Kuota Kemendikbud Tidak Bisa digunakan, Ini Solusinya

Posted on

genericmedmart com – Selama masa pandemi covid-19, pemerintah melalui Kemendikbud telah memberikan bantuan kuota data untuk digunakan belajar secara online kepada pelajar dan mahasiswa diseluruh tanah air.

Kuota data atau paket internet gratis ini diberikan untuk semua operator seluler yang ada di Indonesia, seperti Telkomsel, XL, Indosat dan juga Tri.

Namun demikian, ternyata ada sebagian pelajar yang menerima bantuan kuota data ini mengeluhkan jika mereka tidak bisa menggunakan kuota data yang telah mereka terima.

Sehubungan dengan hal tersebut, kali ini tim redaksi sudah menyiapkan informasi mengenai penyebab kenapa kuota kemendikbud tidka bisa digunakan dan bagaiaman solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Jadi, untuk kalian yang saat ini tengah mengalami masalah ini silahkan disimak hingga usai artikel berikut ini.

Apa Itu Kuota Kemendikbud?

Sebelum kita membahas mengenai masalah mengapa tidak bisa menggunakan kuota data bantuan dari kemendibud ini, sebaiknya kalian pahami dahulu apa itu kuota kemendikbud dan untuk apa peruntukanya.

Kuota Kemendikbud adalah kuota internet atau paket data gratis dari Kemendibud yang diberikan untuk seluruh pelajar guna memfasilitasi kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang berlangsung selama pandemi COVID-19 ini.

Selain pelajar, para tenaga pengajar atau guru dan dosen juga diberikan jatah kuota data gratis untuk digunakan selama PJJ.

Untuk besaran kuota data yang diterima bervariatif, berdasarkan jenjang pendikan. Dilansir dari situs resmi kemendikbud, berikut jumlah kuota data yang diterima:

  • Peserta Didik Jenjang PAUD: 7 GB/bulan
  • Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah dan atas: 10 GB/bulan
  • Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah: 12 GB/bulan
  • Dosen dan Mahasiswa: 15 GB/bulan

Kuota data internet ini sudah di atur sedemikian rupa sehingga hanya bisa digunakan untuk mengakses konten-konten tertentu yang hanya berkaitan dengan pembelajaran.

Sehingga, kuota data tersebut tidak bisa digunakan untuk mengakses Twitter, Instagram, Facebook, Tiktok, bermain game online dan juga membuka situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Penyebab Kuota Kemendikbud Tidak Bisa Digunakan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kuota data yang dibagikan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan ini hanya bisa digunakn untuk mengakses konten yang berkaitan dengan pembelajaran.

Jadi ketika digunakan untuk mengakses layanan lain selain yang sudah ditentukan dipastikan tidak akan bisa.

Selain itu, jika kalian mengakses internet menggunakan VPN dipastikan juga tidak akan bisa. Beberapa penyebab lain, misalnya karena mungkin Hp yang digunakan sedang bermasalah, faktor jaringan, kemungkinan kuota sudah habis dan lain sebagainya.

Bagaimana Solusinya?

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa langkah yang bisa kalian terapkan. Namun secara umum, jika melihat penyebab mengapa kuota internet kemendikbud ini tidak bisa digunakan maka solusi yang tepat adalah menghindari penggunaan internet yang bukan peruntukannya.

Selain itu, pastikan pula bahwa aplikasi VPN yang terpasang di perangkat kalian sedang tidak dikondisi aktif atau tersambung.

Kalian juga bisa merestart perangkat yang digunakan untuk mengembalikan jaringan internet yang mungkin saja saat itu sedang mengalami gangguan.

Demikian informasi lengkap tentang apa itu kuota kemendikbud, penyebab mengapa kuota data tidak bisa digunakan serta bagaimana solusi mengatasi masalah tersebut.

Semoga bermanfaat.