Juan Cuadrado Dwigol, Juventus Menangkan Derby d'Italia Penuh Drama

Posted on

Berita Liga Italia: Juventus meraih kemenangan penting untuk menjaga asa mereka lolos ke Liga Champions pada musim depan, setelah mengalahkan Inter Milan dengan skor 3-2, dalam laga Derby d’Italia penuh kontroversi, Sabtu (15/5) malam WIB.

I Bianconeri sangat memerlukan kemenangan untuk menembus zona empat besar klasemen akhir Serie A, lantaran tertinggal satu poin dari Napoli yang menempati urutan keempat.

Mereka tampil dengan brilian pada menit-menit awal, dengan Dejan Kulusevski memiliki peluang emas dari tandukan Federico Chiesa. Namun sayang, sepakan sang penyerang asal Swedia masih terlalu lemah dan mampu dibuang oleh Milan Skriniar.

Gol untuk tuan rumah tercipta pada menit ke-24, setelah Giorgio Chiellini dijatuhkan di kotak terlarang oleh Matteo Darmian. Wasit Gianpaolo Calvarese sempat mengabaikannya, namun akhirnya menghadiahkan penalti setelah melihat ulang melalui VAR.

Eksekusi Cristiano Ronaldo berhasil diredam oleh Samir Handanovic, namun bola muntah menghampiri sang penyerang asal Portugal lagi, dan gol pembuka pun tercipta.

Inter berhasil menyeimbangkan skor 11 menit kemudian, setelah Lautaro Martinez terjatuh di kotak terlarang karena diinjak oleh Matthijs de Ligt. Sama halnya seperti penalti pertama, wasit memerlukan VAR untuk menentukan vonis penalti, yang diselesaikan dengan mulus oleh Romelu Lukaku.

Namun Juve berhasil mencetak gol penting menjelang jeda turun minum, ketika tembakan Juan Cuadrado terdefleksi oleh salah satu pemain Inter yang memperdaya Handanovic untuk mencegah bola masuk ke gawangnya.

Juve mendapat ujian berat setelah kehilangan Rodrigo Bentancur di awal babak kedua, lantaran sang gelandang asal Uruguay diusir wasit karena mendapatkan kartu kuning keduanya usai melanggar Lukaku.

Pelatih Andrea Pirlo pun mengatur timnya untuk bermain bertahan di sisa laga, bahkan berani menarik keluar Ronaldo dan Chiesa untuk Alvaro Morata dan Merih Demiral demi strategi yang lebih defensif.

Asa untuk meraih tiga poin sempat sirna pada menit ke-84, ketika Chiellini melakukan gol bunuh diri. Wasit sempat terperdaya oleh pergerakan sang kapten Bianconeri yang nampaknya dilanggar oleh Lukaku, namun ia akhirnya mengesahkan itu menjadi gol setelah melihat lagi melalui VAR.

Laga makin panas dan kontroversi terjadi lagi empat menit kemudian, ketika pergerakan Cuadrado di kotak terlarang berakhir dengan hadiah penalti ketiga dalam pertandingan ini.

Jika dilihat kembali, sang pemain asal Kolombia nampaknya tidak dilanggar oleh Ivan Perisic, dan wasit Calvarese pun mendapatkan kritikan keras dari para pemain tim tamu. Namun ia teguh kepada pendiriannya, dan Cuadrado sukses menunaikan tugasnya untuk membawa Juve kembali unggul.

Inter Milan juga mengakhiri laga dengan 10 orang pemain setelah Marcelo Brozovic mendapatkan kartu kuning keduanya usai melanggar Cuadrado, yang berupaya melakukan serangan balik.

Dengan kemenangan ini, Juventus naik ke peringkat keempat dan perlu berharap agar Napoli tidak meraih hasil maksimal saat menghadapi Fiorentina pada hari Minggu (16/5) ini.

Juventus 3-2 Inter Milan – (Cristiano Ronaldo 24′, Juan Cuadrado 45+3′, 88′ [p]; Romelu Lukaku 35′ [p], Giorgio Chiellini 84′ [bd])

Kartu Merah: Rodrigo Bentancur (J) 56′; Marcelo Brozovic 90+1′

Susunan Pemain

Juventus (4-4-2): Szczesny; Danilo, De Ligt, Chiellini, Alex Sandro; Cuadrado, Bentancur, Rabiot, Chiesa (Demiral 70′); Kulusevski (McKennie 57′), Ronaldo (Morata 70′).

Inter Milan (3-5-2): Handanovic; Skriniar, De Vrij, A. Bastoni (Vecino 80′); Hakimi, Barella, Brozovic, Eriksen (Sensi 73′), Darmian (Perisic 46′); Lautaro, Lukaku.

Artikel Tag: Juventus, Inter Milan, Serie A