Paket Data Untuk Zoom Khusus Operator XL Axiata

Posted on

genericmedmart.com – Salah satu keluhan masyarakat terutama para pekerja dan anak sekolah adalah terkait mahalnya biaya internet untuk keperluan belajar online di rumah selama pandemi covid-19. Terutama paket data untuk Zoom, yang jadi aplikasi meeting online populer saat ini.

Karena seperti kita tahu, tidak semua masyarakat di Indonesia bisa menikmati layanan internet fiber misalnya Indihome.

Banyak dari kalangan masyarakat yang masih bergantung pada koneksi internet dari provider seluler. Dampaknya, banyak masyarakat yang mengeluhkan masih mahalnya paket internet untuk digunakan dalam kegiatan belajar online.

Terutama untuk akses aplikasi meeting yang saat ini cukup populer, Zoom. Sejauh ini masih belum ada operator seluler di tanah air yang menyediakan paket khusus untuk di gunakan mengakses aplikasi ini.

Hal inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa XL Axiata, sebagai salah satu operator selluler terbesar ditanah air meluncurkan paket data untuk Zoom serta beberapa aplikasi belajar daring lainnya seperti Microsoft Teams, Google Meet, Google Hangout, dan Google Classroom.

Paket Data Untuk Zoom Dari XL Axiata

Terkait banyaknya keluhan masyarakat terkait mahalnya paket internet, terutama para orang tua yang anaknya kini sedang belajar daring, XL Axiata pun menghadirkan paket khusus untuk mendukung kegiatan kerja dan belajar dari rumah lewat paket “Xtra Conference” dan “Xtra Edukasi”.

Dengan dihadirkanya dua jenis paket internet baru ini oleh operator XL, para pelanggan bisa mendapat manfaat berupa tarif internet yang sangat ringan untuk akses ke aplikasi-aplikasi yang saat ini  paling banyak dibutuhkan untuk mendukung aktivitas bekerja dan belajar dari rumah.

Khususnya aplikasi untuk belajar daring atau online, misalnya Zoom. Karena seperti kita ketahui, aplikasi Zoom paling banyak menyedot paket data karena digunakan untuk streaming atau video call saat belajar online.

Paket data jenis ini sudah berlaku secara nasional untuk pelanggan XL prabayar, dan sudah bisa dibeli mulai 1 Juli 2020 melalui aplikasi myXL.

“Pandemi memaksa sebagian orang terus bekerja dari rumah. Masyarakat membutuhkan paket kuota yang tidak memberatkan. Oleh karena itu, kami menghadirkan kedua paket khusus baru ini,”jelas Chief Sales Officer XL Axiara Octavia Kurniawan dalam keterangan resmi.

Tarif Paket Data XL Untuk Aplikasi Belajar Daring

Paket Xtra Conference yang khusus digunakan untuk mengakses aplikasi belajar daring seperti Zoom bisa dibeli dengan harga yang cukup terjangkau untuk para pelanggannya.

Harganya mulai dari Rp 2.000 untuk 2GB dan masa berlaku 1 hari, kemudian Rp 4.000 untuk 5GB masa 3 hari, Rp 10.000 untuk 15GB masa 7 hari.

Selain aplikasi Zoom, paket data in juga bisa digunakan untuk mengakses sejumlah aplikasi lain, misalnya Microsoft Teams, Google Meet, Google Hangout, dan Google Classroom.

Sementara untuk paket internat yang satunya lagi yakni paket Xtra Edukasi, menawarkan tiga varian paket, yaitu Rp 1.000 untuk 2GB dan masa berlaku 1 hari, selanjutnya paket Rp 2.500 untuk 5GB masa 3 hari, dan Rp 7.500 untuk 15GB masa 7 hari.

Paket Xtra Edukasi ini khusus digunakan mengakses aplikasi Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu. Selain itu, website pendidikan seperti Rumah Belajar Kemendikbud di alamat https://belajar.kemendikbud.go.id, Spada Indonesia Kemendikbud di https://spada.kemdikbud.go.id serta untuk akses website https://lmsspada.kemdikbud.go.id/secara gratis.

“Mekanisme untuk memiliki paket-paket tersebut juga mudah dan tidak banyak syarat. Pelanggan Prabayar XL bisa menggunakannya di jaringan 2G/3G/4G dan dapat membeli paket tanpa perlu memiliki paket utama XL,” jelas pihak XL Axiata.

Cara Membeli Paket Data XL Untuk Belajar Online

Untuk bisa menikmati paket data yang digunakan untuk belajar daring berupa paket XL XTRA Conference maupun paket XL XTRA Edukasi pengguna bisa membelinya lewat aplikasi myXL.

Bagi yang belum menginstall aplikasi myXL, silahkan lebih dahulu mendownload aplikasi myXL di Google Play Store maupun di App Store. Kedua aplikasi myXL untuk Android maupun iOS ini bisa dapatkan secara gratis di kedua Market Aplikasi tersebut.

Selain itu, ketika menggunakan kuota Xtra Conference dan Edukasi, kuota utama tidak akan terpotong. Jadi jangan khawatir akan kehabisan paket data utama.

Semoga langkah pihak operator XL Axiata dalam menghadirkan paket internet murah untuk keperluan belajar dairng terutama untuk mengakses aplikasi Zoom bisa diikuti oleh operator lainnya.

Demikian informasi mengenai paket data untuk Zoom dan beberapa aplikasi belajar daring lain yang dipersembahkan oleh operator XL Axiata. Selamat mencoba.

Editor   : Andra
Penulis : Firdhia Azzahra