Terlepas COVID-19, Diperkirakan 20.000 Penonton Akan Hadiri French Open

Posted on

Berita Tenis: Pihak penyelengara French Open akan mengizinkan 20.000 orang untuk hadir setiap harinya di French Open musim ini, meski pandemi COVID-19 masih berlangsung.

Federasi tenis Perancis, FFT menyatakan bahwa kira-kira 10.000 penonton bisa menyaksikan final dan kapasitasnya bisa bertambah jika situasi COVID-19 terus membaik di Perancis.

Grand Slam yang digelar di clay-court tersebut akan dimulai pada 27 September dan berakhir pada 11 Oktober. Sementara penjualan tiket secara publik akan dibuka pada 16 Juli.

“Jumlah penonton yang diizinkan untuk memasuki stadion akan mencapai 50 atau 60 persen dari kapasitas normal, sehingga bisa membuat kami memastikan bahwa semua protokol diikuti dengan baik,” ungkap pihak FFT.

FFT juga memperingatkan tentang aturan tentang kehadiran penonton yang bisa diperketat jika kasus COVID-19 kembali bertambah.

“Akan tetapi, jika situasinya membutuhkan standar kesehatan lebih ketat yang memaksa kami untuk mengurangi jumlah penonton, pihak penyelenggara turnamen akan mengembalikan uang dari tiket yang telah terjual,” tambah FFT.

Sementara itu, US Open di New York dijadwalkan akan menjadi Grand Slam pertama sejak masa lockdown akibat pandemi COVID-19 yang akan dimulai pada 24 Agustus, tetapi akan digelar tanpa penonton, sementara Wimbledon terpaksa dibatalkan untuk kali pertama sejak Perang Dunia kedua.

French Open memundurkan jadwalnya dari jadwal yang biasanya digelar pada akhir Mei sampai awal Juni akibat pihak ATP mau pun WTA menangguhkan semua turnamen sejak Maret lalu akibat pandemi.

Sejak penangguhan turnamen, sejumlah ajang eksibisi bermunculan dengan hasil beraneka ragam, termasuk Adria Tour yang berakhir lebih awal karena sejumlah petenis yang berpartisipasi positif terinfeksi COVID-19, termasuk sang penggagas, Novak Djokovic.

Di French Open, para penonton harus mengikuti aturan untuk menjaga jarak dan mengenakan masker ketika berada di Roland Garros (venue French Open). Satu tempat duduk akan dibiarkan kosong di antara para penonton dengan maksimal empat orang boleh duduk bersama.

Tidak seperti US Open, French Open akan tetap mengadakan babak kuaifikasi satu pekan sebelum pertandingan utama. Rafael Nadal akan mengincar gelar French Open ke-13 dalam kariernya, sementara Ashleigh barty akan berusaha mempertahankan gelar French Open.

Artikel Tag: Tenis, French Open, US Open, Rafael Nadal, Ashleigh barty