Instagram Perpanjang Durasi Reels Jadi 30 Detik

Posted on

genericmedmart com – Beberapa waktu yang lalu, Instagram telah merilis fitur baru untuk berbagi video singkat dengan durasi 15 bernama Reels.

Fitur tersebut sudah bisa mulai digunakan secara global di lebih dari 50 negara di seluruh dunia. Meski secara konsep ini menyerupai dengan TikTok, namun Reels masih menjadi bagian dari Instagram dan tidak berdiri sendiri sebagai aplikais terpisah.

Seperti diketahui, Reels disematkan di dalam Instagram Camera, sehingga pengguna yang ingin mencoba fitur ini harus memiliki akun Instagram.

Sebelumnya, untuk unggahan video di Reels dibatasi hanya paling lama berdurasi sekitar 15 detik. Namun dalam pembarauan terbaru, pihak Instagram mengubah durasi atau memperpanjang durasi video yang bisa diunggah hingga maksimal 30 detik.

Selain perpanjangan durasi unggahan, pihak Instagram juga turut memperpanjang timer dari yang sebelumnya hanya 3 detik kini menjadi menjadi lebih lama sekitar 10 detik.

Nantinya, pengguna layanan ini juga bisa memotong dan menghapus klip agar proses editing jadi semakin lebih mudah.

Menurut Product Director Reels, Tessa Lyons-Laing, mengatakan bahwa sejumlah perubahan yang diterapkan ke Reels dalam pembaharuan kali ini hanya dalam waktu sebulan pasca diluncurannya Reels dilakukan atas dasar masukan atau feedback dari pengguna.

“Update ini akan mempermudah proses kreasi dan editing,” ujar Lyons-Laing dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari laman The Verge.

Meski dalam update terbaru kali ini pihak Instagram sudah memperpanjang durasi, namun demikian durasi maksimal video di Insagram Reels ini masih berada di bawah TikTok yang menawarkan durasi hingga 60 detik atau sekitar 1 menitan.

Seperti TikTok yang berusaha disainginya, Reels dapat dipakai mengunggah video pendek dengan beragam elemen hiburan sepert musik latar belakang, pengaturan tingkat kecepatan video, hingga aneka efek unik lainnya.

Reels membekali fiturnya dengan berbagai macam musik dan efek, setelahnya pengguna pun bisa langsung membagikannya ke pengguna lain lewat Instagram Stories.

Seperti halnya sebuah Instagram Stories, Reels akan hilang setelah 24 jam tayang. Namun, pengguna dapat menyimpan Reels yang mereka ciptakan ke dalam Highlights.

Reels sendiri saat ini telah mulai digulirkan secara bertahap bagi pengguna Instagram (Android dan iOS) di sekitar 50 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Australia, India, dan beberapa negara lainnya.

Editor   : Andra
Penulis : Firdhia Azzahra