Pijar Mahir Siapkan Pelatihan di Bidang Teknologi Digital Indonesia

Posted on

Jakarta, genericmedmart.com – Berdasarkan laporan riset Google, Temasek dan Bain & Company bertajuk ‘e-Conomy SEA 2019’, Indonesia merupakan negara dengan perkembangan ekonomi internet terbesar dan tercepat di Asia Tenggara, mencapai $40 miliar di tahun 2019 dan berpotensi mencapai $130 miliar pada 2025.

Dengan pertumbuhan ekonomi internet yang begitu pesat, Indonesia akan membutuhkan lebih banyak lagi sumber daya manusia yang ahli dalam bidang Teknologi Informasi dan Digital, (TID).

Namun, berdasarkan riset The World Bank di tahun 2019 bertajuk ‘Indonesia Skills Development Project’ memaparkan bahwa Indonesia kekurangan 9 juta talenta digital.

Melihat itu, Pijar Mahir platform pembelajaran digital yang berfokus pada pelatihan bersertifikasi untuk pendidikan vokasi dan profesi milik Telkom, menghadirkan beragam pelatihan bidang Teknologi Informasi dan Digital (TID).

“Pelatihan ini dapat menjadi pilihan masyarakat untuk terus mengakselerasi potensi diri serta meningkatkan jumlah talenta digital berkualitas di Indonesia,” ujar Prasabri Pesti, Head of Tribe Education Telkom Indonesia.

Menurut dia, besarnya perkembangan ekonomi internet Indonesia tentu berbanding lurus dengan kebutuhan talenta digital yang kompeten di berbagai bidang. Melihat adanya gap antara kebutuhan dan ketersediaan akan talenta digital tersebut, Pijar Mahir berupaya meningkatkan jumlah talenta digital Indonesia melalui berbagai pelatihan digital.

“Bekerja sama dengan 12 lembaga terbaik untuk menghadirkan lebih dari 90 pelatihan bidang teknologi digital, kami harap dapat semakin meningkatkan dan memperluas potensi talenta,”kata dia lagi.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Course-Net, pada era digital ini profesi yang paling dicari oleh industri adalah Cyber Security Specialist, Data Scientist, Web/Mobile Programmer, Network Engineer, dan Digital Marketer.

Selain pelatihan dalam bidang teknologi digital, Pijar Mahir juga memiliki berbagai pelatihan online komprehensif tersertifikasi mulai dari marketing & bisnis, start up, wirausaha, bahasa, administrasi, dan sederet pelatihan pengembangan diri lainnya, serta telah bekerja sama dengan lebih dari 30 lembaga pelatihan.

Dengan adanya pelatihan yang dihadirkan oleh Pijar Mahir sebagai salah satu platform resmi pelatihan Kartu Prakerja dari Telkom Indonesia, diharapkan masyarakat dapat mengembangkan diri dan kemampuan yang sesuai dengan bidang yang diminati. Sehingga ke depannya, permasalahan SDM yang dialami oleh industri dan talenta dapat teratasi.

Guna membantu mengatasi kebutuhan talenta digital, Pijar Mahir berkolaborasi dengan lebih dari 12 lembaga terbaik, salah satunya Course-Net, untuk menghadirkan sederet pelatihan pengembangan potensi diri dalam rangka mengisi peluang pekerjaan yang dibutuhkan industri.

Hingga saat ini, Pijar Mahir telah menyediakan berbagai pilihan pelatihan bidang teknologi digital dengan proporsi mencapai 34% dari keseluruhan pelatihan yang tersedia. Bekerja sama dengan berbagai lembaga, seperti Course-Net, Dicoding, MyEduSolve dan lembaga lainnya.

Pijar Mahir telah menghadirkan sederet pelatihan bidang TI yang beragam, meliputi Coding, Internet of Things, UI, Java Apps Developer, serta masih banyak lagi. Adapun salah satu kelas yang paling diminati dalam bidang teknologi digital adalah ‘Teknik Coding Dasar untuk Menjadi Apps Developer’ yang bekerja sama dengan lembaga pelatihan Course-Net.

Baca Juga :Dukung Kartu Prakerja, Telkom Hadirkan Platform Pijar Mahir

Fransiskus Alvin Winata, Founder, Chief Executive & Academic Officer Course-Net Indonesia mengungkapkan, melalui kolaborasi antara Course-Net dengan Pijar Mahir, diharapkan bisa semakin memperluas jangkauan ke seluruh Indonesia dan memberikan dampak positif bagi perkembangan SDM TID di Indonesia.

“Tidak hanya membagikan pengetahuan yang sifatnya teori dan konsep, tim coach kami dipastikan akan membagikan pengetahuan yang sifatnya strategi praktis, sehingga membantu setiap peserta untuk langsung siap terjun ke dunia pekerjaan.”tutur Fransiskus.