Perbarui Data Center Fabrics, Nokia Luncurkan NOS

Posted on

Jakarta, genericmedmart.com – Nokia telah memperbarui data center fabrics dengan meluncurkan suatu Network Operating System (NOS) yang baru dan modern. Ini akan memungkinkan cloud dan data center builder untuk menyesuaikan dan mengadaptasi operasi dalam menghadapi pertumbuhan trafik yang eksponensial.

NOS Service Router Linux (SR Linux) baru Nokia dan Fabric Service Platform (FSP) Nokia dikembangkan ulang bersama perusahaan-perusahaan webscale global ternama, termasuk Apple yang saat ini menggelar teknologi tersebut di data center miliknya.

Menghadapi pertumbuhan masif pada permintaan aplikasi berbasis cloud dan penggunaan teknologi baru seperti Artificial Intelligence (AI), machine learning dan Augmented Reality (AR)/Virtual Reality (VR), komunitas cloud builder yang saat ini semakin besar dan terus tumbuh membutuhkan kustomisasi level baru dan fleksibilitas dari komponen jaringan untu mengoperasikan dan memantau data center yang luas.

NOS yang selama ini ada belum cukup. Meskipun berevolusi, sistem tradisional sangatlah terbatas dan sulit untuk menyesuaikan, mengintegrasikan, dan mengotomasi. Sebagai contoh, sistem yang diterapkan saat ini memaparkan fungsi terbatas untuk penyesuaian dan bahkan sistem tersebut membutuhkan integrasi yang rumit. Seringkali diartikan aplikasi yang belum sempurna yang membutuhkan kompilasi ulang setiap kali pembaruan vendor NOS muncul. Upaya sistem terbuka muncul, menantang untuk operasional dan secara umum belum terbukti.

SR Linux Nokia merupakan langkah baru arsitektur asli karena SR Linux adalah NOS pertama yang modern berbasis microservice, dan SR Linux NDK (NetOps Development Kit) memperlihatkan kemampuan programming yang lengkap.

Aplikasi dengan mudah diintegrasikan melalui peralatan modern seperti gRPC (Remote Procedure Call) dan protobuf, tanpa kompilasi ulang, tanpa pembatasan bahasa dan tanpa ketergantungan.

SR Linux juga mewariskan protokol internet milik Nokia yang telah teruji dari service router operating system(SROS), yang merupakan trademark dari basis besar yang terpasang dari router tingkat operator Nokia. SR Linux berlaku di lingkungan pengembangan fleksibel dan aplikasi jaringan terbuka pertama di industri.

Nokia FSP menyediakan seperangkat alat yang dibutuhkan cloud-builder untuk menerapkan tujuan dan operasi berbasis kebijakan dari jaringan.

Jauh di luar sistem pengelolaan node-centric, FSP dirancang untuk membangun, menggelar dan memantau keseluruhan jaringan data center dengan konstruksi tingkat jaringan yang kuat.

Akhirnya, FSP memuat teknologi yang hanya berlaku untuk cloud-builder terbesar, seperti real-time state-correct virtual digital twin untuk validasi dan pemecahan masalah (troubleshooting).

Rincian produk solusi Nokia:

  • SR Linux Nokia dibangun pada deretan internet protocol (IP) dari SROS Nokia yang telah teruji, suatu fondasi yang solid yang teruji skalabilitas, resiliensi dan interoperabilitas-nya, yang telah digunakan secara global pada lebih dari satu juta router di IP network dan internet. Hardware agnostic dan beroperasi pada Linux standar, SR Linux Nokia mengimplementasikan arsitektur dasar pada model-driven management, telemetri streaming yang halus dan interface modern – seperti gRPC dan protobuf – menyediakan programmability yang lebih mudah dengan visibilitas yang lebih tinggi dan kendali lebih dalam untuk semua aplikasi. SR Linux Nokia menawarkan NDK canggih bagi tim NetOps pelanggan untuk mengembangkan
    aplikasi badan tools operasional baru pada bahasa pilihan mereka.
  • FSP Nokia merupakan otomasi intent-based dan toolkit operasi yang deklaratif, yang memberikan operasi jaringan yang lincah dan scalable bagi SR Linux dan infrastruktur data center multi-vendor. FSP Nokia secara mudah berintegrasi dengan sistem operasi yang ada dan menyediakan digital sandbox yang unik untuk simulasi fabric secara real-time yang dapat digunakan untuk merancang, menguji, dan memecahkan masalah jaringan. Rancangan dengan sertifikasi FSP mengurangi waktu rancangan fabric dan menyederhanakan aktivitas perencanaan Day 0, Day 1 dan Day. Kapabilitas ini memberikan tim NetOps kepercayaan yang lebih besar di berbagai tingkatan operasi dan penggelaran fabric yang besar, memungkinkan mereka menjalankan operasional secara lebih efisien, dengan biaya yang lebih rendah dan pegawai yang lebih sedikit.
  • Portofolio data center switching Nokia memberikan massive scale dan resilience, menyediakan suatu fondasi yang kokoh untuk jaringan data center dan cloud. Portofolio termasuk platform Nokia 7250 Interconnect Router (IXR), seri Nokia 7220 IXR-H dan seri Nokia 7220 IXR-D, yang menawarkan berbagai pilihan chassis-based performansi tinggi dan fixed-form-factor untuk aplikasi data center top of rack (TOR), leaf, spine, dan super-spine. Platform mendukung interface 400GE, 100GE, 50GE, 25GE, 10GE, dan 1GE dan memberikan kemampuan yang kuat dan komprehensif dalam membentangkan IP routing, pengalihan lapisan kedua, QoS, telemetri yang scalable, keamanan dan pengelolaan model driven.

Seri SR Linux, 7250 IXR and 7220 IXR-D telah tersedia saat ini, sedangkan Seri FSP dan 7220 IXR-H akan segera tersedia di Kuartal 4 2020.