dengan iPad Pro 2020, kebutuhan Anda akan banyak aplikasi akan terjawab tuntas.

Betapa tidak, ada kapasitas memori internal hingga 1 TB yang menanti Anda demi produktivitas yang terus berjalan. Tak hanya itu saja, produk Apple ini juga turut menghadirkan RAM dengan kapasitas 6 GB yang menggunakan teknologi LPDDR4X. Kegiatan multitasking kini lebih cepat dan menyenangkan.

8. Kualitas Speaker dan Mic yang Luar Biasa

ipad pro 2020 speaker

* sumber: www.macworld.com

Baik itu menggunakan FaceTime maupun mengikuti rapat online menggunakan Zoom, iPad Pro 2020 sangat cocok berkat kualitas mic-nya yang berkualitas tinggi. Suara Anda sungguh akan terdengar jelas dengan background noise yang sangat minim.

Bahkan jika Anda ingin karaoke menggunakan aplikasi Smule atau semacamnya, suara Anda akan terdengar layaknya rekaman studio tanpa perlu menggunakan mic eksternal.

Sementara itu, suara yang dihasilkan dari speakernya juga sama bagusnya. iPad Pro 2020 memiliki empat buah speaker sehingga suaranya lebih spatial dan menggelegar. Pada dasarnya, Anda akan kesulitan menemukan tablet lain yang memiliki kualitas mic serta speaker sebagus ini.

Kekurangan Apple iPad Pro (2020)

Dengan beragam fitur canggih yang telah dibaca tadi, rasanya sulit untuk menyangka kalau iPad Pro tidak luput juga dari kekurangan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda simak juga kekurangan Apple iPad Pro (2020) yang berikut ini.

1. Tidak Menghadirkan Slot Memori Eksternal

apple ipad pro 2020 microsd

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Q7LEtEf11k8

Ada kemudahan tersendiri yang hanya bisa dirasakan saat menggunakan kartu memori eksternal. Anda tidak perlu mencampurkan ruang antara aplikasi dan file-file biasa seperti video dan foto, dan juga hal ini memudahkan perpindahan data agar lebih praktis. Tinggal pindahkan microSD dari perangkat lama ke perangkat baru, dan Anda pun tidak perlu menunggu proses penyalinan puluhan giga file.

Kemudahan-kemudahan ini tidak bisa Anda rasakan pada iPad Pro 2020 – ia tidak memiliki slot microSD sama sekali. Tentu saja tablet ini masih layak dipakai menampung koleksi series atau film BlueRay berkat memori internalnya yang lega. Tapi bagi sebagian orang yang sudah terbiasa menggunakan microSD, hal ini cukup layak dianggap sebagai kekurangan.

2. Tidak Memiliki 3.5mm Jack Audio Port

apple ipad pro 2020 ram internal

* sumber: sea.pcmag.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau produk-produk Apple memang sudah tidak menghadirkan port audio 3.5mm jack. Kebiasaan ini bahkan cukup menjadi tren yang sering diikuti oleh perangkat-perangkat Android. iPad Pro 2020 yang tidak menghadirkan 3.5mm jack audio memaksa Anda untuk menggunakan adapter atau headset nirkabel, tidak senyaman menggunakan headset reguler bagi sebagian orang.

Simpulan

Memang tidak salah kalau merk Apple dianggap sebagai salah satu brand terbaik di dunia. iPad Pro 2020 merupakan bukti nyata kalau Apple tidak pernah main-main dalam menyertakan inovasi-inovasi terkini – performa tergahar sedunia, kehadiran quad speaker, lensa khusus AR yang canggih, memori internal hingga 1 TB, dan lain sebagainya.

Memiliki iPad Pro 2020 merupakan sebuah langkah tepat jika Anda pecinta teknologi yang memang membutuhkan semua kemudahan yang ditawarkannya. Nah, kalau Anda tertarik memiliki iPad Pro 2020, klik link ini untuk varian layar 12,9 inci. Sedangkan bagi Anda yang mencari varian berukuran 11 inci, bisa membelinya melalui link ini.