Mengenal Wang Zhiyi, Calon Tunggal Putri Terbaik Asia Asal China

Posted on

Berita Badminton : Wang ZhiYi adalah pemain China yang saat ini menduduki posisi 17 di peringkat BWF untuk tunggal putri. Meski baru berusia 21 tahun, ia sudah mengoleksi 116 kemenangan dalam karir di nomor tunggal dan ganda putri. Dia sedang dalam perjalanan untuk menjadi salah satu pemain terbaik Asia!

Wang Zhiyi berasal dari provinsi Hubei, dan berasal dari keluarga yang tidak memiliki latar belakang olahraga. Dia mulai bermain bulu tangkis sebagai cara untuk tetap sehat, dan ketika orang lain melihat potensinya dia mulai mengejar karir profesional di bulu tangkis.

Pada tahun 2017, di awal karirnya, dia telah membuat kesan di dunia bulu tangkis. Pada Kejuaraan Dunia Junior di Yogyakarta, dia membantu tim beregu campuran mendapatkan medali emas.

Dia kemudian naik ke level senior, dan inilah yang dia katakan: “ Hal-hal baik untukku di level junior. Pindah ke level senior, itu lebih sulit dan saya merasakan tekanan dan saya harus bekerja keras. Saya masih belum terkenal, tapi saya berusaha untuk mencapai itu.”

Wang Zhiyi memenangkan salah satu medali tunggal pertamanya di China Internasional Challenge 2017 di mana dia memenangkan perak, hanya kalah dari rekan senegaranya Cai Yan Yan di final.

Namun meski kalah, ia terus meraih medali emas di Yonex Korea Junior Badminton Championships setelah mengalahkan Wei Ya Xin 21-12 dan 21-12 hanya dalam waktu 30 menit.

Tahun 2018 melihat kesuksesan yang lebih besar untuk Wang. Di awal tahun, dia sudah meraih medali emas di Yonex Dutch Junior 2018 melawan pemain Tiongkok Wei Ya Xin dalam waktu kurang dari 30 menit. Tak lama kemudian ia juga meraih emas pada Pembangunan Jaya Raya Junior Grand Prix 2018 dan Malaysia International Challenge. Ia melanjutkan kemenangan beruntunnya dengan mengangkat piala Malaysia International Challenge dan Banthongyord Junior International. Itu adalah medali emas back to back untuk pemain muda!

Dia juga menang di Badminton Asia Junior Championships 2018 (Individual Event) dan Asian Junior Championships. Prestasi luar biasa lainnya yang dia lakukan adalah memenangkan perak di Youth Olympic Games, menang melawan pemain Malaysia Goh Jin Wei. Wang Zhiyi melonjak lebih tinggi pada tahun berikutnya, memenangkan banyak medali emas di AS Open, Indonesia Masters, Dutch Open, Austria Open, Belarusia Internasional, dan Malaysia Internasional Series. Ketika ditanya tentang pengalamannya bermain di turnamen besar, Wang berkata,

“Saya tidak sabar untuk bermain dengan semua pemain top ini. Tidak masalah jika saya menang atau kalah. Saya hanya ingin memberikan yang terbaik saat saya di lapangan.”

Artikel Tag: Wang Zhiyi, Asia, China