Mengecap Kecanggihan Samsung Galaxy A72, Si Ponsel Pintar Bersertifikat IP67

Posted on

Hampir setiap ponsel pintar saat ini telah diselipkan dengan kemampuan akan kedap air. Tidak bisa dipungkiri, keahlian tahan air ini menjadi solusi dari permasalahan yang sering dialami para pengguna ponsel pintar seperti terkena cipratan air hujan, terjatuh ke bak mandi, dan lain sebagainya.

Hal tersebut senada dengan hasil penelitian dari International Data Corporation (IDC) pada 2016, yang menyatakan bahwa penyebab kerusakan ponsel pintar terbesar kedua di dunia yakni dikarenakan perangkat tersebut bersentuhan dengan air baik disengaja maupun tidak sengaja.

Tidak heran kini selain memiliki baterai yang awet dan layar anti pecah, banyak calon pengguna ponsel pintar memberikan fokus lebih akan kehadiran fitur tahan air pada sebuah perangkat. Sebuah ponsel pintar yang punya kemahiran tahan air biasanya mengantongi sertifikat IP67.

Seperti Samsung, vendor ponsel pintar kenamaan yang rutin mendapatkan sertifikat IP67 pada jajaran produk hasil garapannya terkhusus di kelas menengah ke atas. Salah satunya ialah Samsung Galaxy A72, ponsel pintar keluaran teranyar di kelas mid-range yang dirilis pada Maret 2021 berhasil menggenggam sertifikat IP67.

Kenalan Singkat dengan Spesifikasi Samsung Galaxy A72

Dilahirkan bersama Samsung Galaxy 52, tipe A72 memiliki bodi berbobot 203 gram dengan dimensi 165 x 77.4 x 8.4 mm. Layarnya berukuran 6,7 inci dengan teknologi panel Super AMOLED, mampu menyuguhkan tingkat presisi layar sentuh yang lebih baik. Pun laju penyegaran layarnya terbilang cepat yakni 90Hz, didampangi oleh tingkat kecerahan 800 nits yang akan memberikan kenyaman pada mata pengguna.

Berlandaskan Android 11, Samsung Galaxy A72 menggandeng Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G berfabrikasi 8 nm dengan Octa-core yang terdiri dari dua buah Kyro 465 Gold berkecepatan 2.3 GHz dan enam buah Kryo 465 Silver yang melaju hingga 1.8 GHz. Dipadukan dengan GPU Adreno 618 untuk mempersembahkan tampilan grafis yang optimal.

Guna memunuhi gairah fotografi, sistem kamera perangkat ini disuplai oleh konfigurasi tinggi di kelasnya. Di kamera belakang terdapat empat sensor antara lain 64 MP untuk sensor wide, 8 MP di sensor telephoto, 12 MP sebagai sensor ultrawide, dan 5 MP tersemat pada sensor makro, sementara kamera depannya berkonfigurasi 32 MP dengan bukaan f/2.2. Produksi dari jepretan kamera perangkat ini tentunya detil dan tajam.

Berdaya 5.000 mAh dengan teknologi pengisian cepat 25W, ponsel pintar ini mengundang banyak fitur mulai dari Near-Field Communication (NFC), Bluetooth versi 5.0, WiFi, GPS, kompas, proksimiti, pemindai sidik jari, dan yang tidak ketinggalan fitur IP67 atau tahan airnya.

Apa Benar Samsung Galaxy A72 Tahan Air?

Sebelum beranjak membahas soal fitur tahan air dari Samsung Galaxy A72. Alangkah lebih baiknya kita menyelami lebih dalam mengenai sertifikat IP67, yang mungkin di antara kamu masih asing didengar. Lantas, apa itu sertifikat IP67? Jadi, IP atau Ingress Protection merujuk pada kepiawaian sebuah ponsel pintar untuk menghalau objek asing, misalnya debu atau cairan yang masuk ke badan perangkat.

Angka pertama setelah IP melambangkan sebuah perlindungan perangkat terhadap benda padat seperti pasir dan debu. Angka ini di mulai dari nol yang menandakan bahwa perangkat tidak memiliki tameng terhadap pasir dan debu. Sementara, yang tertinggi yakni enam berarti perangkat punya perlindungan 100% akan pasir dan debu.

