Kode Rahasia Oppo Semua Tipe Lengkap dengan Fungsinya

Posted on

genericmedmart com – Sama seperti smartphone dari merk lain, ada banyak kode rahasia Oppo yang berfungsi sebagai jalan pintas untuk mengakses sistem atau mengetahui informasi perangkat.

Umumnya, kode tersebut terdiri dari kombinasi angka, tanda pagar, dan bintang yang dapat diakses lewat dialpad atau nomor panggilan telepon.

Meskipun Hp Oppo masuk daftar 5 besar merk hp paling laris, namun banyak yang belum tahu akan hal ini. Selain tidak ada di buku panduan, sebagian besar kode diprogram khusus untuk memudahkan teknisi mengetahui komponen yang bermasalah.

Nah, kamu juga bisa memanfaatkan kode rahasia Oppo untuk aktivitas sederhana. Misalnya, membedakan hp asli atau palsu, mencari informasi perangkat, hingga mengetahui kerusakan pada touchscreen.

Daftar Kode Rahasia Oppo Semua Tipe

Berikut daftar kode rahasia Oppo semua tipe yang dapat diaktifkan dengan cara memasukkan kodenya di menu Telepon.

Tapi, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, jangan gunakan kode factory reset kalau tidak ingin data-data penting hilang.

  1. *#*#3264#*#*

Meskipun bisa mengeceknya di menu About Phone, tapi kalau ingin melewati jalan pintas untuk melihat versi RAM, kamu bisa dial kode ini.

Nanti akan muncul informasi tentang hp Oppo yang kamu gunakan.

  1. *#8778#

Bisa dibilang *#8778# adalah kode rahasia Oppo paling berbahaya dan tidak disarankan. Jika menggunakannya, maka hp kamu akan kembali ke pengaturan pabrik.

Tapi, kalau memang ingin factory reset hp Oppo, silahkan dial kode ini.

  1. *#99#

Berfungsi untuk mengatur tingkat kecerahan layar smartphone. Kode ini bisa kamu mafaatkan jika sedang mati lampu atau mencari barang di tempat gelap.

  1. *#1234#

Ini adalah kode rahasia hp Oppo yang sangat penting guna mengetahui informasi detail perihal perangkat lunak atau firmware.

  1. *#6776#

Kode yang berfungsi untuk menampilkan informasi mesin. Selain itu juga bisa untuk mematikan perangkat atau power off.

Meskipun simpel, tapi ini sangat berguna ketika tombol power rusak.

  1. *#888#

Sekilas ini memang terlihat seperti kode pengecekan pulsa. Tapi berbeda, kode ini digunakan untuk melihat versi Hardware PCB atau Printed Circuit Board.

  1. *#*#97#*#*

Berikutnya, gunakan kode rahasia Oppo yang satu ini untuk masuk ke pengaturan bahasa dan menyelaraskan keyboard sesuai keinginan.

Tapi kemungkinan ini hanya berlaku untuk Oppo F1s.

  1. *#801#

Sama seperti factory reset, kode ini cukup berbahaya dan hanya boleh digunakan oleh teknisi berpengalaman. Sebab, *#801# akan membawa kamu ke mode Engineering Switch Test yang tidak disarankan untuk orang awam.

Kode Rahasia Paling Penting di HP Oppo

Dari kumpulan daftar di atas, hanya beberapa kode yang paling penting dan wajib diketahui semua pengguna Oppo.

  1. *#06*

Kode yang terdiri dari 2 angka ini berfungsi untuk mengecek nomor IMEI. Seperti yang kita tahu, IMEI sangat penting guna mengetahui hp yang kita gunakan asli atau replika.

  1. *#*#4636#*#*

Kode yang cukup panjang ini memungkinkan pengguna untuk mengatur jaringan internet yang diinginkan. Kamu bisa memilih 3G, 4G LTE, atau menggabungkan kedua teknologi tersebut.

Jadi intinya, tak perlu masuk ke Pengaturan, tinggal dial kodenya di menu Telepon.

  1. *#*#2664#*#*

Jika sensivitas layar berkurang, kamu bisa mengetahuinya dengan dial kode ini untuk masuk ke fitur Touchscreen Test.

Setelah itu, coba sentuh semua bagian layar, kalau ada yang tidak tersentuh berarti touchscreen hp kamu harus segera diganti.

Kesimpulannya, meskipun bermanfaat, tapi ada banyak kode yang sifatnya sensitif dan dapat mengganggu kinerja ponsel. Jadi, untuk menghindari kerusakan, sebaiknya gunakan kode-kode di atas dengan bijak dan sesuai porsinya.

Itulah daftar kode rahasia Oppo semua tipe yang bisa kamu manfaatkan untuk mengecek IMEI, versi RAM, hingga mengatur jaringan.

Selamat mencoba!