Mau Bayar Zakat Lewat BukaLapak, Begini Caranya

Posted on

genericmedmart com – Membayar Zakat fitrah merupakan salah satu bagian dari rukun Islam bagi umat muslim yang mampu, dimana waktu bayar Zakat Fitrah ini biasanya di lakukan pada akhir bulan Ramadhan jelang hari raya.

Jika pada umumya membayar zakat fitrah ini di lakukan atau di setorkan secara manual pada masjid di sekitar tempat tinggal, maka dengan kemajuan teknologi membayar Zakat Fitrah juga bisa dilakukan secara online melalui beberapa lembaga resmi yang disudah di tunjuk.

Bahkan kini, umat musilm pengguna e-commerce tanah air BukaLapak bisa membayar Zakat Fitrah melalui platform  tersebut dengan sangat mudah dan cepat.

Sehingga di harapkan, seluruh umat muslim yang memiliki kewajiban membayar Zakat namun memiliki kesibukan yang luar biasa bisa terakomodir dengan baik tanpa harus repot menyetorkan zakat secara manual.

Bayar Zakat Lewat Fitur BukaZakat di Bukalapak

Bukalapak sendiri diketahui telah mengumumkan sebuah program yang bertajuk Baik Bareng Bukalapak untuk Ramadan tahun ini.

Dengan adanya program ini, market place besutan Muhammad Zacky tersebut ingin membantu masyarakat berbuat baik dengan memanfaatkan teknologi.

Salah satunya adalah pengguna Bukalapak dapat membayar Zakat Fitrah lewat fitur BukaZakat yang sudah mulai bisa digunakan pada 13 April 2021 lalu.

Pengguna BukaLapak dapat memilih lembaga zakat yang diinginkan ketika ingin membayar zakat miliki mereka.

Lembaga Zakat yang sudah diakui oleh pemerintah seperti  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), NU Care Lazismu, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, serta Pusat Zakat Umat siap menampung zakat yang akan dibayarkan oleh umat muslim di tanah air.

Nah, jika Anda juga tertarik untuk menggunakan fitur BukaZakat dari BukaLapak ini, berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, silahkan buka aplikasi atau website dari BukaLapak.
  2. Selanjutnya, pada halaman depan BukaLapak silahkan klik pada menu Sosial & Masyarakat, lalu pilih opsi BukaZakat.
  3. Kemudian, silahkan Anda pilih jenis zakat yang dibayar (Zakat Profesi, Fitrah atau Zakat Mal)
  4. Kemduian, masukkan besaran nominal zakat yang akan Anda bayar.
  5. Jika masih belum tahu berapa jumlah yang harus dibayarkan, sudah tersedia kalkulator zakat untuk membantu pengguna menghitung jumlah zakat yang harus dibayarkan.
  6. Pada fitur kalkulator Zakat tersebut, Anda diarahkan untuk mengisi pendapatan per bulan, pendapatan tambahan dan tagihan atau utang per bulan. Nantinya, sistem dari BukaLapak akan menampilkan nominal atau besaran uang yang harus Anda bayarkan, klik  saja Nominal tersebut untuk melanjutkan.
  7. Tahap berikutnya, silahkan Anda pilih lembaga zakat yang akan Anda percayakan untuk menampung zakat Anda.
  8. Jangan lupa sertakan nama lengkap pembayar zakat, atau jika Anda ingin melakukan pembayaran zakat sebagai anonim atau tidak diknali, silahkan centang pada bagian ‘Berzakat Sebagai Anonim’ dan lanjutkan klik Bayar Zakat.
  9. Berikutnya, sistem dari BukaLapak akan menampilkan ‘Niat Mengeluarkan Zakat’ untuk dibaca pembayar zakat, silahkan baca niat tersebut dalam hati .
  10. Kemdudian lanjutkan dapat mencentang ‘Saya Telah Membaca Niat’, kemudian klik Bayar Zakat.
  11. Terakhir, untuk proses pembayaran Anda bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan dan lakukan pembayaran sesuai nominal yang tertera pada tagihan.

Selain bisa digunakan untuk membayar zakat, para pengguna Bukalapak juga dapat melakukan donasi lewat fitur BukaDonasi yang juga tersedia pada menu Sosial & Masyarakat.

Demikian informasi mengenai bagaimana cara membayar Zakat lewat fitur BukaZakat yang ada di marketplace BukaLapak.