Pindah ke angka kedua setelah IP, menandakan preservasi perangkat akan benda cair yang punya rentang dari nol sampai delapan. Pada Samsung Galaxy A72, angka kedua setelah IP yakni tujuh yang berarti ponsel pintar ini mampu menyelam hingga kedalaman air hingga satu meter dalam jangka waktu 30 menit.

Jadi, dari penjelasan di atas bisa dikatakan, Samsung Galaxy A72 mampu memproteksi dirinya dari debu dan bertahan saat diceburkan ke air sedalam satu meter selama 30 menit. Lewat sertifikasi ketahanan akan serangan benda asing ini, kamu tidak perlu risau di saat menghabiskan waktu bersama dengan Samsung Galaxy A72 dalam situasi cuaca apapun khususnya saat musim hujan.  

Sebagaimana yang dikemukakan oleh Irfan Rinaldi selaku Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, bahwa perangkat Samsung terbaru ini menghadirkan fitur IP67 dalam upaya menunjang kebutuhan konsumen khususnya di musim pancaroba, yang mana keadaan cuaca tidak dapat diprediksi.

“Fitur tahan air ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam kehidupan sehari-hari tanpa perlu khawatir. Fitur ini kami putuskan untuk hadir dalam seri mid-range juga untuk memberikan kebebasan dalam berkreativitas yang dapat diakses oleh semua orang.” pungkas Irfan Rinaldi.

Sebagai contoh kasus saat kamu tengah santai mengendarai sepeda motor dan seketika hujan datang menggebyur, maka kamu tidak perlu cemas Samsung Galaxy A72 milikmu akan ‘cedera’ saat disimpan dalam saku atau kantong celana. Tidak hanya itu, melalui fitur ini memungkinkan kamu tetap bisa mengangkat panggilan telepon di kala diguyur hujan.

Dalam penggunaan aktivitas harian, pun kamu tidak perlu waswas membawa perangkat pintar ini masuk ke kamar mandi untuk menyetel beberapa alunan lagu yang bisa menciptakan suasan lebih ramai dan semangat, meletakkan di atas meja makan, di dekat wastafel cuci piring, bahkan membuka perangkat di kala banjir, tentunya hal ini tidak terlepas berkat bantuan fitur tahan air yang luar biasa canggih milik Samsung Galaxy A72.

Kehebatan dari fitur tahan air pada Samsung Galaxy A72 rupanya tidak sampai di sana, perangkat juga mampu mendeteksi endapan air yang masih tersisa pada port USB-C dan akan memunculkan sebuah notifikasi. Dengan demikian, kamu bisa mengisi daya tanpa perlu takut terjadinya korsleting. Yap, Lagi-lagi fitur ini memberikan kenyamanan dan keamanan padamu.

Tetap Ciptakan Imajinasi Tanpa Hambatan Bersama Fitur IP67

Dengan kepemilikan fitur IP67 kamu tetap bisa berkreasi menggunakan Samsung Galaxy A72, lho! Misalnya, kamu hendak berselfie ria, membuat konten video singkat atau meluapkan hobi fotografi saat hujan turun denagn menggunakan sistem kamera yang garang punya Samsung Galaxy A72.

Sebagai contoh, kamu ingin mengambil gambar yang memiliki efek berupa cipratan air dari rintikan hujan. Dilanjutkan dengan membuka aplikasi kamera pada Samsung Galaxy A72. Lalu, aktifkanlah fitur Slow-mo untuk membidik gambar dramatis dari percikan hujan. Terakhir, saatnya menangkap gambar tanpa khawatir Samsung Galaxy A72 terkena cipratan hujan. Kamu bisa menggunakan sensor utama, sensor makro, bahkan sensor telefoto.

Selain contoh kasus di atas, kamu juga memungkinkan untuk melakukan foto underwater di sepetak kolam atau aquarium untuk membidik sebuah objek (ikan, berudu, dll). Dengan catatan tidak melebih kedalaman satu meter dan waktu kurang dari 30 menit, yah! Hal ini mengingat batas kemampuan perangkat bertahan selama 30 menit pada kedalaman air satu meter.

Bagaimana canggih bukan fitur tahan air yang tersemat pada Samsung Galaxy A72? Coba ceritakan pengalamanmu menggunakan Samsung Galaxy A72 di kolom komentar, agar Carisinyal tahu bagaimana kehebatan fitur tahan air dari ponsel pintar terbaru dari Samsung ini! Dan jangan lupa untuk terus ikuti Carisinyal untuk mendapatkan informasi terbaru seputar perkembangan teknologi dan gadget!