Lenovo ThinkPad X1 Fold Resmi Hadir di Indonesia, Ini Harganya

Posted on

genericmedmart com – Pabrikan laptop asal Tiongkok, Lenovo menghadirkan sebuah perangkat laptop dengan layar lipat pertama didunia yang mereka namakan Lenovo ThinkPad X1 Fold.

Hadirnya laptop dengan layar yang bisa ditekuk seperti ini merupakan sebuah lompatan teknologi yang cukup mengagumkan.

Pasalnya, selama ini teknologi layar lipat seperti ini baru dipakai untuk smartphone saja. Seperti yang dipakai pada produk Samsung Galaxy Fold atau Huawei Mate X.

Untuk Lenovo ThinkPad X1 Fold sendiri, seperti yang redaksi kutip dari laman resmi Lenovo disebutkan bahwa laptop canggih yang satu ini dirancang dengan bodi berbahan dasar serat karbon atau carbon fiber serta campuran bahan metal ringan namun kokoh..

Selain itu, tampilan luar laptop ini dibalut dengan cover kulit asli yang membuatnya terlihat sangat elegan dan mewah.

“Memadukan fungsionalitas dari tablet dan laptop menjadi satu, X1 Fold selamanya akan mendefinisikan ulang cara Anda bekerja, bermain, berkreasi, dan terhubung,” demikian tulis Lenovo dalam laman websitenya.

Spesifikasi Lenovo ThinkPad X1 Fold

Laptop ini hadir dengan tampilan yang sekilas nampak mirip dengan sebuah perangkat tablet yang berukuran besar.

Untuk bagian layarnya, laptop ini mengusung layar 2K OLED dengan ukuran 13,3 inci ketika dibentangkan secara utuh. Akan tetapi, ketika digunakan dalam posisi dilipat, ukuran layarnya akan berubah menjadi 9,6 inci saja

Mekanisme atau cara kerja layar lipatnya ini masih sama dengan laptop convertible pada umumnya, dimana sangat  memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan laptop ini dengan berbagai posisi.

Misalnya ketika digunakan dalam posisi konvensional, maka pada bagian layar bawah yang secara otomatis  berubah menjadi keyboard virtual yang digunakan untuk keperluan mengetik.

Apabila pengguna belum terbiasa menggunakan keyboard virtual, bisa juga menggunakan keyboard eksternal yang disambungkan melalui Bluetooth.

Sehingga pengguna masih tetap bisa memperoleh fungsi keyboard seperti laptop pada umumnya.

Pihak perusahaan juga telah menyediakan sebuah stylus pen yang mereka namakan Lenovo Mod Pen. Dengan bantuan aksesoris yang satu ini, pengguna bisa menggunakan bagian bawah layar laptop yang dilipat untuk membuat catatan.

Terkait durabilitas atau daya tahan, karena laptop ini hadir dengan desain layar lipat yang tentu akan sangat berpotensi mudah rusak, pihak Lenovo menngklaim jika produk mereka tersebut sudah melalui proses uji coba dan mendapatkan seritifikasi kelas militer.

Lenovo menjamin jika engsel dari laptop layar lipatnya mampu bertahan hingga 30 ribu kali proses buka tutup. Selain itu, laptop ini pun telah lulus sertifikasi uji standar militer prosedur (MIL-STD 810H).

Meski nilai jualnya terletak pada desain layar lipatnya, namun Lenovo ThinkPad X1 Fold sudah dilengkapi dengan spesifikasi yang cukup tinggi.

Untuk sektor dapur pacu misalnya, performa laptop ini ditenagai prosesor Intel Core generasi ke-11 dengan Intel Hybrid Technology.

Kinerja laptop layar lipat ini akan ditopang dengan penggunaan RAM 8 GB berjenis LPDDR4X dan penyimpanan SSD dengan kapasitas 1 TB.

Sementara untuk transmisi data mengandalkan dua port USB Type C gen 2, disertai juga dengan dukungan koneksi dari WiFI 6.

Harga Lenovo ThinkPad X1 Fold

Laptop layar lipat dari Lenovo ini sudah tersedia untuk konsumen di tanah air. Untuk harga perangkat ini di Indonesia, dibanderol dengan harga yang cukup menguras isi kantong.

Dengan teknologi layar lipatnya, Lenovo ThinkPad X1 Fold di jual dengan harga Rp 59.999.000.

Tertarik untuk membeli perangkat laptop yang satu ini? silahkan kunjungi laman website resmi mereka yang beralamat di  https://www.lenovo.com/id/in/thinkpad-x1-fold  untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut terkait spesifikasi dan segala fitur yang dibenamkan pada laptop ini.