Petrucci Mau Bela Tim Satelit, Bukti KTM Perlakukan Adil ke Semua Ridernya

Posted on

Berita MotoGP: Bos Tim KTM Tech 3, Herve Poncharal, mengungkapkan bahwa kedatangan Danilo Petrucci ke timnya untuk MotoGP 2021 merupakan bukti KTM tak membeda-bedakan perlakuan dan memberi dukungan teknis yang setara kepada keempat pebalapnya.

KTM telah membuat langkah besar dengan memastikan susunan pebalap mereka secara lengkap baik tim pabrikan maupun tim satelit. Miguel Oliveira diangkat ke tim pabrikan untuk menggantikan Pol Espargaro, kemudian perpanjangan kontrak Brad Binder dan Iker Lecuona serta direkrutnya Danilo Petrucci ke KTM Tech 3.

KTM sebenarnya enggan mengubah line-up pebalap pada 2021. Akan tetapi, Espargaro diyakini sudah selangkah lagi bakal hengkang ke Repsol Honda mebuat tim asal Austria itu terpaksa merombak rencana. Petrucci yang bakal terdepak dari Ducati Team dinilai mampu membantu pengembangan RC16 lebih baik lagi.

“Keputusan yang berat oleh Pit Beirer sang Direktur Motorsport KTM, Mike Leitner (Manajer KTM Factory Racing) dan saya, dalam menentukan di mana kami harus meletakkan Danilo dan Miguel, serta bagaimana caranya mengatur tim,” ujar Poncharal kepada MotoGP.com.

Meskipun Petrucci notabene merupakan pebalap yang paling senior dan paling banyak pengalaman dibandingkan rider KTM lainnya, namun ia hanya akan membela tim satelit yakni KTM Tech 3.

Uniknya, negosiasi kesepakatan dengan Petrucci justru berjalan sangat lancar. Poncharal pun menyatakan bahwa ini adalah bukti bahwa Tech 3 juga punya motor dan segala perangkat yang mumpuni, tak kalah dengan tim pabrikan, yang berarti seluruh rider KTM diperlakukan sama.

“Saya rasa fakta kami mendapatkan Danilo adalah penegasan bahwa KTM tak memiliki tim pabrikan dan tim satelit. Kami punya empat pebalap yang sepenuhnya berstatus rider pabrikan. Tentu ada dua organisasi berbeda, tapi dukungan KTM untuk keempat rider benar-benar sama,” tandasnya.

Poncharal juga menyiratkan bahwa seluruh pebalap KTM nantinya akan tetap diminta menjajal setiap perangkat terbaru untuk mendapatkan data. Namun, perangkat yang paling baik nantinya hanya akan didapatkan pebalap KTM yang hasilnya paling baik pula.

“Kadang orang tak percaya ketika Anda mengatakannya, tapi fakta salah satu rider paling berpengalaman bergabung dengan Tech 3 mengartikan mereka semua dapat dukungan yang sama. Pit mengatakan pada saya bahwa jika ada satu perangkat baru, sudah jelas akan diberikan kepada rider KTM dengan peringkat terbaik,” tukas pria asal Prancis ini.

Artikel Tag: Danilo Petrucci, Ducati, ktm