Samsung dikabarkan Buat Kamera dengan Resolusi 600MP

Posted on

genericmedmart com – Resolusi kamera smartphone besutan Samsung yang tertinggi saat ini adalah milik Samsung Galaxy S20 Ultra 5G dengan resolusi 168MP.

Namun, sebuah kabar terbaru menyebut jika Samsung akan menghadirkan kamera smartphone dengan resolusi yang jauh lebih tinggi lagi mencapai 600MP.

Hal ini terungkap setelah Ice Universe seperti dikutip dari laman Gizchina mengumumkan bahwa pihaknya mendapatkan bocoran bahwa Samsung saat ini sedang mempersiapkan peluncuran sensor kamera baru untuk smartphone dengan besaran megapixel yang jauh lebih besar lagi dari yang ada saat ini.

Lebih lanjut menurut bocoran dari Ice Universe, disebutkan bahwa untuk dapat menyematkan kamera ini di sebuah smartphone, bagian belakang dari smartphone ini harus sedikit besar dan tebal, berbeda dengan desain kamera yang ada saat ini.

Karena, untuk penempatan lensa kameranya sendiri akan menempati area 12% bagian panel belakang, dan unit kamera akan menonjol 22 mm di atas panel belakang smartphone.

Kendati demikian, sejauh ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak Samsung terkait sensor kamera dengan resolusi 600MP yang bakal mereka hadirkan diperangkat besutan mereka.

Bahkan, bagaimana desain dan modul kamera ini sendiri pihak Samsung masih menutup rapat informasi tersebut.

Sementara itu, laman GSM Arena, menyebut jika sensor 600MP yang dikerjakan ini bakal menghadirkan video dengan format 4K dan 8K.

Dengan adanya sensor kamera yang sanat besar ini juga, Samsung mengupayakan agar video yang dimainkan bisa di-zoom tanpa merusak kualitas.

Namun untuk kabar terbaru, pihak Samsung dalam waktu dekat ini dikabarkan baru akan memperkenalkan sensor kamera dengan resolusi 192MP untuk perangkat besutan mereka.

Meski saat ini semakin banyak smartphone flagship atau ponsel kelas premium yang menggunakan kamera dengan 108MP, namun ponsel buatan Samsung, tidak banyak perangkat yang menggunakan kamera tersebut.

Sekedar informasi, sebenarnya ide untuk membuat kamera dengan resolusi super besar ini bukanlah sesuatu yang baru.

Pasalnya, pihak Samsung sendiri sudah pernah mengatakan jika perusahaan berniat untuk membuat kamera dengan resolusi super besar awal tahun 2020 lalu.

Saat itu, Yongin Park selaku Executive Vice President of Samsung’s sensor business unit mengungkapkan bahwa perusahaan ingin membuat sensor kamera yang dapat melampaui mata manusia.

Jadi, kita tunggu saja apakah ide Samsung ini akan menjadi kenyataan dan diterapkan pada smartphone flagship generasi berikutnya.

Editor   : Andra
Penulis : Firdhia Azzahra