Meski Dua Petenis Positif COVID-19, Turnamen Ini Tetap Dilanjutkan

Posted on

Berita Tenis: Pihak penyelenggara Eastern European Tennis Championship bersikeras bahwa protokol keselamatan telah diikuti setelah dikonfirmasi bahwa dua petenis yang berpartisipasi positif terinfeksi COVID-19 pada hari Sabtu (27/06) waktu setempat.

Menjalani tes di negara masing-masing, petenis peringkat 106 asal Bosnia, Tomislav Brkic dan petenis peringkat 154 dunia asal Kroasia, Matej Sabanov positif terinfeksi COVID-19 setelah pulang dari turnamen tersebut.

Kedua petenis telah mengikuti sejumlah pertandingan dalam dua pekan terakhir sejak turnamen tersebut dimulai pada 15 Juni lalu. Harian Serbia, Mondo mengutip pihak penyelenggara bahwa kedua petenis tidak mengalami gejala apa pun dan mereka diisolasi.

“Selama turnamen nomor putra, kami tidak mendapati kasus ketika seseorang mengeluhkan bahwa mereka mengalami gejala virus corona,” aku direktur turnamen sekaligus mantan petenis peringkat 10 besar, Janko Tipsarevic.

“Tentu, dengan situasi saat ini dan meski dengan semua langkah keselamatan yang diterapkan di negara kami, saya menyarankan semua pihak untuk menjalani tes dan kewajiban bagi siapa pun yang disinyalir positif terinfeksi untuk melaporkannya, berhenti berpartisipasi, dan melakukan isolasi diri sampai hasil tesnya keluar.”

Turnamen tersebut digelar di akademi tenis milik Tipsarevic yang berlokasi di ibukota Serbia, Belgrade, kota yang sama tempat digelarnya Adria Tour yang penuh kontroversi dan terpaksa dibatalkan setelah sejumlah petenis positif terjangkit COVID-19, termasuk penggagas Adria Tour sekaligus petenis peringkat 1 dunia, Novak Djokovic.

Meski ada petenis yang positif COVID-19, Tipsarevic berniat untuk meneruskan turnamen tersebut sesuai rencana yang digelar tanpa penonton. Pada hari Senin (29/06), turnamen tersebut akan menampilkan nomor putri yang akan diikuti Ivana Jorovic, Irina Camelia begu, Ana Bogdan, dan Jana Fett.

“Turnamen nomor putri akan dimulai, di mana semua petenis putri yang merasa benar-benar sehat dan tidak melakukan kontak dengan siapa pun yang positif terinfeksi COVID-19, akan berpartisipasi,” tambah Tipsarevic.

“Untuk Brkic dan Sabanov, tidak ada indikasi bahwa mereka terinfeksi selama turnamen. Hasil tes yang mereka jalani positif, sementara bagi orang-orang yang melakukan kontak dengan mereka selama mereka tinggal di Belgrade, hasil tesnya menunjukkan negatif.”

Artikel Tag: Tenis, Janko Tipsarevic