Tips Hemat Data di Android

Posted on

Jakarta, genericmedmart.com – Saat semua dilakukan menggunakan smartphone, seperti belanja online, main game online ataupun searching, bisa dipastikan kuota Anda akan mudah terkuras habis.

Namun. hal tersebut dapat disiasati, khususnya bagi pengguna smarphone Android. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh tanpa harus mengorbankan kebutuhan akan internet. Pengguna juga tak perlu mematikannya setiap saat.

Berikut tips untuk meminimalisir agar data tak cepat habis

1. Batasi Penggunaan Data

Membatasi penggunaan data dilakukan agar dapat mengontrol kuota internet tiap harinya. Jika sudah mendekati batas atau mencapai batas penggunaan kuota, nantinya akan ada peringatan.

Caranya pun cukup mudah, dengan menyetel pembatasan pemakaian data yang memang telah ada di smartphone..

Caranya sederhana. Pertama, cek pemakaian internet di Settings > Connections. Jika sudah, klik Set mobile data limit atau Limit mobile data usage. Dengan begitu, pengguna bisa lebih hemat tanpa harus memotong habis pemakaian internet.

2. Jangan biarkan Aplikasi Update Secara Otomatis

Perhatikan aplikasi yang adi smartphone. Jangan biarkan aplikasi itu update secara otomastis. Yang harus diperhatikan setting untuk tidak terupdate secara otomatis.

Caranya, bukalah Play Store > Settings > Auto-update apps. Di sana ada tiga pilihan yang bisa kamu gunakan. Jika kamu ingin menghindari update dengan paket data, jangan mengklik pilihan Over any network. Sebagai gantinya, pilihlah Over Wi-Fi only atau Don’t auto-update apps.

3. Batasi Background

Ada banyak aplikasi yang berjalan sebagai background di Android. Misalnya WhatsApp, Instagram, Facebook, atau bahkan game yang tidak dimatikan secara sempurna. Batasi background tersebut

Caranya, buka Settings > data usage. Kemudian sederet aplikasi pun akan muncul berdasarkan seberapa banyak data yang ia pakai. Klik aplikasi yang ingin kamu batasi, kemudian klik Restrict app background data.

Perlu diketahui bahwa cara ini akan membatasi gerak aplikasi. Misalnya, ketika kamu mengaplikasikannya ke Facebook, kamu tidak akan mendapatkan notifikasi sebanyak sebelumnya.

Baca Juga :Tips Membaca yang Baik di Smartphone

4. Aktifkan Fitur Data Saver di Chrome

Chrome menjadi salah satu aplikasi penjelajah dunia maya yang biasanya digunakan orang. Untuk menghemat kuota saat berselancara menggunakan Chrome, anda bisa gunakan fitur Data Saver.

Carany masuk ke Chrome > menu pengaturan yang dapat diakses dari pojok kanan atas. >buka “Data Saver” atau “Penyimpanan Data” dan aktifkan.