Meski Tidak Dapat Digunakan Tahun 2021, Mercedes Terus Kembangkan Sistem DAS

Posted on

Berita Formula 1: Meski Federasi Otomotif Internasional (FIA) telah melarang penggunaan inovasi sistem dual-axis steering (DAS) yang inovatif pada 2021 mendatang, nyatanya tidak membuat Mercedes berhenti untuk mengembangkannya.

Inovasi DAS tersebut memang memiliki keuntungan, sebab sistem itumemungkinkan setir mobil bisa ditarik dan ditekan sedikit demi membuat roda depan stabil terutama di lintasan lurus. Mudahnya, DAS dapat mengembalikan posisi roda tanpa harus membelokkan setir.

DAS bahkan sempat menjadi sasaran protes dari Red Bull atas legalitas teknisnya pada lomba pembukaan di Austria, namun diputuskan bahwa itu tidak menyalahi aturan. Namun, DAS telah dilarang untuk tahun 2021 dan mendorong tim lain untuk memilih untuk tidak mengimplementasikan versi mereka sendiri mengingat banyaknya pekerjaan lain dan pemakaiannya yang dibatasi tahun ini. 

Tapi, seperti dikutip dari Motorsport, Mercedes tidak berencana untuk berhenti belajar lebih banyak tentang DAS meskipun ada larangan yang akan datang, malah mencari untuk mendorong pengembangannya sebanyak mungkin sebelum itu tidak lagi diizinkan pada mobil.

“Saya pikir bagi kami, itu masih sistem yang sangat baru,” kata direktur teknis Mercedes James Allison menjelaskan ketika ditanya oleh Motorsport.com tentang rencana tim untuk DAS.

“Tepatnya bagaimana, di mana dan kapan kita mendapatkan peluang terbanyak darinya, sampai taraf tertentu, itu terus menjadi perjalanan penemuan bagi kita. Cara kami mengembangkannya masih terbuka bagi kami saat musim berjalan,” sebutnya.

DAS telah digunakan oleh Hamilton dan Bottas untuk membantu pemanasan ban sebelum putaran kualifikasi dan balapan dimulai kembali pada awal musim 2020. Mercedes telah mendominasi tiga ronde pembuka tahun ini dengan tiga kemenangan beruntun sebagai saingannya Red Bull dan Ferrari telah berjuang untuk melakukan segala jenis pertarungan.

“Jadi itu bukan buku yang tertutup, dan kami berharap mendapat lebih banyak dari itu jika kita bisa belajar dengan cepat di balapan mendatang,” sebutnya.

Artikel Tag: Formula 1, f1, Mercedes, Hamilton