Punya Gaya Balap Mirip, Quartararo Kerap Contek Data Vinales

Posted on

Berita MotoGP : Pebalap tim Petronas Yamaha SRT yaitu Fabio Quartararo punya performa mengesankan pada musim perdananya di tahun 2019 lalu. Usut punya usut, performa Quartararo tersebut juga dipengaruhi oleh sosok senior dalam skuat pabrikan Yamaha, Maverick Vinales.

Sebagai pebalap rookie atau pendatang, Quartararo pada mulanya mengalami kesulitan untuk mendapati settingan terbaik bagi motornya. Inspirasi datang ketika ia menyaksikan performa Vinales dan melihat adanya kemiripan gaya balap. Dari situ, Quartararo lantas mencontek sebagian besar data dari Vinales untuk diterapkan pada kuda besinya.

Benar saja, contekan tersebut berguna dengan baik sehingga membuat Quartararo mampu mengakhiri musim dengan catatan enam pole position dan tujuh podium. Dalam pengakuannya, ia juga mengatakan jika Vinales menjadi salah satu sosok yang berperan besar di balik ketenaran namanya saat ini. Andai ia tidak bertemu dan mendapatkan data Vinales, belum tentu Quartararo bisa tampil menawan dan menyabet gelar Rookie of the Year.

“Maverick (Vinales) menjadi salah satu yang terbaik. Tahun lalu 80% dari waktu saya melihat datanya karena saya pikir kami memiliki gaya yang sama di lintasan,” ucap Quartararo saat diwawancara oleh media setempat.

Quartararo sendiri akan menjadi tandem terbaru bagi Vinales di musim 2021 mendatang. Pebalap asal Prancis itu telah dipromosikan oleh manajemen Yamaha untuk mengisi tempat yang ditinggalkan oleh Valentino Rossi.

Artikel Tag: motogp 2020, Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, Maverick Vinales